Rajiv Bajaj: Honda Hanya Tukang Buat Skuter Saja | Bonsaibiker

Rajiv Bajaj: Honda Hanya Tukang Buat Skuter Saja

Brader sekalian, persaingan antar pabrikan motor di India dan di Indonesia nampaknya punya ciri khas masing-masing. Kalau di Indonesia antar pabrikan masih ada rasa sungkan untuk saling lempar bom molotof. Namun di India, bewwww langsung hajarrrr, profokasi adalah hal yang biasa terjadi nampaknya, dan itu merupakan salah satu trik dan strategi marketing yang berlaku di sana, layakanya kehidupan para blogger otomotif di Indonesia aja saling serang dan lempar bom molotof! Bajaj bahkan berani mengatakan kalau Honda di India hanya bisa membuat sebuah motor skuter belaka.
Marketing Director Bajaj Auto, Rajiv Bajaj mengatakan hampir 55 persen penjualan Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) lahir dari penjualan skuter. HMSI memiliki pangsa pasar 43 persen di segmen skuter otomatis dan menjual tiga model di kategori ini meski sebenarnya HMSI memiliki tujuh model lain namun hanya mampu berkontribusi sebesar 45 persen saja.

Kata Bajaj “there is a growing perception that Honda can make scooters only. Customers go to Honda for scooters and come to us for bikes. The perception is that Honda cannot make motorcycles and we should maintain that perception”. “Ada persepsi yang berkembang bahwa Honda hanya bisa membuat skuter saja. Pelanggan pergi ke Honda untuk membeli skuter dan datang ke kami untuk motor (sport). Persepsinya adalah bahwa Honda tidak dapat membuat motor (sport) dan kita harus mempertahankan persepsi itu,” kata kang Rajiv.
Wah hal seperti ini kalau diomongin di depan FBH tulen macem mbah Wir aka Dani Ramadian:

Bisa dikmplengi langsung layaknya Mercon Melandri yang dikamlengi Max Biaggi.

Bajaj sendiri sebetulnya memiliki sebuah skutik bernama Krystal yang penjualannya tidak begitu bagus. Karena itu, Bajaj pun mengatakan mereka tidak berencana untuk masuk kembali ke segmen tersebut. Nah disinyalir selorohan ini sebagai konten untuk mengambil tindakan tidak populer tapi justru menjadi populer karena memang Honda menguasai di segmen ini. Penjualan Bajaj sendiri selama April 2010 sampai Februari 2011 tercatat meningkat menjadi 2.194.522 unit. Naik 38 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya menapak angka 1.586.984 unit. Sedangkan HMSI menurut data SIAM melepas 600.000 motor di periode yang sama atau naik 53 persen dari periode sebelumnya.
Wahaha yang jadi pertanyaan apakah para TPM Indihe ini belajar dari para blogger otomotif Indonesi yang suka saling serang, ataukah sebaliknya, para blogger kita jadi terjajah aroma Indihe yang nggak pakek malu untuk berprofokasi ria??

sumber

detikOto

BSMotoring.

Advertisements
%d bloggers like this: