Model Pot Bonsai | Bonsaibiker

Model Pot Bonsai

Dalam menanam bonsai tentunya haruslah jeli melihat model-model pot dan menggunakannya. Satiap gaya bonsai tentu memerlukan pot yang berbeda-beda pula. Cara meletakkan tanaman pun juga berbeda-beda setiap modelnya. Pot bonsai sendiri ada beberapa macam, yaitu tipis, sedang, dan tinggi, dari segi bentuk ada yang bulat, ada yang oval, ada yang lebar, dan ada yang kotak.

Untuk pot yang tipis bulat biasanya digunakan untuk menanam bonsai model tegak lurus. Bonsai diletakkan di tengah-tengah pot.

Pot bonsai ukuran sedang biasanya untuk model bonsai yang tegak tapi tidak lurus, atau bisa juga untuk bonsai yang semi menggantung. Bonsai biasanya diletakkan tidak di tengah pot, bila batang meliuk ke kanan maka bonsai diletakkan agak kiri atau sebaliknya.

Pot yang tinggi biasanya digunakan untuk bonsai yang bergaya menggantung atau air terjun. Penggunaan pot ini bertujuan mengimbangi panjangnya bonsai yang bergaya air terjun.

Pot yang tipis oval atau lebar biasanya untuk menanam bonsai bergaya tegak tdak lirus atau meliuk liuk, atu bisa juga untuk tipe bonsai lebih dari satu batang. Penanaman bonsai tidak diletakkan di tengah, melainkan di atur sesuai arah kecondongan pohon, inio dikakukan untuk keseimbangan pandangan.

Pot kotak persegipanjang untuk menanam bonsai yang bergaya condong atau melingkar, atau model group, penanaman bonsai harus di sesuaikan dengan arah condongnya batang bonsai.

Advertisements
%d bloggers like this: