CBR 250 Hama Bagi Ninja 250, Lalu Bajaj Dan Kawasaki Cipatakan P 250 Si Pembsmi Hama

Brader sekalian, ibarat orang buta meraba gajah baru kena buntutnya maka dia bilang gajah itu seperti kecil panjang seperti pisang, lalu bila kena perutnya gajah maka sibuta bilang bahwa bajah itu bulet besar kaya perutnya Terong, dan seterusnya hingga smpai meraba keseluruhan baru tahu kalau gajah itu seperti apa. Disitulah uniknya blog bebas berwacana dan menerka, kalau banyak yang suka ya banyak pengunjungnya, kalau banyaak yang tak suka ya dijamin banyak pula pencacinya.

Kali ini James Bons yang buta marketing ini hanya mencoba meraba seperti apa buntut gajah marketing itu.

Seperti postingan kemarin bahwa Bajaj Auto, raksasa sepeda motor nomor dua terbesar di India, mengaku akan memunculkan generasi terbaru model Pulsar 250 pada akhir tahun 2011. Ini memang sebuah kejutan besar bagi dunia otomotif seperempat liter. Terutama bagi penggemar otomotif tanah air yang memang menjadi salah satu sasaran penjualan Bajaj ini.

Fakta yang menarik adalah pertama bahwa kelas 250 cc ini di berbagai negara telah lama diduduki Ninja 250, lalu belakangan datang CBR 250 bagaikan hama yang menggerogoti ketenaran Ninja 250, dan mengulingkan kekuasaan Ninja 250. Fakta yang menarik kedua adalah pabrikan Honda merupakan sebuah halangan besar bagi Bajaj India untuk merajai pasaran roda 2 India, sehingga Bajaj harus mati-matian menggempur Honda. baik dari berbagai lini, termasuk sektor marketing dengan perang secara terbuka seperti arikel kemarin Bajaj mengatakan Bahwa Honda hanyalah tukang buat sekuter belaka. Fakta menarik ke tiga adalah bahwa  Bajaj mengambil tehnologi dari Kawasaki, dalam artian bahwa Bajaj memang bekerjasama dengan Kawasaki.

Brader sekalian secara kasat mata Bajaj dan kawasaki di India mempunyai musuh bersama yaitu Honda. Maka dengan demikian boleh jadi Bajaj dan Kawasaki bekerjasama untuk membuat sebuah motor seperempat liter untuk menyerang Honda di kelas 250 cc ini dengan membuat hasil research bersama untuk membasmi hama yang bernama CBR 250 yang menggerogoti Ninja 250. Ya bila Bajaj dibantu Kawasaki membuat P 250 singgel silinder yang secara power dan speed bisa melebihi CBR 250 dan secara harga juh di bawah CBR 250 yakin jadilah si P 250 sebagai pembasmi hama. Apakah tak terjadi senjata makan tuan alias P 250 malah membunuh Ninja 250? Ya itu tentu ada celah untuk mengatur irama bisnis, karena dalam bisnis tidak ada yang tak mungkin.

Monggo di share nggak usah sungkan untuk berpendapat!

Advertisements
Advertisements

80 Comments

  1. hm…setuja ama rabaan artikel ny om bons, dan ane tambahin dikit tebakan nya…bahwa bajaj akan sangat mudah mengeluarkan 250cc krn bajaj terkonsentrasi ama mongtor batangan, semua dana utk riset terfokus ke mongtor batangan…dan sperti ny bakalan single cylinder utk bener bener face to face ama cbr250 yah dengan harga yg MENGGIGIT + meng-SPECIAL kan ninja250…mksd nya gni bagi masyarakan yg kepincut punya 1/4 liter mongtor (250cc) dengan tenaga mantab atao bagi yg ngiler ama cbr tpi gak kesampaian coz harga nya yg gak bersahabat maka dapat melirik bajaj250 ini…nah bagi ninja250 menjadi SPECIAL karena dengan harga yg ditempel tipis cbr250 versi abs, menjadi pilihan pas bagi yg ingin merasakan raungan twin cylinder+performa mesin twin cylinder…sehingga market share mereka (bajaj dan kawasaki) gak saling mengganggu, tetapi malah mengkeroyok honda dalam hal ini cbr250…lagi pula posisi harga bajaj tergolong menggiurkan, liat aja pas brojol 220c msih jg dikasi harga miringgg, bisa di tebak kan klo yg 250cc nongol…
    xixixixi lanjooot…

    • kl di india ga ditempel tipis bro yg abs 32 juta vs 52 juta ninja non aabs non digital speedo dll. kl cbr non abs ga sampe 30jt.

      jd ane kira ga tepat, mlah lbh tepat digeser ke bawah, drpada beli ninja 52 juta mending beli cbr 32 jt dah dapet cbs tarikan awal maknyos, ingat kondisi lalin disana jg mirip indonesia, cm beti ma bajaj (yg perkiraan 25jt) dah dapet brand yg ikut moto gp.

      ttp ane liat kemu ngkinannya kans cbr 250 paling besar, ingat ninja bth waktu 1 tahun tuk jual 1000motor, n cbr indenya aja dah 2500, makanya bajaj hero n kawasaki pada panic disana,

      • hem…itu kondisi di india mas bro, nah skrg bajaj melotot melihat market Indonesia, lihat sndiri kan rentang harga motor bajaj bahkan yg 220cc yg baru brojol lebih murah ketimbang NMP? betul ora? nah sekarang bajaj berkeinginan mbrojolin yg 250cc dan klo di masukin ke mari tujuan nya ya itu bagi masyarakat di Indonesia yg gak kesampaian punya CBR250 krn harga 40jutaan bisa melirik bajaj250 ini (soal harga udah pasti miring)…
        ingat disini AHM maen CBU utk motor batangan honda, kecuali seri pendahulu sperti GL series, megapro dan tiger itu rakitan sini, beda ama india gak jalan itu bisnis motor klo masuk CBU coz masyarakat india sensitif soal harga…maka ny jangan heran di india CBR250 30 jutaan, sedang di Indonesia 40jutaan…singkat kata ny gini di india kawasaki boleh jadi modyaaar dengan datang ny CBR250 dengan harga yg jauh beda, tpi di Indonesia bajaj yg akan merecoki honda dengan bajaj250nya (secara kawasaki kerjsama ny dengan bajaj di india), dan juga akan merecoki CBR250 di india secara orang india mencintai produk lokal mereka dan dapat dipastikan laku keras…
        note:
        klo di Indonesia bajaj hanya kurang di 3S nya dan sparepart yg susah didapat…tpi klo di india ya sudah pasti berlimpah 3S dan sparepartnya wong negeri sndiri penghasil bajaj…

      • yup itu benar market india, tp pernyataan nt bisa dijawab dr dua sisi :
        yang pertama sebenarnya kl klaim orang India mencintai produk lokalnya ga sepenuhnya benar:
        kita lihat dari sejarah di india itu dikenal dengan swadaya pemerinthaannya. sejak era mahatma gandhi mrk melarang investasi asing langsung di sektor strategis, hrs bekerjasama dg pihak lokal oleh karena itu Honda mengajak Hero sehingga jadilah hero Honda, bajaj dg Piagio (awalnya cm produksi vespa) hingga kemunculan pulsar yg kerjasama dg tokyo RnD. hal ini dilakukan mrk utk mejaga produk lokal ttp kompetitif.

        Hero Honda no 1 di India = Astra honda di indonesia apakah itu berarti orang Indonesia cinta dlm produk dlm negri? lihat deh film-film bollywood, mrk bangga pake HP nokia mobil lamborghini n baju polo. bknkah dl Astra sempat pingin monas ketika perbandingan sahamnya masih sama dg Hero (70 : 30).

        sekarang dg ratifikasi india dg WTO maka investasi langsung asing boleh (dan mereka melihat industri lokal sdh ckp kuat). muncullah HMSI suzuki dan Yamaha India, persis dg YMKI.

      • Sisi kedua adalah 250cc bajaj murah yup, ckd kliatanya masih cbu, mesin baru durability masih dipertanyakan (cbr jg mesin baru).
        sekali lagi lihat sejarah, mimin jauh lebih murah walau banyak isu, thunder 250 murah tp sekali lagi gagal menjungkalkan tiger padahal harganya beti.
        dan yg perlu diinget seperti yg diungkapkan oleh mind genesis jurs honda sekarang adalah, Harimau putih di Depan naga hijau dibelakang” posisi CBR 250 adalah sebagai flagship honda kebanggaan FBH, mungkin bajaj bisa membuat motor 250 cc yg murah tp ane ga yakin akan ckp murah hingga tembus level 25 juta. (liat deh price tag bajaj 135 yg beti dengan 180 n 220). teknologi baru harga baru. klpun bisa tembus harga itu, AHM masih punya Naga Hijau cbr 150. nah silakan diadu pilih bajaj dg brand dan 3s yg masih tanda tanya ato cbr 150 yg part aftermarketnya bejibun n brand moto gp yg lg hot di lintasan.
        demikian jg di India HMSI sengaja mengeluarkan cbr 250 terlebih dahulu, menunggu reaksi dr Bajaj, Hero n TVS, kemudian dihajar dg si naga hijau cbr 150 harga 20-22juta.
        that the Honda strategy.

  2. modelnya juga dibikin lebih indah, CBR aja biarpun agak kopong look tapi tetep aura vfr-nya bikin eksotis. dan harga menyesuaikan kekuatan 3snya…..tapi soal harga kayanya P200) dah buktiin dink

  3. Di India, walaupun batangan, yang paling laku tetap kelas 100cc. Jadi utk kelas 250cc, tetap agak susah kalau cuma mengandalkan harga. Jadi kalau cuma pulsar yg dibikin 250cc, seperti kucing disuruh menangkap werok (hama), malah kucingnya yang mundur. Paling nggak pakai duke 250cc baru manjur.

  4. kulonuwun,
    kalok dilihat secara indihe gitchu, dimana hargane n250terlampo jaoh diatas cbr250. jadi sah2 aja kalok kawaskaki resah c250 menggerogoti n250. trus ternyata bajai ngerisetnya alon2 masrob (180,200,220 lhabaru kongsian ama kawaskaki untuk bertelor 250). dimangsutkan kayak analisa penunggu bonsai, kalok dengan harga bajai tapi teknologi + desain kawaskaki, mereka dapat melumpuhkan hama hondo.
    (sekedar menilai, yenkelirumbokbbbbbeeennnn :mrgreen: )
    zwinggggghhhhhhhh …. ….. acha.acha….

  5. koalisi menggempur honda . . .
    kalau hanya berbasis pulsar rasanya berat untuk menggulingkan cbr250 , karena secara design pulsar kalah jauh cbr yang murmer vfr1200.
    ane yakin basis yang dipake ktm duke yang totaly fresh dan penyegaran bagi model pulsar yang gitu-gitu aja . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  6. artikel yang menarik,,
    saia berharap c,,
    cbr 150 ma p250 jgn lama2 lah masuk indo nya..
    jangan sampe akhir taon,, kelamaan..
    keburu 2012 lho.. kiamat.. xixi..
    dah awal bulan depan aja d pada launching..
    dah bisa di pesan,, dengan harga yang murah meriah,,
    kualitas OK..!! hehe.. piss.. cm berharap aje..
    moga2 jadi kenyataan..

  7. ane tetep ga yakin harga bajaj 250 fairing yah (bukan pulsar series) bisa tembus 25jt apalagi di Indonesia.
    mari kita lihat price tag pulsar 135 (15 jt) bandingkan dg 180(16jt) cc beda jauh harga beda tipis. hal ini krn pada bajan 135 menggunakan teknologi baru 4 klep. teknologi baru harga baru, demikian jg dg bajaj yg 250 gosipnya sohc 4katup, teknologi baru, cc besar, target penjualan sedikit, harga akan jauh naik… itu blm kl bener monoshock n full fairing. n yakin bakal cbu.

    • hehehe…maaf ane balas ny dsini gak di atas…
      ane sanksi yaaa AHM masukin CBR150 rentang harga 20-22juta sebagai naga hijau nya…xixixixi, loh kenapa ane pede dengan pernyataan sanksi ini..? dulu ketika hot hot nya artikel TPT CBR150 ane tes dengan menebar virus harga pantas CBR150, harga ny 25 juta aja ternyataaa..? singkat kata bnyak yg bilang harga nya bakal di 27-30juta…soo jauh dr pernyataan bro naga hijau CBR150 berada di 20-22juta…apa lgi ketika TPT aja itu CBR150 status ny bukan produksi alias CBU alamat harga gak mungkin 20-22juta (klo CKD pun status ny tetep produksi)…
      sebalik nya, ane positif yakin ama bajaj yg bakal menelorkan bajaj250 di rentang harga jauuuh lebih miring di bawah CBR250, loh kenapa? seperti artikel om bons sebelum ny ttg pernyataan rajiv bajaj jadi bajaj memaintenance image diri bajaj sebagai pabrikan mongtor batangan bervalue bersahabat dengan banyak kalangan…dan bicara soal kualitas mesin bajaj udah terbukti banyak yg puas, bajaj ini hanya kalah di 3S nya…tapi, hanya menuggu waktu saja bagi bajaj utk menebar 3S nya, kan yg dilawan bajaj dalam hal ini honda merupakan pabrikan bangkotan yg udah puluhan tahun jualan di mari…
      xixixixixi…nanggepin komntar ane jgn panasan ya…lanjooooot

      • Kl seri pulsar jauh lebih miring ane percaya tp kl seri baru yg full fairing ane sangsi bisa dibawah 25 juta. Di Indonesia. coba deh cermati tulisan ane, mana yg di India mana yg Buat Indonesia.

      • loh kan kita berbicara situasi di Indonesia gan..?
        nah yg ane maksud juga bajaj tergiur dgn market Indonesia karena tau AHM CBU harga tinggi…jdi nyambung am artikel ny om bons bahwa cipatakan-p-250-si-pembsmi-hama itu lah yg ane maksud…karena apa, trnyata bnyak konsumen di Indonesia yg gak kesampaian beli CBR250 alias ngiler, dan bajaj punya celah itu di sini yakni terkenal dengan harga yg bersahabat…terlepas pake full fairing ato gak, ataupun model naked 250cc tentunya akan menggiurkan banyak orang…dan ane cermati tulisan bro, tpi bro yg gak cermati tulisan ane dari awal ane bahas pangsa pasar Indonesia + peluang bagi bajaj di mari…hehehe…

      • Yoi, ane ngerti Bro, tp nt jg nyrempet-nyrempet indihe, dan krn Bajaj masih baru n kecil di Indonesia dia masih sgt butuh susu dari Induknya. penjelasannya jd terlalu panjang lebar, kl 250 cc n ga full fairing, paling nasibnya ky thunder. walu itu case 5 thn yg lalu.

        dan ane yakin jg AHM dah ada persiapan naga Hijau tuk sport naked, sang macan ga mungkin ditinggal pergi.

  8. Pembasmi hama semakin mahal…dulu perbotol 500ml hrganya 90rb..skrang sudah 120rb…
    nasib petani ….
    hiks…

  9. klo mau bikin 250 model nya eropa,mesinnya jepang(ninja),harganya india . 30 jt
    Pasti yg lain pada stress ..

  10. jangan lupa bajaj juga punya patner pabrikn eropa yg sudah lama malang melintang di dunia motor sport yaitu inul eh salah ktm maksudnya xixixi

  11. caranya supaya ga memakan ninja ya dengan membuat segmen lain, semisalnya bajaj buat aja tampang naked dengan mesi twin… so pasti nggak bentrokan…

  12. Yang pasti bakal keren model P250, sayang gw da punya P200…pasti bakalan mantaplah P250 kalo ada..

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Renungan Malam: Debat Ternyata Bisa Lo Dengan Sopan! « Bonsai Biker
  2. Renungan Malam: Debat Ternyata Bisa Lo Dengan Sopan! « Bonsai Biker

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin