Modifikasi Merupakan Kreasi Ataukah Krisis Identitas? | Bonsaibiker

Modifikasi Merupakan Kreasi Ataukah Krisis Identitas?

Ide artikel ini muncul ketika suatu saat Mbah Yut Eddy (Eddy Nugroho) komentator senior warung ijo melihat sesosok ninja 250 merah melintas di kota kelahiran Mas Raul Bedug Purwoko aka Dani Ramadian (Malang), merek Kawasaki di motor tersebut di tutup dengan tulisan Ducati, ketika itu Mbah yut langsung bergumam, “Kok gak malu ya”! Juga dari artikel Bro Sattar yang membandingkan CBR 250 dengan Ninja 250 di www.ducatimonster-wordpress.com.

Brader sekalian, maraknya modifikasi belakangan ini cukup menambah hingar bingarnya dunia roda dua tanah air. Semua jenis motor nampaknya terinfeksi virus ini, mulai bebek, matic, sport, dan ayam jago. Juga baik dari motor baru, second dan bahkan tua umurnya. Berbagai aliranpun muncul menjadi model seperti retro, sport racing, street fighter, supermoto, dll. ATPM pun nampaknya juga ambil bagian dengan sering memfasilitasi diadakannya kontes modif di berbagai daerah plus  menghadirkan hadiah yang begitu mrenggiurkan.

Dari berbagai macam modif ini ada yang menjadikan body sbagai sasran oprekan, seperti gambar berikut yang menjadikan body menjadi obyek:

Di samping itu juga ada yang menjadikan mesin sebagai sasaran oprekan mulai dari mengganti jeroan, kelistrikan, hingga knalpot:

Namun masih ada yang lebih nyleneh lagi  yaitu menjadikan brand sebagai obyek, tengoklah bagaimana Minerva dilabeli CBR, Ninja 250 ditempeli label Ducati, atau juga Tiger 200 dibikin layaknya Ducati Monster. Klau Ninja memakai livery motogp mungkin masuk akal, walau dari Ducati, tapi kalau sampai ditempel merek Ducati ya mungkin cinta belum tersalurkan, hehehhe.

Hebat nian nih Ducati, virusnya mewabah, hehehe semoga pak Nug membaca ini.


Nah jenis yang terakhir ini adalah yang patut kita analisa dengan berbagai kemungkinan.

  1. Mungkin sebagai bentuk ketidak pedean si pemilik terhadap merek yang dia punyai dan sebagai bentuk krisis identitas suatu merek?
  2. Ketidakpuasan terhadap ATPM?
  3. Hanya iseng supaya terliahat beda?

Monggo di share mana yang menurut anda semua alasan paling masuk akal, atau mungkin juga ada alasan lain!

Gambar paling bawah copas dari om Sattar!

%d bloggers like this: