Varian dan Tips Membeli Toyota Starlet

Hay para HOMOSEK alias Hobi Mobil Seken, bila anda serius berburu starlet, pelajari dulu secara teliti dan seksama, mulai dari harga, tipe, dan juga tip membelinya. Toyota Starlet yang beredar di indonesia hanya memiliki 2 varian mesin, yakni mesin 1E dan 2E, mesin 1E berkapasitas 1.000cc dan 2E berkapasitas 1.300cc.

Para pecinta starlet banyak yang merekomendasikan untuk memilih starlet yang berkode 2E, karena dari banyak pengalaman mesin 2E dinilai memiliki tenaga mesin yang cukup baik untuk menaklukan medan dalam kota maupun luar kota. Kemudian dari sisi fitur, starlet memiliki 2 varian pula, yakni SE dan SEG, varian SEG adalah varian termewah dan terlengkap.
Nah sebagai tambahan bagi yang suka kebut monggo pilih yang type GT turbo dari varian 2 E diatas, mobil ini harganya mang terkadang gak masuk akal dengan spek  engine: Toyota 2E-TE 12 valve Turbo Injeksi dengan Intercooler, 100bhp high and low boost with pivot turbo timer Power Steering Transmisi: Automatic 4 speed, bahan bakar : Pertamax or better.
Bila anda mau lebih dalam membahas starlet silakan kunjungi web berikut:
http://starlet2e.blogspot.com
Berikut beberapa tips membeli starlet bekas  dari Website yang khusus ngomongin Starlet di atas:

  1. Periksa latar belakang mobil tersebut. Hal ini tidak akan memberikan jaminan bahwa mobil tersebut OK untuk dibeli, namun bisa saja Anda mendapatkan informasi penting semisalnya; ternyata mobil tersebut sudah pernah mengalami tabrakan yang parah atau odometernya sudah pernah dirubah, cat sudah tidak orisinal lagi, atau mesin pernah diganti.
  2. Minta tolong rekan Anda yang lebih pandai dalam memilih mobil bekas. Sebaiknya anda ditemani oleh rekan anda yang memang benar-benar mengetahui seluk beluk mobil, mulai dari bodi dan mesin. Ini akan memudahkan anda untuk memutuskan apakah mobil starlet incaran anda patut dibeli atau tidak.
  3. Jangan pernah membeli mobil bekas tabrakan yang parah. Terutama yang terkena tabrakan frontal. Akan ada banyak masalah yang timbul belakangan akibat dari tabrakan parah tersebut. Cara yang paling mudah adalah buka kap mesin mobil, lihat tulang-tulang dibalik kap mesin, lihat tulang2 rangka dekat lampu utama, bila kondisinya tidak lurus atau banyak dempulan, dipastikan mobil pernah mengalami tabrakan yang lumayan parah, urungkan niat membeli mobil tersebut.
  4. Jangan langsung membeli mobil bekas saat Anda pertama kali melihatnya. Bersabarlah. Coba dulu mobil tersebut, biasanya masalah akan terdeteksi jika mobil dicoba di jalan terlebih dahulu.
  5. Jangan percaya langsung jika pemilik berkata bahwa mobil ini tangan pertama. Dan hanya dipakai di jalan tol saja. Kemungkinannya adalah mobil tersebut adalah bekas dari perusahaan rental. Pastikan semua surat-surat dalam kondisi lengkap, dan sesuai dengan nomer rangka dan nomer mesin yang terdapat pada kendaraan. Hati-hati mesin starlet sangat mudah di-swap/diganti, jadi pastikan nomer mesin sesuai dengan yang ada di BPKB.
  6. Jangan membeli mobil tersebut jika Anda masih merasa bimbang. Mesin starlet termasuk mesin yang memiliki suara halus saat dihidupkan, pastikan tidak ada suara-suara mencurigakan saat mesin hidup. Lihat apakah ada kebocoran oli di mesin, kemudian periksa kebelakang apabila bau gas pembuangan membuat perih dimata ada hal yang kurang beres dengan mesinnya. Kalau menurut Anda mesinnya agak berisik, transmisinya kurang halus, agak berkarat, dan sebagainya. Lebih baik Anda mencari mobil bekas lainnya.
  7. Jangan beli mobil yang mana Anda harus melakukan “sedikit” perbaikan, karena kenyataannya Anda harus melakukan perbaikan sana-sini tanpa henti-hentinya.
  8. Jangan membeli mobil yang bekas terkena banjir. Air dapat menyebakan mobil tersebut berkarat, kerusakan perangkat elektronik, kerusakan pada transmisi, dan sebagainya. Cara termudah melihat mobil apakah pernah terkena banjir adalah dengan mecium aroma interior bila berbau apek tidak sedap semacam bau karpet basah dipastikan mobil bekas terkena banjir. Indikator lain juga bisa dilihat pada lampu2 apakah terdapat kotoran lumpur masih tersisa disana.
  9. Jangan terlalu skeptis dan kasar terhadap penjual mobil tersebut. Walaupun kita kurang percaya kepada penjual mobil, namun banyak juga penjual mobil yang benar-benar jujur.
  10. Tetaplah berpendirian, namun jangan kasar, bersikaplah baik kepada mereka dan mereka pasti siap membantu Anda.
Advertisements
Advertisements

23 Comments

  1. pak bons yg GT hanya utk JDM klo ga salah
    eh itu yg digambar for sale loh
    udh mas bons tawar aja 40(mintanya 47) drpd ente beli cbr yg cuman sebuah motor(kepanasan+kehujanan+muat cuman 2org)

1 Trackback / Pingback

  1. 45 Juta Pilih si Bandel Muda Ceria atau Si Bandot Tua Jozz Starlet? | Bonsai Biker

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin