Rondo Kempling Soluna/Limo Bekas Taksi! Murah Men! Kenapa Tidak? | Bonsaibiker

Rondo Kempling Soluna/Limo Bekas Taksi! Murah Men! Kenapa Tidak?

Hay para HOMOSEK alias Hobi Mobil Seken, atas usul kang Sbado Guparman aka SG soheb Keep Brotherhood Salam, James Bons hari ini mempersembahkan artikel tentang sedan bekas taksi. Kali ini yang dibahas adalah Toyota Soluna dan Toyota Vios/Limo yang biasanya dipakai armada oleh Blue Bird. Biasanya armada taksi Blue Bird ini akan diganti setelah berumur 4 atau 5 tahun, jadi mobil ini prkatis Rondo Kempling yang masih berusia muda. Untuk Soluna bisanya dijual kisaran 35-40 juta rupiah di lansiran tahun 2004/2005, sementar untuk model Vios/Limo dengan tahun yang sama ataau bahkan sedikit lebih muda dijual di kisaran 75-80 juta Rupiah. Harga itu sudah termasuk biaya pengecatan ulang sesuai permintaan pembeli dan biaya balik nama atas nama pembeli. Soluna dari Toyota adalah mobil yang usianya cukup muda, simpel dan sangat praktis. Mobil sedan ini sangat terjangkau harganya. Pun sangat bandel, jarang rewel dan perawatan bodi dan mesinnya juga tergolong sangat simpel.
Kelebihan
– Harga murah
– Sudah balik nama
– Tahun muda
– Kelas sedan lo, empuk suspensinya
– Bekas Blue Bird biasanya perawatannya prima
– Kabin masih wokeh peonya
Kekurangan
– Biasanya kaki-kaki sudah mulai kurang empuk
– Beberapa part pasti mulai aus dan manta ganti seperti laher, ball joint, full pump, dll karena mobil ini meski masih muda usia tapi pemakainnya nonstop.
– Harga jual turun
– Kurang bergengsi karena dipakai armada taksi
Beberapa tips membeli mobil ini dari http://suaramerdeka.com:

  1. Bagian esteriornya. Bodi bekas taksi tak lagi mulus, itu sudah pasti. Karena jarak tempuhnya sudah banyak karena dipakai tiap hari di jalanan. Tipe yang umun digunakan adalah tipe SLi, sementara di pasaran paling rendah adalah GLi.
  2. Lihat lampu utamanya, apakah sudah terlihat kusan reflektornya karena sering dipakai di malam hari.
  3. Perhatikan lekukan bodi mobilnya, apakah masih sempurna atau tidak. Kerapian cat mobil juga harus diperhatikan dengan teliti. Maklum, mobil bekas yang dijual biasanya sudah mengalami proses pengecatan ulang.
  4. Lihat juga nat (lekuk pada bodi) di pintu. Biasanya memang terlihat mulus catnya, tetapi lekukannya akan terlihat terlalu membulat, tidak melancip seperti aslinya. Ini mungkin karena dempul sebelumnya sempat diperbaiki.
  5. Perhatikan atapnya. Pastikan tidak ada dempul bekas lampu taksi yang dibor di tengah-tengahnya. Ketok-ketokkan dengan jari Anda, jika suaranya terdengar tidak nyaring pasti bagian ini sudah didempul untuk menutupi lubang bekas dudukan lampu dan jalur kabelnya.
  6. Cek juga bagian depan mobil yang mempertemukan besi dengan fiber, perhatikan apakah spakbornya sudah rapat ke kap mesinnya atau belum.
  7. Bagian interior. Perhatikan semua fitur yang ada di dalam interior apakah semua masih berfungsi dengan baik.
  8. Bagian mesin. Mesin mobil eks taksi sebelumnya bekerja begitu keras, karenanya perhatikan betul ada bagian ini, masih haluskah atau malah bersuara kasar. Perhatikan berbagai komponen mesinnya, pilih yang paling rapi dan berkondisi baik.
  9. Dan bagian terakhir yang penting diperhatikan adalah bagian kaki-kakinya. Taksi yang berjalan di jalanan sampai 12 jam tentu banyak sekali menemui hambatan, entah itu polisi tidur atau jalanan yang tidak rata dan berlubang yang membuat suspensinya harus bekerja ekstra keras.

Selamat berburu!!!!!!

Advertisements
%d bloggers like this: