Merawat AC Mobil (Espas Edition) | Bonsaibiker

Merawat AC Mobil (Espas Edition)

Bosen ngomongin CBR 250, lalu nggak mau beli CBR 250 sementara anda punya uang seharga CBR 250 lau anda kum HOMOSEK alias hobi mobil seken, Daihatsu Espas Rondo jawabannya, edisi ini James Bons bahas yang AC dulu, lalu berikutnya tentang varian Espas, harga rondo Espas, dan Tips memilih dan merawat Rspas, tunggu ya AC-nya dulu biar adem nggak GONTOK-GONTOKAN BAKAR-BAKARAN KATING PECOTOT. KIKIKI!

Brader sekalian membayangkan ketika di siang bolong panas terik Ibu kota Jakarta sedang mengendarai mobil tpi AC nya nggak atau kurang dingin beeeh betapa panasnya. Masak brader sekalian yang punya mobil mau dalam kndisi ini? Atau itung-itung “latihan panas neraka” ? weeek pede amat masuk neraka, nauzubilah deh. Makanya sebelum AC sampean rusak monggo rajin-rajinlah merawat biar awet kayak cintnya romeo dan juliet. Menurut petuah mbah Espas Mobi beberapa hal yang harus dilakukan dalam merawat AC adalah sebagai berikut:

  1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
  2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak didepan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor.
  3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
  4. Perisalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah hidup bila Ac dihidupkan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor rusak atau selang high press bisa meledak.
  5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator nikotinnya yang lengket dan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah hilang.
  6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya
  7. Sebelum menghidupkan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru hidupkan AC. Begitupun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu bila mau matikan mesin.
  8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan susah dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok ke grill sebab sering terjadi patah. (karena sebagian Grill susah dapat dibeli dipasaran).
  9. Kalau ada gejala yang tidak biasa seperti AC kurang dingin lebih baik segera ke bengkel specialist ac mobil, agar tidak terlanjur rusak yang mengakibatkan biaya tinggi.
  10. Lakukan perawatan rutin AC. Sangat disarankan setahun sekali, yang perlu diganti Receiver Dryer, Oil Compressor, services Blower, Evaporator, kuras Condensor dan Freon. Perawatan rutin di samping memperpanjang fungsi Componen AC menjadi lebih lama, juga akan membuat udara segar yang berembus selalu segar.

 

Advertisements
%d bloggers like this: