Renungan Malam: Malu Itu Sebagian Dari Iman, Tak Semua Malu Tentunya!

Brader sekalian suatu ketika sepasang muda-mudi belasan tahun melintas di gang depan masjid berboncengan menggunakan Honda Blade “bukan Mercon lo ya” dengan begitu mesranya tanpa sedikitpun rasa malu si boncenger memeluk sang cowok dari belakang dengan erat, padahal disitu para jamaah sedang asyik pengajian, parahnya snalpotnya udah dibobok dan begitu mengundang perhatian para jamaah.

Di ketika lain ada seorang brader yang malu diajak kopdar gara-gara para peserta kopdar semuanya menggunakan motor CBR 250, sementara dia hanya punya sebuah Honda Blade kesayangannya “bukan Mercon lo ya“. Parahnya dia sebetulnya ngarep untuk ikut kopdar itu, la ngapain malu!

Brader sekalian sebuah riwayat dari Abdullah bin Umar, beliau berkata:

أن رَسُوْلَ الله مَر عَلىَ رَجُل منَ الأنْصَار وَ هُوَ يَعظُ أَخَاهُ في الْحَيَاء فَقَالَ:

دَعْهُ, فإن الحيَاءَ منَ الإيْمَان“

“Rasulullah pernah melewati seorang laki-laki dari golongan Anshar yang sedang menasehati saudaranya dalam masalah ‘sifat malu’, beliau bersabda; Tinggalkan dia, sesungguhnya sifat malu itu sebagian dari iman”. (HR.Bukhari Kitab Iman Bab Al-Hayau Minal Iman, 1/93/24)

Brader sekalian, malu itu memang betul adalah sebagian dari iman, namun marilah kita berfikir jernih bahwa bagaimana agar kita bisa mengambil timing yang tepat guna menempatkan rasa malu ini. Bila kita berbuat jahat tentunya harus malu, korusi itu harus malu, memaki-maki orang lain seharusnya malu, menganiaya orang juga seharusnya malu, dan pelit adalah seharusnya amat malu. Namun yang terjadi di alam nayta kita adalah justru sebaliknya, berbuat baik malah malu, bersedekah malah malu, beribadah malah malu, mengajak yang baik malah malu. Giliran diajak rame-rame nonton bekicot malah jawabnya nggak ah, nggak malu maksudnya, hemmmm, giliran diajak rame-rame berpose seksi, kagak ah, kagak ade malu-malunye kamsudnya. Diajak korupsi ndak lah, ndak musah alu-malu kamsudnya.

Ya, berat memang untuk mengelola rasa malu ini! YAMALUDIN!!!!!!!!!!!!!!!

13 Comments

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan