Sekutik Honda Menang, Patut Disukuri, Tapi Jangan GR Dulu | Bonsaibiker

Sekutik Honda Menang, Patut Disukuri, Tapi Jangan GR Dulu

Melihat data penjualan Januari penjualan Honda mengungguli Yamaha, dan yang paling membuat special adalah pangsa matick yang dulu dikuasai Yamaha kini dikuasai Honda. Ini memang prestasi besar Honda dalam melakukan start tahun ini.

Data dikutip dari juragan TMC :

“Bulan januari 2011 Honda berhasil mendistribusikan Skutik sebanyak 172.039 unit sedangkan Yamaha mendistribusikan sebanyak 155.286 unit. Perbedaan kekuatan kedua pabrikan ini di market Awal Tahun 2011 adalah sebanyak 16.753 unit. Dengan fakta tersebut, Honda mendominasi market skutik Januari 2011 sebesar 50,77%  bertukar tempat dengan Yamaha yang pada januari 2011 mencatat market share sebesar 45,83%.”

Bagi James Bons fenomena ini  bagi Honda pertama-tama memang wajib disyukuri karena memang sebuah prestasi yang spektakuler ssanggup menggeser dominasi Yamaha sebagai rajanya skutik selama beberapa tahun. Namun yang ke dua bagi Honda janganlah GR dulu,  karena bagaimanapun juga kemenangan Honda tak lepas dari apa yang disebut kejenuhan pasar, dimana ketika itu pasar sudah jenuh dengan kehadiran Mio yang membumi ke seluruh pelosok. Kemudian dating varian baru Honda seperti Vario PCX Scoopy dan Beat. Ini mirip kasus Mega Pro yang lama mendominasi pasar motor sport, hingga menemukan kejenuhan pasar yang kemudian datang  Vixon yang bisa memukul secara telak. Suatu saat bila kejenuhan itu menghampiri matick Honda, sementara Yamaha mempunya giant killer yang lain, nilah saat yang musti diwaspadai Honda.

%d bloggers like this: