Sejarah Bonsai

Kebiasaan menanam bonsai pertamakali berkembang di Cina sejak ribuan tahun yang lau. Bonsai pada awalnya ditanam oleh para Biksu Buda dalam sebuah kotak yang kemudian diletakkan di dalam rumah atau di kebun. Kata bonsai dalam bahasa Cina dikenal dengan istilah pun-sai yang artinya tanaman yang dibentuk. Pada waktu itu bonsai terdiri dari hanya sebuah tanaman saja yang hidup dalam pot atau kotak, tak seperti sekarang yang bisa beberapa pohon dalam satu pot.

Dalam perkembangan selanjutnya bonsai menjadi barang peliharaan masyarakat Cina seperti binatang piaraan, naga, dan burung yang biasa mereka pelihara. Dalam diri bonsai dipandang ada nilai mistis yang sangat kental dan di agungkan oleh masyarakat Cina, seperti halnya naga yang menjadi simbol kekuatan magis. Bentuknya yang mini, namun menunjukkan kesempurnaan dan keseimbangan layaknya pohon besar yang tumbuh di hutan menjadi simbol kekuatan alam yang luar biasa. Oleh karena itu bonsai mempunya nilai jual yang tinggi apabila diperdagangkan.

Pada masa selanjutnya ketika Jepang mulai merambah Asia khususnya pada masa Kamakura ( 1185-1333) Jepang mengimpor beberapa kebudayaan Asia daratan yang salah satunya adalah kebiasaan menanam bonsai ini. Di Jepang bonsai mulai di sebut dengan sebutannya sekarang yaitu bonsai bukan pun-sai di Cina. Dengan pemikiran orang Jepang bonsai tidak lagi hanya ditanam dalam pot saja, melainkan timbul ide baru yaitu bonkai yang maksudnya bonsai yang ditanam di atas batu.

Bonsai tidak lagi hanya menjadi milik para Biksu Buda seperti ribuan tahun lalu di Cina, namun menjadi barang bernilai ekonomis tinggi layaknya emas dan perak bagi Masyarakat Jepang. Bonsai menjadi simbol status sosial, dan bahkan menjadi simbul prestige dan kebanggaan kaum Aristikrat. Lebih dari itu kepercayaan spirit bonsai dari Cina ternyata diakui juga bagi masyarakat Jepang, bonsai merupakan reprisentasi dari kekuatan kepercayaan kuno yang diwarnai oleh filosuf timur, yang merupakan perwujudan keseimbangan antara manusia, roh, dan alam. Sejak itu bonsai menjadi kazanah kebudayaan masyarakat Jepang dan bahkan dimonopoli oleh Jepang hingga pada abad 19 Jepang membuka rahasia bonsai pada dunia hingga bonsai terkenal ke seluruh penjuru dunia seperti sekarang.

Sumber : The Ancient Art of Bonsai

Advertisements

68 Comments

  1. xixixixixixi, kaboor ah…. đŸ˜›

    tapi kok semuanya dari Cina ya… tahu, dari Cina… bakso, dari Cina… Bakpao, dari Cina… Bonsai??? dari Cina jugaak..???? tapi, apa trend bonsai sekarang masih berkiblat di Cina, bro?

  2. c**k…..
    blekuthak….
    blekuthuk…
    blekethek…
    blegeg…
    srupuuuuuutttt….
    crot….crot…crot…
    mangstaf tenan ki red hat te….
    wkwkwkwkkkkkk….

Leave a Reply