Penanganan Rumah Kopling Motor Sport Oblak

part-tiger
part-tiger

Brader sekalian bila anda mempunyai motor sport macem Tiger, Scorpio atau Vixion, sementara anda adalah speed lover, maka tak jarang anda mengaplikasikan setengah kopling. Ini memang membantu dalam mengumpulkan tenaga si motor dan bisa menghentak. 

Terlebih bila di kota besar macem jakarta, nampaknya aplikasi setengah kopling sudah menjadi style. Efek dari style ini biasanya rumah kopling cepat oblak, karena hanya ditarik setengahnya saja, sehingga beban gesekan lebih besar. Nah bila rumah kopling oblak tenaga motor akan ngedrop atau ndut-ndutan, seorang mekanik yang kurang handal biasanya suka menuduh karburator sebagai penyebabnya, namun bagi mekanik yang berpengalaman akan langsung tau kalau si rumah kopling ini penyebabnya.

Bila ini terjadi maka anda harus bongkar blok bawah mesin bagian samping dan mengganti rumah kopling. Dalam hal ini sebetulnya yang membikin oblak adalah karet dalam rumah kopling yang sudah tidak elastis lagi, dan harus di ganti. Sayangnya dari pihak ATPM tak menyediakan part ini secara parsial alias hanya menyediakan satu set rumah kopling. Lalu masalahnya lagi satu set rumah kopling harganya sangat mahal mencapai 800.000 sampai 1 jeti, padahal kita cuman perlu ganti karetnya saja.
Di pasaran sebetulanya banyak yang menjual part ini, tak jarang misal karet kopling tiger dilabeli AHM dan terdapat sealnya, padahal itu palsu alias bukan dari AHM, demikian juga dengan secorpio. Harganyapun murah hanya 35 ribu rupiah. Bila brader sekalian memasang ini maka biaya yang perlu dikeluarkan adalah 35.000 + ongkos bubut 10.000 + ongkos pasang +- 75 ribu = Rp. 120 ribu. Murah sih motor menjadi galak seperti semula, namun itu tak berlangsung lama, pada usia 3 bulan rumah kopling akan oblak lagi karena karet non original tak tahan panas sehingga cepat rusak. Sementara mau beli dari part ogirinal harus keluar kocek 850.000 + ongkos pasang, maka hampir satu juta. Bayaaangkan betapa mahalnya!!!

Ketika James Bons konfirmasi angsung ke pak Nyoman (fihak AHM) dalam sebuah acara dialog, beliau menyatakan bahwa AHM tidak menjual karet secara parsial, dan hanya menjual secara lengkap bersama rumah kopling karena alasan presisi pemasangan akan kurang tepat bila dilakukan di bengkel bubut biasa. Bonsai Biker dalam menanyakan ini mengambil alibi kenapa AHM mengajarkan pemborosan dengan membeli yang baru seharga 800 ribu, padahal yang lama masih bisa di pakai dengan syarat AHM jual karetnya. Pdahal tukang bubut juga cukup ahli lo!!!!!!!!

Wal akhir setelah James Bons sowan ke rumah Begawan kolor ijo yang ahli tehnologi industri, beliau menuturkan bahwa karet itu sebaiknya membeli sendiri di Glodog jakarta barat khusus karet industri yang tahan panas, kemudian dibawa ke tukang bubut karet kemudian bawa aslinya dan dibentuk sesuai aslinya, maka di jamin akan awet, tahan lama dan biaya tak lebih dari 200.000 Rupiah. Bandingkan dengan kalau ganti rumah kopling sesuai prosedur AHM yang menghabiskan dana -+ 1 juta Rupiah.

Nih satu masukan buat AHM untuk kampanyekan pengiritan!

Sebagai ilustrasi terakhir ini bisa terjadi pada CBR baik 150 atau 250 atau apa saja yang sering aplikasi setengah kopling!!!!!!

Advertisements

38 Comments

  1. mestinya judulnya begini mbah. . .
    rumah kopling mau awet ? jangan gantung kopling anda. . .

    keep brotherhood,

    salam,

  2. di scorpio: karet vacumm karburator yang rusak, bila ganti karetnya doang Rp.600.000,- bila beli karburator full set japan Rp.800.000,-. biyuh..mesisan ganti anyar sak karburator’e ae nek ngono.

  3. salam kenal brur…
    saya punya scorpio 2008 dengan keluhan yg sama dengan tulisan sampean..
    motor jd bergetar banget, bayankan motor 225 cc kog digeber 90 kpj getarannya serasa 7 skala ricthter…..
    mai got…
    kira2 kalau ada info untuk bengkel yg jago dalam masalah itu di daerah bojonegoro jawa timur (dan sekitarnya)….
    mohon bantuan…
    thanks…
    (~_~)

    • Salam kenal balik mas bro, ponakanku juga di bojonegoro, di padangan.
      kalau kasusnya itu nampaknya sama mas bro, kalau dibawa ke bengkel resmi biasanya langsung suruh ganti satu set, makanya ke bengkel tidak resmi yang ahli. aku punya temen namanya Karno hp nya 081388442185, dia ahli banget masalah begitu, rumaahnya di ngawi yang ke arah caruban itu, kan deket sama bojonegoro, cuman dia kadang di jakarta, coba hubungi saja dia siapa tahu pas di ngawi. Enaknya sam dia mas bro, motor dibongkar di rumah sampean, nanti part apa yang perlu sampean sendiri yang cari berarti kan lebih meyakinkan dan terhindar dari penipuan.
      kalau mau konsul masalah scorpio tuh cak tarom Komentator no 15 touring rider, dia pemilik scorpio, dia tahu banyak tentang srvis scorpio, coba main aja ke blognya klik no 15 tsb di atas.

  4. matur suwun mas bro..
    oiya ponakan sampean itu pake scorpio juga yach?
    trus masalahnya bisa selesai g sekarang…
    kalo boleh minta nomor dia juga dunk…?!
    hwehehe….
    itung2 buat sharing n nambah saudara…
    matur suwun

  5. Alamat lengkapnya yang jual karet di Glodog jakarta barat nya dimana mas, bisa tolong beritahu no.hp ato pin bb atau No.yang bisa dihubungi ?

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin