Ngeblog dan Komentar Butuh Kearifan

BonsaiBrader sekalian, ngeblog adalah ibarat belajar pendewasaan diri, belajar sabar, masuk akal, tenang saat dihujat, pandai melerai, cantik bermain kata, cermat dalam menganalisa, akurat dalam memainkan data, dan indah dalam beranalogi, itu apabila kita berandai-andai konotasi positif. Sementara bila kita berprasangka negatif ngeblog itu pandai membual, pinter ngeles, jago ngarang cerita, ngompor sampek hangus, bahkan lebih hebat lagi jualan sampek berbusa. Disinilah butuuh kearifan dalam ngeblog dimana ketika itu kita menghadapi orang banyak yang dtang dengan berbagai macam perbedaan latarbelakang, baik pemikiran, gaya hidup, pendidikan, lingkungan dan sebagainya. Lihat bonsai ini teduh, wibawa, damai dan penuh kearifan meskipun dia banyak mengalami kesengsaraan!

Demikian juga komentator, kalau kita semua punya niatan baik dalam berkomentar, monggo komentar sepedas apapun yang penting masuk akal, setajam apapun yang penting berdasarkan fakta, sekritis apapun yang penting tepat ketika benranalogi. Takperlulah kiranya mengatakan ini sudah dibahas, itu sudah dibahas, toh semua blog otomotif sama bahasannya tentang seputar mesin angkut ini. Tak perlu kiranya dikulik-kulik darimana asal si berita toh seorang blogger gentle selalu mencantumkan referensinya dibawah atau disela-sela tulisannya. Kalau nggak masuk akal bilang saja itu kabar yang nggak masuk akal toh pembaca yang menilai. Nah bila sampean punya niatan kurang baik silakan saja berkomentar tidak masuk akal, toh tetap DILARANG MELARANG, namun resikonya pasti tak akan mendapat respek dari orang lain. Kalau mau menghujat seseorang, baik itu blogger atau komentator, monggo saja tapi tanggung sendiri jikaau anda nanti tak dihargai orang. Komentar itu butuh kearifan, berbicara itu butuh pemikiran. Biasakan berfikirlah sebelum bicara sebelum anda dituntut berfikir keras akibat pembicaraan anda yang tak didasari pikiran! Pikirkan apakah kiranya yang akan anda katakan diterima atau ditolak mentah mentah oleh orang karena andahanya mengandalkan emosi belaka. Disinilah kearifan itu dibutuhkan sebagai pendewasaan diri ketika berhadapan dengan orang banyak yang dituntut untuk saling menghargai, menghormati dan mengerti. Lihat bonsai di atas teduh, wibawa, damai dan penuh kearifan meskipun dia banyak mengalami kesengsaraan!

Advertisements

65 Comments

  1. sip…/
    orang suka meliara bonsai=orang suka menyiksa tumbuhan
    pohonnya disuruh hidup tapi dipotongi terus,tanah gak boleh terlalu subur(diet ketat jadi tubuhnya kerdil), akar dipotong…pokoke mesakno…

  2. bang Bons, apa pendapat pribadi bang Bons, krn banyak bloger yg bilang bahwa bloger ga sama dengan media yg ga usah cover both story.

    Disini ane setuju hanya sebatas kl testimoni, contoh ane make legenda beberapa tahun terakhir, karena murah, spare part murah, n ane akui murahan, satu legenda dah ga bisa jalan, ane benerin di AHASS malah tambah rusak padahal abis ampir 1 juta. tp dia sgt berjasa di awal usaha ane.

    tp ketika ngomongin orang (bagi ane ATPM Perusahaan, juga seseorang/ kl bhs Bisnis Entitas/badan usaha). dlm prespektif agama ane (islam) ttp punya kewajiban tabayun (mencari penjelasan) ketika Ia ingin menyampaikan/menyebarkannya ke orang lain. Apalagi kl bisa merugikan pihak tersebut.

    • kalo jelek bilang jelek kalo bagus bilang bagus, tak perlu ragu sedikitpun toh kalau masuk akal semua orang akan tahu. Namun namanya kearifan adalah bagaimana cara kita menyampaikan sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain andaipun boleh jadi orang lain itu bersalah,nampaknya agamnya juga menghendaki seseorang berprilaku tidak menyakti ini. ……………..
      ุงุฌุชู†ุจูˆุง ูƒุซูŠุฑุง ู…ู† ุงู„ุธู† ุฅู† ุจุนุถ ุงู„ุธู† ุฅุซู… ูˆู„ุง ุชุฌุณุณูˆุง ……….. (Hai ornag yang beriman).. jauhilah prasangka, sesungguhnya sebagian (besar) prasangka itu dosa, jangan saling desas-desus, mengungjung, mencela …..dstrusnya.
      Adapun blogger dan ATPM itu adalah menyangkut tujuan masing-masng blogger ya minggo saja sesuai target masing-masing.

  3. sebenernya itu gambaran riil jiwa orang2 jepang…mereka berusaha bekerja keras dengan aturan2 yang ketat…persis layaknya bonsai pada foto tersebut….bonsai dibuat sedemikian rupa indahnya dengan banyak pengekangan dan pengorbanan…..emang tidak bisa disamakan dengan jiwa orang indonesia tentunya….karena telah menjadi sunatullah bahwa tuhan menciptakan manusia berbangsa-bangsa (dengan ciri khas tersendiri) agar saling kenal

  4. Untung nih jemuran dititipin jadi ane dapet lagi nih kanal berita berbobot seputar R2…nice artikel bro…very very nice….

  5. kl pendapat pribadi ane :
    jalan tengahnya bagi bloger n pabrikan (diwakili komentatornya tentunya) berikan hak jawab aja, sama seperti media, Bloger memberi kesempatan kpd ATPM atas tulisan yg mereka tulis, Ane yakin blogger akan senang hati menampilkan jawaban mereka. jd ATPM profesional sekalian. dan ga perlu pake black Campaign, walopun yg ane ini bkn BC yg terarah dn terkoodinir, hanya luapan emosi sesaat fansboy ato seles krn daganya dicela.

    ATPM juga harus gentle mengakui kl dia perwakilan dr atpm x, jgn pake samaran ato komentator bayaran yg kadang ga bisa memberikan citra yg baik, kl ga salah dl bro komeng/genesos, punya tab khusus ini, syg blognya dah ga keurus, krn kesibukan n keluarga.

  6. blogger pun terkadang status quo(minjem istilah orba)
    ga mau dikritik(yg terkadang didelete utk komentar yg membangun)

    blak2an aja lah….

    komentator pun terkadang byk yg usil dan bc dan nyampah ga jelas
    ……
    intine sami mawon

    itulah dunia(byk macamnya)

    sorry mas bons aq cuman ngetokne uneg2 wae
    bonsaine keren loh

    :mrgreen:

  7. wih……!!!! seamkin banyak comment semakin naik peringkat dong…..!!! Buktinya yg naik level up sekarang blog2 togel aja kalau dulu kan blog2 RD2 sekarang mana ada comment samapai 2000 dan 3000 mau 700comment juga susah…..!!!! Otok-otok….!!

  8. Semakin banyak yg comment semakin hangat warung…….!!!! Dan semakin tokcer….!!! maunyampah ke comment yg penting warung hangat pasar juga rame pasti banyak samapahnya bukan jadi wajar-wajar aja…….!!! Yg penting mah haneuteun weh.

  9. kulonuwun,
    sing ngelarang nulis blog niku sinten??
    sing ngelarang moco blog niku sinten??
    sing ngelarang nulis komen niku sinten??
    sing iso ngelarang yo provider komunikasi….
    (sinyal undlap undlup ora iso ngopo2)
    zwingggggghhhhh,..,,,……pancalminggir,,,,,,,……trusnontonbonsai.

  10. apik tenan mas juragan bons. Blogger dan komentator yg rusuh pasti akan selalu ada, tinggal perlu penyeimbang blogger teduh seperti sampean ini…
    nyuwun sewu new comer

  11. yg sy bingung np nda ada yg berpikir klo komentator juga bisa bermuka dua ? bisa jd double agent didepan dng ganas seperti membela tetapi sesungguhnya diam diam menjatuhkan ?

    bingung …

    blogg jd ky ksp kaskus….:)

Leave a Reply