Knalpot Sahabat Muka dan Musuh Muka

Knalpot sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran tentu mengeluarkan zat sisa pembakaran yaitu berupa karbon dioksida (CO2). Zat ini oleh tumbuhan akan diurai kembali menjadi okigen (O2) melalui fotosintesa pada siang hari. Dalam skala kecil zat ini tidak berpengaruh bagi pernafasan, namun dalam skala besar bisa menjadi racun bagi tubuh manusia. Di era moderen ini CO2 banyak sekali disumbang oleh knalpot baik motor maupun mobil.

Satu hal yang mencengangkan adalah bahwa zat tersebut berbahaya, namun kenapa desain knalpot baru pada roda dua  justru di bikin ujungnya naik sekitar 15-30 derajat sehingga pas mengarah kepada pengendara di belakangnya. Tentu hal ini sama saja dengan menyuapi atau bahkan memaksa pengendara sepeda motar lain dibelakangnya untuk menghisap CO2 yang beracun ini.

Dari sisi desain tentu motor dengan gaya ini lebih keren terlihat racing dan stylish, namun dari segi safety justru membahayakan pengendara lain. Kebanyakan motor lama berdesain knalpot datar yang tidak mengarah ke muka, namun model baru kebanyakan mengarah langsung ke muka. Dan parahnya model sport yang hentakan gas buangannya lebih kuat macem Ninja 250 dan Tiger 200 justru mendesain knalpotnya nungging sehingga mengarah langsung ke muka. Efek ini akan sangat terasa bagi pemakai helm half face. Kalau di pedesaan mungkin efeknya bisa diminimalisir, namun di perkotaan yang pengendaranya berjubel, tentu pengendara dibelakangnya langsung menerima asupan asap tersebut.

Data model knalpot beberpa motor :

A. Honda

Semua knalpot honda yang model lama seperti Karisma, Supra X, dan Legenda bergaya knalpot datar, sementara Supra X 125 baru, Revo 100 dan Vario bergaya nungging namun di ujungnya ada belokan arah sehingga tidak mengarah pada  muka. Untuk Blade Revo baru, dan Beat ditambah dua motor sport yaitu Tiger dan Mega Pro bergaya nungging  sehingga langsung mengarah pada pengendara lain.

B. Yamaha

Knalpot medel lama seperti Vega lama, Crypton, dan King bergaya datar sehingga aman bagi muka, sementara model baru seperti New Vega, Jupiter Z dan mio bergaya nungging dan menantang muka. Untuk Jupiter MX, Vixion, dan Scorpio bergaya nungging, namun ada perubah arah di ujungnya sehingga amanbagi muka.

C. Suzuki

Salut untuk merek yang satu ini, semua desain knalpotany kecuali Thunder 250, aman buat pengendara di belakangnya. Mulai dari Samsh SR, Thunder 125, dan Shogun.

D. Kawasaki

Untuk merek ini justru semua bergaya nungging, mulai dari ZX 13, Athlete 125, Ninja 150 dan 250. Namun untuk Athlete di ujungnya ada pengubah arah sehingga menjadi sehabat muka.

Saran untuk ATPM sebaiknya desain ini di tinjau ulang supaya tidak membahayakn bagi pengendara lain.

Advertisements

38 Comments

  1. ketigaxx….cpet juga yak ane ini….:mrgreen:
    vote ane jadi joki pengganti Rossi..ketik L spasi A kirim ke 9905….kirim trus dan ente bakalan dapat satu paket bonsai ambil sendiri2 di rumahnya Pakde assen…xixiixix :mrgreen:

  2. tmen ane pernah ngalamin mukanya kena oli yg baru di semprotin ke knalpot motor Tiger (biar knalpotnya ngk keropos)….gara2nya tuh knalpot arahnya moncong ke muka tmen ane…xixixi :mrgreen:

  3. kalau saya dulu jaman stm pernah njailin org2 tangkin bebekku( fiz) tak tambai satu botol kecil minyak angin…jadi org yg berada di belakang matanya pada kepedesan…..sampe ndredes….xixixixi

  4. ➡ langsung saja pak Muhsin… pabrikan yang paling banyak ngeluarin yang bukan sahabat muka siapa yaak…? kikikiki… :mrgreen:

  5. bukannya yang bikin orang koit mah CO bang…nah kalo CO2 gapapa kan?? toh pabrikan nambahin AIS/SASS agar CO berubah jadi CO2, CO+O2==>CO2…….nek salah mohon koreksi ajah………….
    bang…bukannya ente suka yang nungging-nungging???

    • @Noni Sok atu kang
      @Mpok tini
      kalau CO langsung koit dikit banyak, kalau CO2 sedikit no problem, kalau banyak bikin lemes, dan loyo.
      btw jok leh tuku wis nungging

  6. @mas aseen

    kenalpot moderen rata-rata sudah mengaplikasikan catalyc converter yang bisa mereduksi gas beracun macam CO2 dan monoksida cuma hawa nembaknya itu yang bikin ngap di muka :mrgreen:

    kenalpot nungging manfaat juga lho mas . . . kalau banjir hayooo. . . . :mrgreen:

    keep brotherhood,

    salam,

  7. kikikikikikiki[gaya yang punya warung] :mrgreen:

    Pak,kawak Kaze R kan gak nungging….

    kalo yang terasa banget tuh,jupe z,vega r,mio series,tiger,
    aku kayak mau pingsan tuh di suguhi asep sebanyak itu…
    malah tuh motor kayak belum ganti oli lagi.. 🙁

  8. aseen….sodara benar sekali…desai moncong knalpot hnd rata-2 GAK safety….Ninja juga…dari dulu begitu termasuk Ninja yg 600cc…
    jadi ymh termasuk safety dalam hal yg tak kelihatan ini…benar2 ymh low profile-la….

  9. @Neni
    yup untuk yang satu ini jempol buat yamaha
    @Treafridefraz
    yoi bro
    @Jaos
    memang data membuktikan itu Bro, dan harus kita akui yang ini, jempol buat yamaha

  10. setuja om……, sepaham……., knalpot yoshimura ku, meski racing, ujung mulut + inner muffler nya udah re design, so aman bwt muka pengendara belakang nya (kecuali suaranya ”brisik”) … 🙂 salam kenal om, azizy_horee , Cbr lovers……….

Leave a Reply