Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Panduan Gaya-gaya Bonsai 9 Februari 2010

Posted by Bonsai Biker in Bonsai bakal.
trackback

Dalam Membentuk Bonsai terdapat beberapa acuan gaya tertentu sebagai panduan. Beberapa gaya tersebut antara lain:

1. Gaya Leaning (Condong).

Gaya ini membuat bonsai seakan-akan seperti pohon besar yang condong atau miring ke arah tertentu, baik kir, kanan, dan belakang.Untuk Gaya ini Bonsai di upayakan agar tidak condong ke depan karena secara estetika akan merusak pandangan.

 

2. Gaya Semi Cascade (Semi Air terjun).

Gaya ini menampakkan bahwa sebuah bonsai setengah menjulur ke bawah hampir mirip air terjun. Memandang bonsai jenis ini membawa kita pada indahnya pemandangan pepohonan yang tumbuh di jurang.

 

3. Gaya Formal Upright (tegak lurus).

Gaya ini menampilkan bonsai dengan batang yang tegak lurus dan terlihat formal. Layaknya pohon biasa yang tumbuh di tanah datar sehingga tampak tegak lurus dan kokoh.

 

4. Gaya Informal Upright (Tegak Meliuk).

Gaya ini menampilkan bonsai tegak tetapi tidak lurus, terkadang meliuk atau bengkok kiri, atau kanan, atau bealakang. Ini menampakkan fenomena alam bahwa tidak semua pohon berdiri tegak dan lurus.

 

5. Gaya Cascade (Air Terjun).

Gaya ini menampilkan bonsai yang mirip air terjun dengan batang dari atas menjulang ke bawah layaknya air terjun. Melihat bonsai jenis ini mengingatkan kita pada indahnya air terjun di pegunungan yang tinggi menjulang.

 

6. Gaya Roots Over Rock (Menumpang di Atas Batu).

Bonsai dengan gaya ini menampilkan perpaduan antara keindahan batu yang dililit akar bonsai dengan keindahan bonsai itu sendiri.

 

7. Gaya Double Trunk (Batang Ganda).

Kalau kita melihat ke alam terkadang nampak ada pohon yang batang besarnya bercabang dua. Maka dalam dunia bonsai model ini dipakai menjadi salah satu gaya. Model ini tidak kalah indahnya dengan model yang lain.

 

8. Gaya Windswpt (Tertiup Angin).

Gaya ini mengingatkan kita pada pohon-pohon di pinggir pantai yang dahan dan daunnya menjulur ke satu arah saja karena tiupan angin laut yang kencang. Dalam membentuk model ini dahan dan ranting kita arahkan pada satu arah supaya terluhat seperti tertiup angin.

9. Gaya Raft (Batang Banyak) .

Gaya ini mirip rakit yang diikat dari beberapa dahan kemudian di pakai para nelayan ketika di sungai. Dengan menonjolkan beberapa batang yang akarnya tampak menyatu akan menimbulkan citra tersendiri dalam keindahan bonsai.

10. Gaya Group (berkelompok).

Gaya ini menampilkan bonsai seakan-akan tumbuh seperti di hutan, berhimpitan stau dengan yang lainnya. Dengan menggunakan gaya ini bonsai akan menampakkan dirinya seolah-olah hidup di alam bebas.

Beberapa gaya di atas tentu tidak harus mutlak ditiru, karena pada dasarnya membentuk bonsai adalah kreasi tangan–tangan seniman yang tentu punya gaya dan cita rasa tersendiri, selain itu juga masih banyak model lain untuk bisa dikembangkan menjadi salah satu gaya dalam bonsai. Yang terpenting beberapa gaya ini bisa menjadi acuan dasar dalam membentuk bonsai.

Buku Rujukan

 “The Ancient Art of Bonsai”

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. witjambu - 9 Februari 2010

Wow ternyata modelnya buanyak ya

2. noFUN - 12 Februari 2010

“gaya punggung” ato “gaya katak” ga ada ya? hehehe..

A Seen - 15 Februari 2010

Nek takon sing kuwi mending neng Mbokde JA, wikikik
gaya itu belum tak bikin

3. cobaberbagi - 12 Februari 2010

segala gaya bonsai ada ya….

A Seen - 15 Februari 2010

Sip bro thanks telah mampir

4. Maskur episode Lamou Senja - 15 Februari 2010

wah bonsai kok ASIN gak manis to? :mrgreen:

Bonsai Bakal - 15 Februari 2010

Itu nama Anakku Bro Ahmad Hadi Seno disingkat A Seen

5. maskur episode lampu senja - 15 Februari 2010

pantesan salah tujuan. hehe maaf bro. salah ngisi nama blog. sekarang bisa berkunjung ke blog utama saya

6. Bonsai Bakal - 15 Februari 2010

trims bro saling kunjung lah

7. Maskur episode Lamou Senja - 15 Februari 2010

wah kalo butuh ilmu perbonsaian, saya tanya njenengan ya

8. Bonsai Bakal - 15 Februari 2010

monggo, insyaallah kulo jawab sebisa nungkin

9. Carissha - 15 Februari 2010

Kunjung balik nich. Oya trims atas kunjungannya!
Salam kompak selalu.

10. A Seen - 16 Februari 2010

Matursuwun bro wis mampir ke warung btw gambarmu kok ayu men

Carissha - 16 Februari 2010

wah jangan memuji to mas aku ntar besar kepala lho!
Oya kunjung lagi nich moga tidak bosan aja broo….

Bonsai Bakal - 17 Februari 2010

seep lah wong ayu

11. darahbiroe - 17 Februari 2010

gwe suka banget klo ngeliad bonsai tiap x ada pameran saya sempatkan nonton tapi kalau beli he gak da doku :D

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh :D

Bonsai Biker - 17 Februari 2010

ok bro tak mampir ke warung sampean

12. Mas Ben - 18 Februari 2010

Apa pu bentuknya, bonsai itu tetap sedep aja dipandang mata ya :)

Salam bentoelisan
Mas Ben

13. A Seen - 18 Februari 2010

@Mas Ben
Ship mas, makasih telah mampir, salam bonsai

14. lekdjie,dab.. - 22 Februari 2010

kok sg model kebon tebu ra ono pak?he3x..la sing saged dibonsai niku wit2an ingkang kados punopo?

Bonsai Biker - 23 Februari 2010

kalau pendapat terdahulu yang bisa dibonsai niku harus pohon dari jenis dikotil seperti asem, serut, sisir, cemara, dll, Tapi sekarang sudah banyak yang dari pohon monokotil di bonsai seperti kelapa, kurma, dll itu lek pohon yang tidak bercabang. Yang paling penting umurnya harus panjang, makanya nggak ada pohon cabe dibonse, karena umurnya terlalu pendek

15. john oriwis - 6 Maret 2010

wah…. tenks untuk infonya….

Bonsai Biker - 7 Maret 2010

Thanks telah mampir

16. 1001nickname_SiGantengKalem - 22 Maret 2011

gawekno bonsai gaya 69 bons

17. Shuk Ahmad - 17 Juni 2011

hellO..
saya baru belajar2 tentang BONSAI…
banyak yang masih kena tahu…
bagi yang pro2 BONSAI (SIFU)…
sudilah turunkan ilmu yer…
hehehe…

18. invest solid trustpay - 28 Januari 2012

I got what you convey, thanks for putting up. Woh I am willing to mature this website finished google. Thanks For Share Panduan Gaya-gaya Bonsai Bonsai Biker.

19. quotes on love - 13 Februari 2012

Wonderful goods from you, man. Panduan Gaya-gaya Bonsai Bonsai Biker I’ve understand your stuff previous to and you are just extremely wonderful. I really like what you have acquired here, certainly like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it sensible. I can’t wait to read much more from you. This is actually a tremendous Panduan Gaya-gaya Bonsai Bonsai Biker informations.

20. Herbal incense - 25 Februari 2012

I got what you think, thanks for swing up. Woh I am cheerful to mature this website finished google. Thanks For Share Panduan Gaya-gaya Bonsai Bonsai Biker.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.905 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: