Knalpot Sahabat Muka dan Musuh Muka | Bonsaibiker

Knalpot Sahabat Muka dan Musuh Muka

Knalpot sebagai saluran pembuangan gas sisa pembakaran tentu mengeluarkan zat sisa pembakaran yaitu berupa karbon dioksida (CO2). Zat ini oleh tumbuhan akan diurai kembali menjadi okigen (O2) melalui fotosintesa pada siang hari. Dalam skala kecil zat ini tidak berpengaruh bagi pernafasan, namun dalam skala besar bisa menjadi racun bagi tubuh manusia. Di era moderen ini CO2 banyak sekali disumbang oleh knalpot baik motor maupun mobil.

Satu hal yang mencengangkan adalah bahwa zat tersebut berbahaya, namun kenapa desain knalpot baru pada roda dua  justru di bikin ujungnya naik sekitar 15-30 derajat sehingga pas mengarah kepada pengendara di belakangnya. Tentu hal ini sama saja dengan menyuapi atau bahkan memaksa pengendara sepeda motar lain dibelakangnya untuk menghisap CO2 yang beracun ini.

Dari sisi desain tentu motor dengan gaya ini lebih keren terlihat racing dan stylish, namun dari segi safety justru membahayakan pengendara lain. Kebanyakan motor lama berdesain knalpot datar yang tidak mengarah ke muka, namun model baru kebanyakan mengarah langsung ke muka. Dan parahnya model sport yang hentakan gas buangannya lebih kuat macem Ninja 250 dan Tiger 200 justru mendesain knalpotnya nungging sehingga mengarah langsung ke muka. Efek ini akan sangat terasa bagi pemakai helm half face. Kalau di pedesaan mungkin efeknya bisa diminimalisir, namun di perkotaan yang pengendaranya berjubel, tentu pengendara dibelakangnya langsung menerima asupan asap tersebut.

Data model knalpot beberpa motor :

A. Honda

Semua knalpot honda yang model lama seperti Karisma, Supra X, dan Legenda bergaya knalpot datar, sementara Supra X 125 baru, Revo 100 dan Vario bergaya nungging namun di ujungnya ada belokan arah sehingga tidak mengarah pada  muka. Untuk Blade Revo baru, dan Beat ditambah dua motor sport yaitu Tiger dan Mega Pro bergaya nungging  sehingga langsung mengarah pada pengendara lain.

B. Yamaha

Knalpot medel lama seperti Vega lama, Crypton, dan King bergaya datar sehingga aman bagi muka, sementara model baru seperti New Vega, Jupiter Z dan mio bergaya nungging dan menantang muka. Untuk Jupiter MX, Vixion, dan Scorpio bergaya nungging, namun ada perubah arah di ujungnya sehingga amanbagi muka.

C. Suzuki

Salut untuk merek yang satu ini, semua desain knalpotany kecuali Thunder 250, aman buat pengendara di belakangnya. Mulai dari Samsh SR, Thunder 125, dan Shogun.

D. Kawasaki

Untuk merek ini justru semua bergaya nungging, mulai dari ZX 13, Athlete 125, Ninja 150 dan 250. Namun untuk Athlete di ujungnya ada pengubah arah sehingga menjadi sehabat muka.

Saran untuk ATPM sebaiknya desain ini di tinjau ulang supaya tidak membahayakn bagi pengendara lain.

Advertisements
%d bloggers like this: