Mental Kompetitif Perlu Disiapkan Tuk Bangsa Ini | Bonsaibiker

Mental Kompetitif Perlu Disiapkan Tuk Bangsa Ini

Mental kompetitif harus rame-rame di tanamkan sekaligus digalakkan pada bangsa ini. Demikian kalimat yang sangat cocok untuk membangun bangsa ini aga tak selalu dipandang sebelah mata oleh bangsa lain dan tak selalu jadi pecundang. Coba kita tengok pertandingan bola beberapa waktu lalu, Indonesia terpaksa kalah di final dan harus mengakui keunggulan Malaisia, padahal di babak awal Indonesia cukup mengesankan. Nampak sekali mental amat berperan dalam hal ini.

Kita tengok Thailand, ternyata promosi gaya hidup kompetitif terus digalakkan, bayangkan sebuah lomba gokart tak bermesin saja disiarkan langsung ke seluruh dunia. Lomba ini bermodalkan gokart dari kayu yang tak bermesin meluncur kencang hanya karena startnya dari dataran tinggi. Lomba ini ditoton banyak penggemar dan mendapat apresiasi bagus dari warga.

Tengok pula beberapa hasilnya, riset motor-motor jepang ada di Thailand, willairot bisa bicara lebih banyak di kancah balap pmotor dibanding pembalap kita.

Lebih jauh lagi sebetulnya semangat kompetitif telah dimasukkan dlam kurikulum pendidikan baik dasar, menengah maupun tinggi. Belakangan ini metode kompetisi ini makin rame digalakkan untuk mendorong kualitas out come-nya dalm pendidikan. Namun upaya ini bila tak didukung segenap bangsa nampakanya haslnya tak kan maksimal. Hayo brader sekalian, galakkan kompetisi di semua lini, baik kerja, ibadah, hobbi, bahkan ngeblog sekalipun, tentunya fair paly jadi patokannya.

%d bloggers like this: