Empal Gentong Makanan Khas Wong Cirebon | Bonsaibiker

Empal Gentong Makanan Khas Wong Cirebon

empal gentong

empal gentong

Ketika angin membawaku ke Cirebon, maka hari-hari diwarnai kehasan cirebon. Dengan memakai falsafah primbon kuno bahwa ketika seseorang itu gemuk maka nafsu seksnya rendah tapi nafsu makan tinggi, nggak percaya tanyalah pada mbah Wir, sementara yang kurus nafsu seksnya tinggi tapi nafsu makannya rendah, maih nggak percaya tanya Pak Tua, atau Nick yang sedang bulan madu . Sementara James Bons tak kurus dan tak gemuk alias sedang-sedang saja.

Kali ini James Bons memakai falsafah mbah Wir, sehubungan dengan menjamurnya makanan Khas Cirebon ini yaitu Empal Gentong, bayangkan sepanjang jalan di cirebon hampir tak ada jalan yang tak ada warung Empal Gentong ini. Sepanjang jalan kemanapun di lalui pasti ada nih makanan, sehingga yang semula Jams Bons bukan tipe penyuka makan akhirnya ketularan Mbah Wir, gara aroma empal ini yang menyengat membangkitkan gairah lidah. Bgaimana tak tergoda wong sepanjang jalan bahkan sampai kamar mandi bahkan toilet pun di Cirebon beraroma Empal gentong.

Dan setelah bener mencoba mmmmmmhhhhh lidah tak mau berhenti bergoyang, mak sooodap kali, begitu kata permaisuriku yang orang Batak. Semangkuk makanan yang mirip dengan soto Betawi dengan aroma santan sedikit kunyit, di dalamnya dupenuhi jeroan dan daging sapi yang mmm lezzzaaat, dtambah sedikit lontong yang membuat anda tergoda.

Untuk harga relatif, tergantung tempat dan mutu daging, mulai dari 7-15 ribu Rupiah. Pilih sesuai kantong,  mau coba ….. ,,, mmmm datang ke Cirebon, mau bukti nih liat Terong yan guemuk setelah ketagian Empal Gentong, gentongnya pindah ke perut!!

Wakakakakaakak……..

%d bloggers like this: