Men-jins Bonsai | Bonsaibiker

Men-jins Bonsai

Brader sekalian biasanya ketika berburu bonsai tidak serta merta mendapat bonsai yang mulus, sempurna secara fisik, dan bentuknya sudah simetris seperti tuntutan gaya tertentu yang kita anut. Sering kita hanya mendapati dangkel atau batang pohon yang peang sebagian, atau sudah dipotong oleh para perambah hutan. Tak jarang pila mendapatkan bakal bonsai yang batangnya kebanyakan sehingga perlu dipotong.

Untuk kasus berikut kita perlu melakukan sebuah teknik men-jins bonsai. Teknik ini tujuannya adalah menghilangkan sebagian batang bonsai yang dipandang tidak perlu kemudian membentuknya sedemikian hingga mirip terjadi karena proses alami. Semisal ada batang yang dirasa kebanyakan maka harus kita potong, ataupun batangnya sudah dipotong oleh para perambah hutan, maka potongannya harus kita pahat dengan pahat khusus jins bonsai, sehingga nampak seperti proses alami, semisal seperti habis dimakan rayap, atau kering memfosil seperti pohon tua.

Dalam men-jins ini kitas harus hati-hati agar bonsai tidak mati, dan juga teliti agar terlihat alami. Memahat ini haruslah menggunakan alat pahat khusus bonsai yang banyak dijual di pasaran.

%d bloggers like this: