Sisi-sisi Keindahan Dalam Bonsai | Bonsaibiker

Sisi-sisi Keindahan Dalam Bonsai

Dalam membuat bonsai kita harus pandai-pandai memanfaatkan sisi keindahan dan daya tarik yang ada dalam bonsai itu sendiri. Bertolak dari faktor inilah sebuah bonsai bisa sangat menarik, berharga mahal ataupun menang dalam lomba. Sisi keindahan itu bisa saja muncul baik dari keseimbangan bentuk bonsai, maupun keindahan bagian bagian tertentu seperti pohon growong, batang kering, meliuk, dan sebagainya.

Untuk model bonsai yang mempunyai bagian batang yang kering misalnya justru ditonjolkan untuk memberi efek natural yang mirip dengan kondisi real di alam. Tak jarang pebonsai menjin “mengukir” seindah mungkin agar terlihat alami, seimbang, dan menarik. Tentunya dalam mentrain bonsai gaya ini harus memperhitungkan keseimbangan kehidupan bonsai itu sendiri yang hidup dalam sempitnya ruang pot.

Untuk yang mementingkan kesempurnaan bentuk bonsai biasanya dibentuk agar bonsai ini nampak seimbang dahan-dahannya baik ke kiri, kanan, depan ataupun belakang. Hingga bonsai ini mirip dengan pohon besar yang tumbuh bebas di alam.

Advertisements
%d bloggers like this: