Semarang Calon Macan Otomotif Asean

Brader sekalian, saat membaca TPT Hyosung baik 650 maupun 250 yang nampak adalah pabrik Honley yang bepusat di Semarang sebagai penanggungjawab perakitannya. Ya pabrikan ini pernah memasarkan Diablo, mebuah motor berkapasaitas 200 cc layaknya Tiger meski kurang sukses.

Lalu ketika melihat Viar yang sedang merancang tiga tipe motor injeksi mulai dari skutik Viar Vior yang mirip Yamaha Mio, sportbikeViar VIXR ‘terinspirasi’ Honda CBR, dan satu lagi yang ber aroma 200 cc, ternyata memiliki pabrik baru di Bukit Semarang Baru sebagai pengganti pabrik di Terboyo, Semarang. Pabrik baru mulai beroperasi awal 2011 dan dapat meraki sepeda motor spare parts. Kapasitas produksi pabrik baru 40000-60000 unit/bulan. Berdirinya pabrik baru bertujuan untuk mencapai penjualan 450 ribu sepeda motor pada 2015.

Wah-wah-wah, nampaknya pabrikan ini mengambil basis bukan di Jakarta dan sekitarnya layaknya pabrikan Jepang. Ya, mengambil pilihan di Semarang merupkan pilihan yang jitu, selain semarang mempunyai pelabuhan internasional, tentunya tenaga kerja di semarang tak semahal di Jakarta, ini tentu demi menyaingi penetrasi India yang menyediakan tenaga ahli maupun tenaga kasar yang sangat murah sehingga bisa menghasilkan motor murah macem Bajaj atau TVS. Hayo pemerintahdkung yang ini supaya negara kita bisa berbicara di kancah otomotif dunia! Semarang calon macan Asean bahkan Asia, kalau perlu dunia!

32 Comments

  1. Siiiiiiiiiiiiiiiiiip Lah,
    Sebagai Warga Semarang Gue juga Turut Bangga.
    Semoga Semarang Emang Bisa Jadi MACAN ASIA.
    Amiiiiiiiiiiiiiin.

  2. bagus… berarti harga motornya di daerah Jawa Tengah lebih murah…
    Smoga aja bisa bertahan dan mampu bersaing dengan produk Jepang dan India… klo emang bisa… gw bakal beli deh….

  3. macannya masih bayi mbah, belum punya gigi
    mudah-mudahan pertumbuhan si macan lancar dan kita patut berbangga juga .

    keep brotherhood,

    salam,

  4. di pabrik baru di Semarang ini sudah memiliki dokter untuk karywan belum ?
    Kalau saya mau daftar sebagai dokter perusahaan apa masih bisa ?

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan