Blog Itu Ada Yang Informatif, Variatif, Analitif, dan Profokatif

Brader sekalian, dunia blogger memang unik, diamana antara blogger dan pembbacanya langsung bisa berinteraksi, dalam hitungan detik, dan tak harus bilangan jam seperti media TV (kecuali siaran langsung) atau bilangan hari seperti media cetak. Uniknya lagi bahwa dalam dunia blogger kita bebas berwacana, sementara tabloit sekedar memaparkan data, tak boleh berwacana atau mengkira-kira. Di sinilah letak perbedaan yang begitu besar. Ya, blog Itu ada yang informatif, variatif, analitif, dan profokatif.

Dalam dunia blog itu sendiri juga bermacam-macam karakter tulisan tergantung bloggernya. Ada yang banyak artikelnya besrifat informatif, biasanya blogger ini cenderung memaparkan apa adanya tentang sebuah informasi, baik dia memperoleh langsung dari sumber, mengutip dari media lain atau bahkan mencopy dari blog lain baik yang satu bahasa maupun tidak. Karakter blogger model ini biasanya cepat sekali membangun link untuk mendapatkan informasi sehingga artikelnya selalu up to date.

Ada lagi blogger analitif, dimana dia sering dan bahkan selalu menganalisa terhadap suatu informasi, memberi pertimbangan, lalu diberi prediksi tentang efek sebuah informasi, baik dalam efek kedepan yang baik ataupun buruk. Mengkomparasi adalah salah satu hobi dari blogger modelini. Tak jarang blogger ini mengkait-kaitkan dengan sebuah teori yang suda ada demi memperkuat analisanya. Namanya blogger memang ada yang pisau analisanya tajem seperti silet, sehingga masuk akal dan boleh jadi terbukti di lapangan, dan ada juga yang kurang tajem karena kurang rajin mengasah pisau. Bak orang buta meraba Gajah sehingga kalau kena kupingnya katanya gajah itu seperti Ninja 250 karena berfairing, dan kalau kena belalainya gajah itu dibilang mirip motor bebek yang lehernya melengkung. Namun apapun itu tetaplah menjadi hal yang menarik sebab bagaimanapun itu sebuah blog meruppakan hasil karya sesorang yang butuh sebuah usaha keras.

Ada lagi model blog profokatif, biasanya blogger tipe ini sering membuat opini untuk menggiring pembaca pada suatu wacana yang diyakini benar oleh bloggernya. Ingat profokatif tak selamanya salah. Brader blogger yang memprofokasi melakukan sfety riding adalah tindakan yang harus didukung, mengkritisi ATPM bila melakukan hal yang merugikan konsumen termasuk juga hal yang tak bisa dispelekan. Demikian pula menggiring pembaca untuk memilih merek tertentu juga profokatif, dan itu juga belum tentu jelek karena boleh jadi memang Brand dan mutunya bagus.

Ada juga tipe blogger yang variatif, dalam artian kadang dia memberi informasi, kadang memprofokasi, dan kadang dia menganalisa.  Namun biasanya seorang blogger pasti ada yang memilih menjadi salah satu dari tipikal di atas, meski semua blogger informatif, tapi bagi yang analitif, mungkin prosentasi informasinya lebih sedikit daripada analisanya, dia membiarkan orang lain memberi informasi, sementara dia menganalisa dampaknya. Bligger profokatif dia membiarkan informasi disampaikan  blogger lain, membiarkan dianalisa bligger lain, kemudian dia membuat analisa terakhir dan melakukan profokasinya.

Ketika James Bons membaca artikel berbahas Melayu ada yang sangat tajam membedakan blogger ini dari http://puadede.com yaitu :

1. Blogger yang over expose.

2. Blogger ingusan.

3. Blogger mata duitan.

4. Blogger klon.

Namun nampaknya ini hanya berdasarkan suuzon belaka, yang memandang blogger dari sisi negatif. Terlalu!

Lalu James Bons masuk mana? Haha maaf kalau mengecewakan para brader sekalian karena James Bons hanyalah blogger GENDENGATIF yang Gendeng.

Wal akhir mana yang baik dan lebih baik? Ya tergantung tipikal pembaca dan habi pembaca juga pada akhirnya.

Advertisements

49 Comments

  1. Huhahahahaha…ada blogger mata duitan yaaa…

    Ane tambahin satu lagi boleh?

    Blogger Ternak: blogger yang gemar menjilat pihak2 tertentu demi kepentingan pribadi..tak kenal malu memanfaatkan blogger lain..biasanya blogger macam ini mengaku independen, namun nyentil pihak atpm gak berani..ditambah lagi isi tulisannya ibarat nasi goreng tanpa kecap dan garam..hambarrrrrr..

    Hihihihihi

  2. jadi inget blognya E.S.D jaman dulu yang rame dan sangat provokatif dahulu,,tulisannya kebanyakan pro yamaha,,terutama jupi mx 😀

    trus baru2 ini ada juga nih blogger kemarin sore yang keliatan bgt benci ama rossi gara2 rossi hengkang ke ducati,,,:D

  3. blog edukatif = menyebarkan ilmu & mendidik pembacanya
    blog motivatif = mengajak pembacanya untuk selalu optimis & berbuat yang lebih baik dalam menjalani hidup
    blog destruktif = mengajak pembacanya untuk belok dari jalan yang lurus, dosa tdk hanya untuk diri sendiri tp jg berusaha untuk menyebarkan ke pembacanya

Leave a Reply