Setek Antara Anting Putri dan Mentaos

Anting putri /Wrightia Religiosa adalah salah satu bonsai paling laris di daerah kalimantan, pohon jenis ini tak heran populer untuk dijadikan bonsai, karena pohonnya gampang di bentuk menjadi bonsai dan cara menanamnya relatif mudah serta dari segi estetika pohon ini mempunyai nilai seni tinggi.

Sedangkan  Mentaos (Wrightia javanica DC) yang nama lokalnya mentaos (Jawa), bintaos (Sunda, Madura), benteli lalaki (Sunda), bentawas, tawas (Bali), dediteh (Timor) adalah pohon yang tersebar di selatan Cina, Kamboja, Vietnam, Thailand hingga daratan Malaysia  menuju Pulau Solomon dan utaraAustralia. Tumbuh di hutan musim, semak belukar dan savana dengan kondisi lahan kering periodic atau permanent hingga ketinggian lebih dari 1.000 m dpi. Di Bali, bentawas banyak dijumpai di pekarangan rumah penduduk, tegalan dan pinggir jalan. Belum diketahui informasi mengenai kondisi iklim dan jenis tanah yang spesifik untuk tempat tumbuhnya. Mentaos ini ternyata kurang begitu populer untuk dibonsai di pulau Jawa.

Ternyata dua tanaman ini masih satu rumpun, dan nama latinpun masih satu jenis. Anting Putri bernama latin Wrightia Religiosa, sedangkan Mentaos bernama latin Wrightia Javanica DC. Setelah mengetahu hal ini seorang pebonsai asal Sidoarjo Jatim yang akrab di panggil Pak Basuki  mempunyai ide bahwa karena tanaman ini masih satu rumpun, sedangkan yang laris adalah Anting Putri, kemudian di Jawa banyak terdapat Mentaos, sehingga mendapatkannyapun mudah maka beliau mencoba membuat setek antara Mentaos dan Anting Putri. Mentaos di jadikan batang utama, karena banyak terdapat di alam baik di hutan maupun di pekarangan masyarakat, sedangkan anting putri yang menurut kebanyakan pebonsai adalah indah bagian daun dan dahannya maka dijadikan setek untuk bagian atas atau dahan dan daunnya, maka dengan demikianbila kita menyetek keduanya,  kita akan mempunyai sebatang Anting Putri yang tersohor itu, selamat mencoba.

Advertisements

22 Comments

  1. @Wawan sri
    pandangan pertama bikin jatuh cintaa,. itu pengalaman saya pada bonsai
    @One
    kepuasan batinnya itu lho bro, luar biasa, seperti kita beli cb k2 yang udah mati terus kita hiidupin lagi dengan bodi yang kinclong.

  2. bedanya mentaos sama laos apaan om….??????? wkwkwk 😛 😛 😛 😛 😛

    membenarkan saja; bukannya tulisan Stek, bukan Setek…

    Setek >< Okeh, eh sitik ding… 😀 😀 😀

  3. @Shafiqah, yup betul sekali bu go green setidaknya kalau menanam pohon di kota sesah ya menanam bonsa lebih minim tempat.
    @Rozi, embuh kuwi sing bener sing endi, sek tak deloke bro

  4. sekarang saya hanya menanam anting putri saja,ada skitar 400-500 pohon,saya belum tahu mau diapakan,dan bagaimana dunia bisnisnya,mohon informasi selanjutnya no hp saya 085264887708 alamat saya jl.t.umar no.50 rt.01 rw.03 kel.tg.balai kec.karimun tg.balai karimun – kepri

    • untuk anting putri sering dipamerkan di wilayah jawa dan kalimantan, harganya sangat menggiurkan lho pak, mungkin bisa ikut pameran yang sering diselenggarakan di pulau jawa, seperti sekarang penyelenggaranya Beli Bonsai, kemarin di surabaya, dan juni nanti di Ponorogo, bapak punya Face Book nggak yah?
      ternyata Kep. Riau ada tanjung balainya juga yah, saya cuman tahu tanjung balai itu rumah mertua saya di sumut.

  5. Anting putri, bonsai anting putri, harga anting putri, bibit anting putri, anting putri murah, tanaman bonsai.
    TUKANG TAMAN MURAH, TUKANG PEMBUATAN TAMAN, JASA PEMBUATAN TAMAN, SUPLIER TANAMAN HIAS, TANAMAN HIAS MURAH, TUKANG TAMAN JABODETABEK.
    Melayani semua Kota : Jakarta, depok, bekasi, tanggerang, bogor,
    Melayani semua daerah : ciputat,bintaro, cinere, serpong BSD, cibubur, sentul, cisarua, puncak bogor, semplak, kota kembang depok, cilodong, cilandak, cijeruk, kebon pedes, kali malang, kali mulya, kebon jeruk, citayam, pitara, bojong sari, pamulang, pondok cabe, pondok kacang, dll.

    Sugiatno Landscape
    Info. 0857 8116 8187 / 0838 740 28823
    Email. sugiatno.landscape@gmail.com

    http://grosirtanamanhias-online.blogspot.com/2014/07/anting-putri-bonsai-tanaman-murah.html

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan