Rajiv Bajaj: Honda Hanya Tukang Buat Skuter Saja

Brader sekalian, persaingan antar pabrikan motor di India dan di Indonesia nampaknya punya ciri khas masing-masing. Kalau di Indonesia antar pabrikan masih ada rasa sungkan untuk saling lempar bom molotof. Namun di India, bewwww langsung hajarrrr, profokasi adalah hal yang biasa terjadi nampaknya, dan itu merupakan salah satu trik dan strategi marketing yang berlaku di sana, layakanya kehidupan para blogger otomotif di Indonesia aja saling serang dan lempar bom molotof! Bajaj bahkan berani mengatakan kalau Honda di India hanya bisa membuat sebuah motor skuter belaka.
Marketing Director Bajaj Auto, Rajiv Bajaj mengatakan hampir 55 persen penjualan Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) lahir dari penjualan skuter. HMSI memiliki pangsa pasar 43 persen di segmen skuter otomatis dan menjual tiga model di kategori ini meski sebenarnya HMSI memiliki tujuh model lain namun hanya mampu berkontribusi sebesar 45 persen saja.

Kata Bajaj “there is a growing perception that Honda can make scooters only. Customers go to Honda for scooters and come to us for bikes. The perception is that Honda cannot make motorcycles and we should maintain that perception”. “Ada persepsi yang berkembang bahwa Honda hanya bisa membuat skuter saja. Pelanggan pergi ke Honda untuk membeli skuter dan datang ke kami untuk motor (sport). Persepsinya adalah bahwa Honda tidak dapat membuat motor (sport) dan kita harus mempertahankan persepsi itu,” kata kang Rajiv.
Wah hal seperti ini kalau diomongin di depan FBH tulen macem mbah Wir aka Dani Ramadian:

Bisa dikmplengi langsung layaknya Mercon Melandri yang dikamlengi Max Biaggi.

Bajaj sendiri sebetulnya memiliki sebuah skutik bernama Krystal yang penjualannya tidak begitu bagus. Karena itu, Bajaj pun mengatakan mereka tidak berencana untuk masuk kembali ke segmen tersebut. Nah disinyalir selorohan ini sebagai konten untuk mengambil tindakan tidak populer tapi justru menjadi populer karena memang Honda menguasai di segmen ini. Penjualan Bajaj sendiri selama April 2010 sampai Februari 2011 tercatat meningkat menjadi 2.194.522 unit. Naik 38 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya menapak angka 1.586.984 unit. Sedangkan HMSI menurut data SIAM melepas 600.000 motor di periode yang sama atau naik 53 persen dari periode sebelumnya.
Wahaha yang jadi pertanyaan apakah para TPM Indihe ini belajar dari para blogger otomotif Indonesi yang suka saling serang, ataukah sebaliknya, para blogger kita jadi terjajah aroma Indihe yang nggak pakek malu untuk berprofokasi ria??

sumber

detikOto

BSMotoring.

About these ads

About Bonsai Biker

Pecinta bonsai dan otomotif
This entry was posted in Bonsai bakal, Portal Otomotif, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

52 Responses to Rajiv Bajaj: Honda Hanya Tukang Buat Skuter Saja

  1. anddeep says:

    buang hajat di pagi hari

  2. gaplek mania says:

    wah.sampe segitu yakinnya.mungkin juga mas rajiv lupa dengan cb1000r,vfr1200 atau cbr250 dan 150,hi hi hi.
    siap2 kobongan dibawahku ini.ha ha ha

  3. Iksa says:

    Ha ha ha statement menarik …

  4. mahardika says:

    sumetke mercon sak karung san nggawe….

  5. propus says:

    para blogger kita jadi terjajah aroma Indihe yang nggak pakek malu untuk berprofokasi ria??
    —————————————————————
    nyoblos jawaban yg ini aja mbah 😀

  6. nick69 says:

    songong banget nih bajaj wkwkwkwkwk
    Kalo merasa sport sejati, turun di moto gp dong.
    Atau nyempil di moto2
    wkwkwkwkwkwk

    Bakaarrr!
    :mrgreen:

  7. Yang penting bajaj gak bikin bebek..xixixii..

    Honda ndak bisa bikin motor seprot?
    Hmmm…ndak tepat juga..liat tuh moge2nya yg 600cc ke atas keren loh..

    Tapi kalo bikin 250cc..yaah..emang gak becus sih..cuma 1 silinder aja..wkwkwkwk

    Kabooorrr

  8. Pino Kio says:

    xixixixciii….
    bajaj baru bisa bikin motor batangan murahan aja udah ngelunjak begitu.
    apa udah belajar sama YMKI jangan2……??

  9. dendy says:

    bajaj sengaja ngomong kaya gitu.. Coz mungkin penjualan hmsi sudah mengganggu bajaj.

  10. irfan says:

    iri tanda nggak mampu

  11. SEMAR says:

    cuma bisa bikin matic aja udah nomor satu kok….:)

    Keep Brotherhood & Keep Safety Riding

  12. halah..mbiyen mung gawe ojek roda 3 aja songong!! mana skuternya ngekor piagio lagi….nah sekarang baru bisa mencontek kawasaki aja tambah belagu………contoh tuh BMW….bisa bikin mobil juga kalem2 ajah…apalagi cuma bikin motor….(fans berat R27)

  13. sobek2 says:

    lho lha ya betul kisanak, ada benarnya, doi bilang khan honda india bukan honda aja hehehe
    Yg jelas Kalo honda indonesia cm bisa bikin cs1 dan tiger aja, yg lain mah kopi paste dan atau import dari thai xixixixi..

  14. j4na says:

    waaaaaah gila juga si rajiv ya…. kayak ane aja yang suka serang-serangan….
    pantasan si anu juga senengnya nyerang juga… la wong induknya gitu…
    maaf brader nyindir dikit…
    keepbrotherhood
    http://dewataspeedblog.wordpress.com/2011/04/05/cagiva-mito-500-kemana-ya-kok-ga-ada-info-lagi/

  15. snalpot99 says:

    vote for mbah wir.. Hidup mbah wir.. 😆

    jaka sembung ngasah golok 😀

  16. uDien d'kab 234 says:

    arah pembicaraan sebenarnya bermuara di paragraf akhir yang dicetak tebal …..

  17. bejo says:

    wekkk panasss

    mbangun image

  18. acha acha,
    Nehi nehi, merege hese cap jahe..
    Hahahah
    Nitip akh,
    Ada gravity terbaru nih,
    http://setiaonebudhi.wordpress.com/2011/04/05/gravity-cracked-v1-50-6702-ayoo-kita-nge-tweet/

  19. ken arok says:

    pemain skuter india emang dikit dan dikuasai honda dan tvs…/suzuki dan mahindra cuma jadi pelengkap

    untuk motor honda kalah jauh dibanding hero,bajaj dan tvs

  20. Tulus_Budi says:

    ya si rajiv khan ngomongin situasi di india?….. disono honda apa yg bagus?, cuman Dazzler ? mungkin klo CBR250 udah turun ya situasinya laen, tapi apa bener tulisan ini cuman buat balaz nyerang ‘seseorang’ ? peace lah bro….mau merk india ataupun ‘sticker’ jepun bikinan thailand, wong tukune pake duwite dhewe……

  21. jakatimur says:

    WEIITSSS JANGAN PANAS DULU MASBRO

    omong2 bukan sepenuhnya salah rajiv bro. lihat baik2 kata rajiv. -THERE IS A GROWING PERCEPTION- ada persepsi yang sedang berkembang. jadi gak murni pendapat si rajiv. bisa jadi persepsi ini dari orang2 sekitar rajiv, mungkin neneknya rajiv suka skutik retro honda trus istrinya suka pake honda beat, trus anaknya naik honda blade. makanya persepsi yang didapat seperti itu.

    walaupun menurut saya ini hanyalah persepsi yang salah besar. ibaratnya orang buta warna yang hanya melihat warna tertentu namun menutup mata terhadap warna yang lain.

  22. Safety Rider says:

    Kliatanya para pemain lokal India dah mulai gerah dengan tingkah laku HMSI, yg jor-joran ngluarin produk baru di segmen sport, baru lepas Dazzler, muncul cbr 250 cepet banget. ini semua setelah settle lepas dg Hero.
    ane yakin buat nembus 3 besar ga butuh waktu lama.

  23. kunchen says:

    Yah setidaknya rajiv ngomong gitu bukan tanpa alasan,emangnya kita tahu pasar sana kaya gimana,yg jelas berbeda lah sama di sini ataupun di luar india.

  24. kangmase says:

    saling serang mah gakpapa, yang penting semua pada kontek penyerangan bukan secara pribadi, palagi nyerang fisik, janganlaH!

    http://kangmase.wordpress.com/2011/04/05/beli-motor-bekas-atau-tarikan-dealer/

  25. davied says:

    klo gak salah itu pernyataan untuk honda di india,yang dominan penjualannya adalah skutik..

  26. LekSam says:

    para blogger kita jadi terjajah aroma Indihe yang nggak pakek malu untuk berprofokasi ria??

    =======

    ah ini kan asumsi sampeyan aja Bons…. 😀
    saya tidak mendengar kalau blogger kita saling profokasi… nek idealisme tanpa ideologi menurut ku IYA…!!!

  27. maRio says:

    wkwkwk….
    honda tinggal bilang, ah bajaj bisanya bikin motor batangan itupun g pernah masuk motoGP xixixi

  28. uDien d'kab 234 says:

    sebenarnya honda gak usah kepancing ….
    kalau bajaj lempar molotov, honda tinggal lempar senyum sajah lah …
    ntar mereka malu sendiri ……..

  29. Byson says:

    Dasar India, banyak omong.. gak dimana2

  30. Joko says:

    Inden skutik Honda di India bisa sampai 10 bulan lho, padahal penduduk bumi lebih banyak wanita. Harusnya Bajaj juga masuk segmen ini.

    • Bonsai Biker says:

      ————————————————-
      Bajaj sendiri sebetulnya memiliki sebuah skutik bernama Krystal yang penjualannya tidak begitu bagus. Karena itu, Bajaj pun mengatakan mereka tidak berencana untuk masuk kembali ke segmen tersebut. Nah disinyalir selorohan ini sebagai konten untuk mengambil tindakan tidak populer tapi justru menjadi populer karena memang Honda menguasai di segmen ini.
      ————————————-
      cuman kurang moncer

  31. Joko says:

    Dan kalau bicara batangan, lihat saja situs HMSI, jauh lebih komplit drpd AHM. Justru sekarang di sana mulai muncul opini, mau murah Bajaj, mau kualitas Honda. Bajaj memang harus khawatir melihat pertumbuhan Honda.

  32. Joko says:

    @ Bonsai
    Maksudnya masuk lagi, kegagalan kan kesuksesan yg tertunda. Yamaha juga gagal utk matic pertama mereka. (nouvo)

  33. Pingback: CBR 250 Hama Bagi Ninja 250, Lalu Bajaj Dan Kawasaki Cipatakan P 250 Si Pembsmi Hama « Bonsai Biker

Leave a Reply

Your email address will not be published.