Tips Merawat Knalpot Tiger Biar Tidak Menjadi Leher Kuning

Mempunyai motor sport alias batangan tentu jadi kebanggaan, kekar, maco dan gaya. Namun http://2brk.files.wordpress.com/2010/11/cs1.jpg?resize=252%2C189semua akan terasa kurang bahkan ternoda bila motor anda ternyata leher knalpotnya menguning alias karatan. Untuk motor bebek mungkin ini tak terlalu bermasalah karena mesinnya ndlosor di bawah sehingga letak leher knalpotnya nya dibawah dan tak terlalu terlihat serta tak mengganggu pemandangan. Nah untuk motor sport Macem Tiger yang mesinnya tegak, tentu akan sangat bermsalah, karena bila terlihat kuning karatan dan kusam tentu akan sangat terlihat dan mengganggu pemandangan. Bahkan ad yang menutupinya dengan menggunakan fairing atau sayap, katanya sih biar keren, padahal sebetulnya hanya untuk menutupi lehernya aja yang kuning. Heheh ngece kiiii.

Untuk merawat knalpot ini agar tak gampang kusam sebetulnya gampang, bersihkanlah leher knalpot ini setiap hari, lap debu atau kotoran yang menempel hingga bersih, kalau perlu pakai air dan lap hingga kering, lebih-lebih lagi kalau kehujanan atau kena lumpur harus dibersihkan sampai bersih total,  dijamin leher knalpot anda akan awet dan tidak kuning. Lihat Tigor James Bons yang sudah berumur 4 tahun leher knalpotnya masih hitam legam. Kotoran atau air yang nempel di leher knalpot inilah penyebab cepatnya terjadi korosi.

Bila leher knalpot Tiger anda terlanjur kuning, maka nyalakan motor anda hingga knalpot panas lalu matikan hingga agak dingin, kemudian oleskanlah oli ke leher kenalpot anda, dan nyalakan mesin hingga oli mengering, maka secara perlahan warna kuning di knalpot anda perlahan akan hilang atau sedikit demi sedikit mengelupas, kalau perlu lakukan ini berulang ulang. Monggo selamat mencoba!

Advertisements

42 Comments

  1. setuju ama om bons, olesi olie bekas…tpi leher kuning jg bs menjadi indikator atas mesin, sangat berguna utk orang yg cari motor bekas alias second…coz ane ketika temenin teman cari motor second salah satu indikator nya ya ini leher knalpot kuning xixixixi…klo leher knalpot kuning jd pertanda bahwa pemilik trdahulu sering geber motor nya, coz sebenernya yg buat knalpot menguning itu akibat didera suhu ekstrem trutama saat sering dipake ngebuuut…silahkan beda in sndiri ama motor yg dipake adem ayem atao pelan pelan saja…leher knalpot motor yg dibawa dgn adem ayem biasa ny gak kuning parah…
    note:
    coz klo mo cek dr suara mesin yg kasar ato gak rada susah, biasa ny mereka akali dengan masukin irisan irisan pisang ke dalam bak olie…sehingga suara mesin adem ayem yg padahal asli nya dah berantakan…nah dgn indikator leher knalpot yg apakah udah menguning parah atao gak dapat terbaca riwayat nih motor sering digeber ekstrem atao gak, secara logika klo sering di geber ekstrem bs jadi udah parah mesin ny (bnyak part dalaman yg aus)…tpi klo gak trlalu kuning bs jadi pemilik trdahulu make ny pelan pelan saja, jadi otomatis mesin msih bagus…

  2. tambah tipsnya gan,klo masih baru/kinyiz2,leher knalpot-klo bisa semuanya- diolesin semir bwat ban misalnya KIT BLACK MAGIC,dijamin mengkilat kayak berminyak,tapi gak luntur,ane pake cara ini,dah 5 bulan lher knalpot nmp ane masih kayak knalpot baru
    SALAM KARET BUNDAR™

  3. Lek knalpot tiger revoku sing wis kuning tak kerik gae obeng minus, tadaaaaa…..hitam kembali hihihi…tp ya itu harus sabar n telaten ngeriknya…

  4. @mr Bonsai feat ekstraordinary

    untuk kenalpot ber-chrome macam GL mungkin ini adalah tipsnya :
    – Jangan bairkan motor anda dipanasi terlalu lama saat mau jalan, karena saat engine nyala, tapi motor diam, panas dikenalpot akan terus naik tanpa pendinginan, lha kalo jalan akan ada pendinginan, jadinya kenalpot gak akan everheat.
    Repot kalo anda hidup di Jkt dst, coz banyak macetnya, makanya kenalpot dimarih lebih cepat menguning.

    (Lagian ngapain manasin motor lama2, gak ada manfaat. Malah pembuangan energi, banyak emisi, setengah menit nyala aja, suhu mesin motor anda sudah dalam kondisi ideal, lagian kalo motor2 bermesin tegak, di bagian atas ada bak oli, jadi pelumasan gak perlu terlalu lama untuk menunggu oli dipompa naik)

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan