Bila CBR 250 1 Silinder,Nampaknya Berat Meruntuhkan Dominasi Ninja 250

Brader sekalian, belakangan ini hampir semua media baik cetak, maupun internet ramai mebicarakan akan munculnya CBR 250 di tanah air tercinta ini. Para pecinta roda 2 sudah mulai dag-dig-dug menunggu kelahiran motor ini, terutama yang berkantong cukup bahkan tebal.

Namun rumor dan demand ini mulai terganggu dengan adanya kabar bawa CBR ini hanya mengandalkan satu silinder, padahal banyak yang merindukan kehadiran motor ini dengan mengaplikasikan 2 silinder. Belum lama ini media memang banyak mengulas mesin-mesin 2 silinder baik yang sejajar maupun yang berkonfigurasi v yang mungkin bakal mengisi mesin CBR ini. Dari situ terbentuk opini bahwa CBR 250 ini bakal mengaplikasikan 2 silinder. So alangkah kecewanya para biker bila ternyata AHM hanya mengeluarkan motor ini dengan 1 silinder.

Lantas apakah yang hendak ditawarkan AHM dengan CBR baru ini? Walau memang meski 1 silinder belum tentu kalah oleh 2 silinder dalam cc yang mirip atau sama. Tapi nampaknya sudah menjadi anggapan umum kalau 2 silinder lebih superior ketimbang 1. Setidaknya sudah populer bahwa 1 silinder akan menang di putaran bawah alias menang torsi sementara 2 silinder superior di putaran atas alias menang top speed, kan motor ini judulnya motor sport bukan garuk tanah. Ataukah hanya untuk mengejar harga?

Dari pengamatan Bonsai Biker AHM sering salah langkah dalam mensikapi hal seperti ini. Tengoklah ketika Mio mulai mengaspal, Honda terkesan meremehkan produk ini, dan krtika Mio merajai jalan Honda baru bangun dari tidurnya dan butuh waktu lebih dari 3 tahun untuk meruntuhkan dominasi Yamaha di segmen ini. Sementara di segmen motor sport Yamaha sudah menggelontorkan V-ixion yang syarat dengan teknologi, Honda masih berkutat pada mesin GL berpendingin udara yang sejak era 90-an belum ganti-ganti. Di segmen ini Honda terkesan membiarkan begitu saja pasarnya dikuasai orang lain.

Di kesempatan lain Honda justru membuat kebijakan tidak populer seperti halnya mengeluarkan CS 1 dan Revo AT yang syarat dengan teknologi, namun justru salah dalam mengemas, sehingga kurang booming di pasaran. Di kesempatan diskusi juga ketika di tanya tentang motor sport, Honda selalu bilang konsen di matic dulu. Ini tentu jawaban yang terlalu diplomatis, mengingat Honda bukanlah satu orang, melainkan sebuah tim besar dan bahkan sang raja yang jauh lebih superior dari Yamaha. Yamaha saja sanggup menelorkan Xeon, merefresh Vixion dan Scorpio, dan sekaligus meluncurkan Bison dalam satu waktu, kenapa Honda yang sang raja hanya nelorin New Mega Pro yah? –“Sambil lirik-lirik Scoopy, PCX, dan Revo AT”-.

Tulisan ini memang menggelitik, namun membangun, dan tanpa mengurangi pengakuan sukses Honda melalui Scoopy, dan NMP.

Advertisements
Advertisements

161 Comments

  1. salam kenal…sepertinya langkah honda menggunakan motor 1 silinder untuk merintis k moto 3 tahun 2011,cmiiw

  2. mesin 250cc 2 silinder tidak cocok untuk jalan Indonesia . . . ( begitu kata petinggi honda )
    250 cc 1 silinder , apa bedanya sama megelli ya ?

    keep brotherhood,

    salam,

  3. yang bedain adalah system Unicam nya mas bro yang mantaf, bisa bejaban sama 2 cylinder DOHC sekalipun …kalo megelli mah lewat … power aja beda jauh 33 bhp maknyus …

      • Apanya yang tanda tanya???
        Memang produk Honda banyak yg
        menyangsikan…termasuk blogger bonsai

        ntar 1 cilinder kok brani²nya lawan 2 cilinder?
        trus 125 cc lawan 135 cc 4 klep???

        lak gitu² thok to?
        comparenya nggak pernah jelassssss…

        bakaaarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

      • Kurang ajar bonsai iki…
        Fotoku bolak-balik dipasang…

        Nggarai sering Sepang,
        kalo foto selalu di pasang
        :mrgreen:

  4. spek resmi belum keluar. . . .
    banyak spekulasi yang muncul
    biasanya kalao impor itu spekdown kayak kasus satria FU
    memang engine crf galak banget , yang jadi pertanyaan apakah sama offroad dengan aspal ? ya to. . .

    monggo kita diskus di forum ini . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  5. lho… kok motor sama, tapi yang naik berbeda… ojok2 kalian berdua pinjam…?
    alah….. ndangbalekno

    bhahhahaha…..

  6. wahhhhh….kayaknya ni blog berat sebelah ya,,kayaknya dari tadi menyudutkan honda aja, walawpun secara tidak langsung,,,,

    Vixion syrat teknologii????hahahahahah…gak salah tuh,,teknologi injeksi??honda juga bisa,,teknologi dysil n forged piston??honda juga ada EFT dan lainnya

    Patut diingat memang dulu honda menganggap remeh mio,,tp secara kebalikan, mentang2 mio udah laris, jadi menganggap remeh skuter honda, yg akhirnya cuma update penampilan aja dari pertama keluar…trus memang mesin pio dari dulu selalu update mesin????pio menang sama tiger???jelas…200cc vs 225cc

    Cbr belum tntu menang sama ninja 250??kata sapa,,belum ada bukti kok berani bilang cbr 250 kalah,,, cbr 250 cocok bgt buat jakarta yang ngandelin putaran bawah dimana jalanan macet terus,dibanding putaran atasnya ninja,,,mw top speed ngejar aja tuh disentul,,,lagian kalo mw ngejar top speed juga belum tentu ninja menang,,mengingat cbr 250 dgn mesin crf 1 cylinder unicam udah teruji kekuatannya dalam ajang gp..selain itu mesin 1 cylinder itu perawatannya gak seribet 2 cilinder,,,

    Kalo memakai logika jelas mesin 1 cylinder lebih nendang akselerasi n top speed,,mengingat mesin 1 cylinder lebih ringan dari 2 cylinder,,contoh pada kasus megapro,,denga mesin yg lebih ringan disinyalir bisa mepet vixion,padahal cuma 13hp,,sedangkan vixion 14hp…

    Yahhh..mending kita lihat saja nanti manakah yang akan menang, cbr 250 1 cylinder dengan unicam n fitur abs,,apa 2 cylinder doank tanpa fitur apa2..

    Siap2 aja menjilat ludah sendiri….wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkkwkwkwk

  7. selama honda indonesia masih dikuasai saudagar masalah teknologi nomor belakang….. jangan diharepin deh! yang penting bagi mereka jualannya laku….. orang indonesia gampang di……

  8. KAMI, segenap jajaran:
    POLRI
    TNI AU
    TNI AD
    TNI AL
    ……Gubernur

    dan Seluruh Kampung

    ………..
    …………
    MENYUKAI Artikel Anda!!!!! 😀

  9. wah artikel FBH untuk FBH oleh FBH…
    Brrr…dingiin…
    Butuh bakar2an

    unicam ki apa to?
    Uni : 1
    cam : cam
    lha silinder 1 yo cam-e 1 to
    **lugu puol**

  10. Sekarang harganya bisa head to head ama ninin 250 nggak?
    Klo harganya dibikin sama aja, aku rasa ninin 250 sdh kelabakan!
    Karena honda diunggulkan ama merk & mesin yg diakui dunia.

  11. idealnya kalo 250cc menggunakan dua silinder, gengsi dapet, speed dapet, suara desah muffler juga lebih merdu.
    Kalo honda tetep keukeuh pd single cylinder, artinya mungkin demi costdown agar nantinya bisa dijual diangka 30 smpai 35 jutaan, secara gak beda jauh dengan tiger, cuma naik 50cc plus dengan balutan body sport aja.

  12. Nanti jangan2 diadu menang 1silinder tarikan n topspeednya?

    Kayak kasus cs1 125cc 2klep techno jadul VS mx 135cc 4klep + forged piston n diasil silinder techno MOTOGP.

    Msh unggul techno jadul larinya

  13. dari judul artikelnya udah menjurus kepada pembunuhan karakter si cbr 250,,biar nanti pas brojol disini pada gak mw beli karena udah pada kedoktrin satu cylinder kurang bagus daripada 2 cylinder….

  14. stopppp pressss…

    Besok kayaknya jkt bakal ada demo besar2 ttg 1 thn kabinet pak beye…so berhati2 lah..

  15. yup artikelnya belum ada dari sisi harga, nambahin ah..
    prediksi harga cbr di Ina.
    pertama kita liat dl harga kompetitornya Kawasaki ninja 250 r di inggris, ternyata jg dijual 4099 pounsterling alias sama dengan harga varian termahal dr cbr 250 (yg dah plus abs).
    disini harga ninja 250 46juta. maka kemungkinan harga cbr 250 jg bermain di 45jtan. makanya ane aga percaya dengan info selalu di depan PHK yaitu :
    1. 38 non ABS
    2. 44 abs (kl injeksi kemungkinan di sunat kaya ninja),
    3. bs juga tambah satu lagi 46 jt abs injection.
    sumber kawasaki.co.uk
    website resmi kawasaki enland. liat disni.
    http://www.kawasaki.co.uk/product.asp?Id=340E0C22773

  16. Salam kenal Pak

    Menurut saya sih Mau 1 cyl ato 2 Cyl bukan masalah..Tokh tenaganya juga 10:11…Mesin Gp Mono basisnya juga CRF 250, liat aja kerjaannya Moriwaki, bisa di tune sampe 45 hp, lap time sentul bisa 1 mnt 40 dtk…kenceng khan?…Jadi yang harus dilihat sih Tehnologinya…Gw yakin sih, sehub. dgn globalisasi produknya, HONDA nempelin Injeksi di CBR250R ini..Belum Bobot…klo iya bener 140 kg berarti Ninja 250 lebih berat…NINJA masih pake blok dan head besi,sdgkan Honda pasti sdh aluminium campuran semua. Gw tau krn gw skr pakai Ninja 250.

    Berat kosong Motor sangat mempengaruhi Pwr lo, selain tentu kubikasi dan perbandingan gigi gearbox. Jadi sih sepertinya hasilnya akan 10:11 juga.

    Klo buat adu kenceng ya monggo…di cobanya di Sentul, dulu adiknya yang kecilan (CBR150CC) sempet mempermalukan Ninja 250. Jadi bisa di ukur lepas, gimana klo yang gedeannya yang balapan..tinggal Ridernya saja kuncinya…

    Tinggal masalah Sistem pemasukan bahan bakar. Masyarakat kita masih belum ngeh sama yang namanya Injeksi, padahal perawatannya jauh lebih mudah dan murah Injeksi.
    Kalau motor ini CBU langsung seperti PCX, maka pasti akan Injeksi.

  17. saya mewakili bangza desdesmits
    mengucapkan bela zungkawa
    atas terpilihnya bonzay menjadi detektif James Bon zero-zero pitu
    mogsga zuragan bonzay dapat menzalankan tugaznya dunia akherat …

    wik wik wik wik wik …..

  18. selamat siang pak.

    Artikel ini sepertinya menggambarkan ketidakpercayaan anda akan sepeda motor bernama honda.janganlah anda meragukan 1silinder,sebab dg silinder ganda berarti anda harus rela mengatur keuangan lebih banyak lagi.setang +seher ganda,belum lagi ringnya,atau jumlah bautnya yg tentu lebih banyak.biarlah istri anda saja yg bersilinder ganda.

  19. Assalamualaikum, Pak…

    Alrozzzi Turun Bertapa Niigh…

    Kalau saya yang 150 saja dah cukup, Pak… Seperti yang dulu, N250R terlalu “berat”, khususnya karena badan saya Ceking bin Kuruzzz…

    Kang Udien di Mana Yaak???? Kangen Neeh… (wkwkwkwk)

  20. kabor dlu ah…ntar balik lagi, yg mau tanda tangan ama photo bareng…harap mengsisi daftar indent yah….

  21. @All..
    Wujud aslinya belum kelihatan
    ini hanya gambaran saja..
    Mesin single silinder memang lebih ringan…torsi bisa lebih besar ..tapi engine noise-nya juga lebih besar..mengko gringgingen..
    Mesin muliti silinder lebih balance..power bisa lebih besar , tapi berat …makanya torsinya kalah.
    Dari segi penampilan coba nanti kalau sudah ada unitnya bro Bonsai bisa telanjangi tuh CBR250R dan bandingkan dgn N250R…naked-nya mbah yut Eddy..
    mesin mana yg terlihat lebih padat….?
    Pertanyaan…
    CBR yg nanti dirilis apakah 5-Speed seperti crf..?
    Menggunakan PGMFi..atau karburator ..?
    Apakah menggunakan klep Titanium..?
    Lalu harga..?

    Ditunggu artikelnya…

  22. 1 atau 2 silinder ga masalah… kenceng diputaran mana aja jg ga masalah… yg penting harganya terjangkau biar bisa beli…biar bisa gaya… ga peduli top speednya berapa… Lha make honda grand aja cuma mentok 60 kpj (sering disalip sama ibu2/mba2 yg pake matic)…huahahahaha….. (gapunyaduittapisokpengingaya.com)

  23. absen sore. . .
    tak tinggal sedelo kok wes koyo pasar . . .
    aku tetep milih 2 silinder ( kalau kuat beli sekalian ER6n . . . :mrgreen: )
    1 silinder cukup si gambot pzoo aja lah sisanya ditabung buat nyusul juragan ijo ke tanah haram . . .

    kata temen ane yang ahli bedah mesin ( orang jogja , tetangganya rozzi kayaknya )
    gimanapun juga 2 silinder dohc lebih stabil dan powerfull di putaran atas.
    jadi inget ketika dia ngoprek pulsar200, modif habis colek cam ganti nalpot,cdi koil segala macem pulsar 200 “hanya” mencapai 26.2 hp dari power standar yang 18 hp ketika di dynotest, ketika dicoba akselerasinya mengalahkan ninja 250r yang 2 silinder dohc , tetapi ketika si pulsar menyentuh rpm 10.000 dengan santainya ninja 250r melibas pulsar.
    ketika test selesai yang punya motor pun kembali ke mekanik yang tadi, dan menceritakan kejadian test vs ninja sahabatnya, dengan arif temenku tadi bilang itulah kelebihan mesin multi silinder dohc, diatas kertas single silinder powernya mungkin diatas dari yang multi silinder . ketika dyno test perbandingan “power on wheel” adalah sebagai berikut: ninja 250 r standar =24.6 hp dan pulsar temenku itu = 26.2 hp torque 20 koma sekian
    jadi mekanik tsb menyarankan kalau suka di rpm tinggi maka multi silinder menjadi pilihan tepat, kalau mau torsi besar di putaran bawah single silinder lebih baik dari pada multi silinder.

    just sharing aja , 1 silinder ataupun 2 silinder ada kelebihannya masing2 tergantung karakter riding kita .

    keep brotherhood,

    salam,

    • tp perlu juga dilihat teknologi pendukungnya, pulsar masih sohc 2 katup, sedangkan ini sudah unicam, gabungan dr dohc ma sohc. jd atas bawah maknyus.

      • iya bro,
        setelah membaca di warungnya martini dan mencoba memahami cara kerja unicam, memang unicam mengambil sisi positif dari sohc yang sangat torque di putaran bawah dan dohc yang maknyuss di putaran atas. dan kelebihan lain dari unicam adalah komponen yang bergerak di head tidak sebanyak dohc sehingga mesin lebih alus.
        sepertinya bila dianalisa dari karakter tersebut powernya tidak mengecewakan.

        kita cek harga per hari ini :
        ninja 250r dohc twin engine = rp.46.500.000
        cbr 150r dohc single engine ( lewat IU ) = rp.38.000.000

        pilihan ahm yang bisa ditempuh :
        1. import ckd untuk menekan harga dengan mengorbankan gengsi FBH yang sudah kadung beli melalui IU ( specdown gak neh )
        2.tetap dengan import CBU dengan konsekuensi harga pasti ndak jauh beda sama IU ( selisih 8 jt dengan ninja 250 ) kalau ane pribadi mending nyari rondo ninja bila ada duit segitu.

        pilihan yang sulit bagi AHM kayaknya ,

        sebagai penyuka motor ane berdoa “semoga cbr baik yang 50 ataupun yang 250 jadi jual disini dengan harga yang masuk akal ”

        keep brotherhood,

        salam,

  24. 33 bhp itu spek CRF kang
    CRF kan motor spek balap
    ga mungkin cbr pake mesin CRF spek balap
    jadi kemungkinan ninja tenaga nya dibawah 33 bhp
    *nyiram bengsin lageeee :mrgreen:

  25. Ada benarnya juga bro ertikel ini…..
    Honda terlalu lama ‘ketiduran’ beberapa wkt yg lalu
    Honda paling2 beri waktu sesaat utk kompetitor bergerak, he….he….he……
    So pasti Honda masih tetap di hati ane…..
    One Heart bro…..

  26. When I initially commented I clicked the “Notify me when new comments are added” checkbox and now each time a comment is added I get three emails with the same comment.
    Is there any way you can remove people from that service?
    Appreciate it!

  27. Hi there! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers?
    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no
    backup. Do you have any methods to stop hackers?

  28. Thanks for any other excellent article. Where else could anybody get that kind
    of information in such an ideal way of writing?
    I have a presentation subsequent week, and I am on the search for such info.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin