Bila CBR 150 Betul CBU, Vixion Aman. Apa Mau Honda? | Bonsaibiker

Bila CBR 150 Betul CBU, Vixion Aman. Apa Mau Honda?

Brader sekalian beberapa data fakta dan rumor belakangan ini menunjukkan tentang Spekulasi seputar CBR 150, diantaranya:

  1. Adanya rumor bocoran dari mplus yakni time line dari brojolnya motor ini disinyalir Bulan Juni 2011 atau tepatnya di PRJ.
  2. Munculnya TPT yang disinyalir berat merupakan usaha Impor CBR 150R  dibulan April kembali memperkuat rumor bahwa nih motor didatangkan secara CBU alias Impor.
  3. Dari hasil tinjauan pricing CBR 250 dan PCX yang sama-sama BU atau Import maka kisaran harga boleh jadi sekitar 30juta Rpiah, bahkan penganalogian oleh TMC bahwa bila impor maka boleh jadi harga CBR kisaran  29,5 Juta atau lebih ekstrimlagi di angka 28,7 Jutaan.

    Dari 3 poin di atas maka bisalah kita beranggapan bahwa nasib si Giant Killer aka V-ixion aman, ini artinya margin harga Vi-xion yang 21-an juta menuju 28,7 atau 29 jutaan masih terlalu jauh, margin 7-8 juta bukanlah sedikit. CBR 150 tetaplah bukan lawan Fixion, V-ixion punya kelas tersendiri dan bermain di kelas yang berbeda dengan CBR 150 baik secara harga maupun mutu. Dan bila betul bahwa CBR 150 CBU maka sasaran tembak Honda bukanlah V-ixion, melainkan Honda akan membuat segmen tersendiridi kelas 28 jutaan, dimana di segmen ini belum ada yang bermain, kecuali memang Yamaha mau mengeluarkan R 15.
Lantas apa mau Honda? Alam hayalan James Bons mengatakan bahwa boleh jadi ini ada 2 hal yang memang sangat mungkin terjadi.
Pertama Honda memandang sebelah mata pada Yamaha, untuk menandingi V-ixion bagi Honda cukup mengoptimalkan New Mega Pro dari sisi bawah dalam artian harga dibawah V-xion, sedangkan dari sisi atas dalam artian kelas lebih superior cukup dengan efek samping serangan CBR ini sudah bisa membuat Vixion klepeg-klepeg diserang dari atas dan bawah tanpa harus menerjunkan penyerang dari depan. Ini bisa terjadi karena para pengguna Vixion mulai bosen dan berpindah ke kelas di atasnya yaitu CBR 150, sedangakan para calon peminat V-ixion langsung bisa digaet NMP dari bawah karena harganya lebih kompetitif.
Kemungkinan Kedua adalah bila 2 senjatanya ini yakni NMP dan CBR 150 belum mampu mengalahkan kedigdayaan V-ixion disegmen motor sport, Honda punya strategi lain untuk menghadang secara langsung dengan menciptakan lawan V-ixion yang sanggup bertempur secara langsung di level yang sama baik harga, cc, maupun mutu alias vitur. Mislakan saja membuat CBR 150 down grade dan naked yang harganya bersaing dengan V-ixion. Namun kemungkinan ini mungkin nampaknya jarang terjadi, mengingat persaingan Honda dan Yamaha tak pernah head to head atau langsung. Lihatlah Scorpio dan Tiger yang beda CC, MX dan CS 1 yang beda harga dan CC, serta bahkan Ninja 250 dan CBR 250 meski cc sam namun nampak beda kelas secaraslinder yang berbeda. Ingat motor setelah mengaspal lebih dari 5 tahunakan mengalami kejnuhan pasar, lihatlah sejak 5 tahun lalu pengguna Tiger sudah bermimpi naik kelas alias bosen atau dalam istilah bisnis mengalami titik jenuh, nah nampaknya tak lama lagi para V-xioner akan merasakan deman bosen ni, dan disinilah Honda siap-siap bermain dengan memanfaatkan kebosannan ini.

Advertisements
%d bloggers like this: