GL Pro Lawas, Si Bandel Nan Kencang | Bonsaibiker

GL Pro Lawas, Si Bandel Nan Kencang

Bagi yang sudah seumuran James Bons tetunya tak asing dengan mongtor ini, edisi mesin GL Series bermesin tegak dengan kapasitas 145 cc. Sedikit beda dengan adiknya yang Neo Tech yang berkapasitas 160 cc. Mongtor ini pada awalnya sekitar 1983 masih berpengapian getok alias platina, yang kalau ngadat digetok. Edisi yang paling diburu dengan pertimbangan paling bandel adalah edisi Black Engine seitar tahun 1993, sebelum Neo Tech keluar, kabarnya edisi ini mesinnya paling awet dan sudah mengpalikasi CDI. Perlu diketahui meski mesin ini hanya 145 cc namun kompressinya lebih tinggi dari yang Neo Tech, makanya jangan heran kalau kaki anda akan kesemutan bila gagal menyelah nih mongtor.
Di Jakarta mongtor ini banyak diburu untuk disalurkan ke daerah, haga Jakarta untuk tahun 1983-1992 sepkitar 2-3,5 juta, sementara untuk 1003-1995 awal sebelum terbit Neo Tech adalah berkisar antara 2,7-4 juta tergantung kondisi. James Bons pernah menyempatkan diri mewawancarai salah satu pemburu nih mongtor, katanya nih mongtor dikirim ke Aceh, dia mendaptkan dengan harga 2,5-3,5 juta, di Aceh meongtor ini masih manteng di kisaran 6-8 juta, wow mangstabf harganya. Biasanya motor ini dipool dulu hingga mencapai minimal 5 unit, baru si pemburu membawa sendiri nih mongtor ke Aceh dengan menggunakan mobil bak. Menurut dia orang Aceh justru suka motor ini pertama karena Bandel, lalu spare partnya melimpah di sana.
James Bons sendiri pernah malang melintang dengan Bang Mangsur Cihuy kakak kandung James Bons. Menyusuri jalur pantura Jakarta Madiun, lalu ke Malang, hingg ke Lapindo. Pernah juga ke Pacitan hingga tidur berdua diatas motor sampai-sampai mau jatuh dan diketawain banyak orang, lalu baru bangun. Pernah jugga motor kami Dinaiki 3 penumpang, di tengah membawa seorang tetangga yang sakit ingatan sehingga terpaksa bertika, menyusuri jalur selatan yang bergunung Magetan-Malang dan alhamdulillah nggak terjadi kendala yang tak kami harapkan padahal umur si motor udah 20 tahun lebih, pokoke bandel wis.
Bagi brader yang pernah punya pengalaman dengan nih mongtor monggo di share!

%d bloggers like this: