Komparasi RTR 160 VS Byson 150 Ala India

Brader sekalian komparasi RTR 160 VS Byson 150 ini dilakukan BSM, sebuah web otomotifasal India. Uniknya dalam komparasi ini ada unsur nasionalisme yang sedang berkembang, dimana TVS Apace RTR 160 adalah produk India sementara Byson yang di India disebut FZ ini adalah Produk Jepang. Dalam komparasi ini terdapat beberapa hal yang menarik untuk dicermati dari sisi isi komparasi maupun isi komentarnya. Berikut ini beberapa hal yang bisa dirangkum baik dari Konten artikel maupun dari komen:

Model
Kebanyakan memang mengakui bahwa Model BYson Lebih keren dari RTR, bahkan mereka bilang kalau dibanding Byson si RTR ini terlihat kuno, kira kira bahasa Jawa Kocaknya begini, ” the FZ manages to make the RTR look like it belongs to an earlier generation. The FZ is all about muscular style, which can be further accentuated by adding the optional accessories that Yamaha offers.” Lalu mereka juga bilang, “FZ is good to look at but after some time u get bored of the look” kalau si Lae Togar anak Medan mengartikan kira-kira begini, “Mak, soodap kali lihat si Bison ini, Tapi lama-laama booozan zugha suatu nanti.” Ya setidaknya si Byson ini sudah mengaplikasikan mono shock belakang lalu si RTR masih suterio, kemudian body bongsor Byson juga amat meyakinkan, bannya juga gambot, bisa melumat RTR.

Performa
Ya untuk performa ini semua orang India dan nampaknya orang Indonesia juga sepakat bahwa Byson Kalah Jauh dibanding RTR, kata BSM, “The RTR beats the FZ hollow once you hit the road, thanks to its more powerful engine.” Kalau diartikan Rider Tua kira-kira begini, “RTR bisa ngamplengi Byson sekali kamplengan langsung KO bila dicoba dijalan, maturnuwun RTR mesinne galak.” Banyakan bilang bahwa si RTR untuk berkendara cepat, sementarasi Byson ini untuk santai santai. Sementara berdasarkan komen ada yang mengatakan, “I have apache rtr 160…i throttle it to 139kmph…. trust me guyz… alwayz rtr rocks d road…. FZ is a big failure bike.” Terjemahin sendiri ya yang ini, soale nggak enak nerjemahin.

Harga
The FZ series yang bermesin 153 cc dengan tenaga 14 PS,  single cylinder SOHC, 2 valve motor ini di India dijual untuk fersi FZ will Rs. 67.000 atau sekitar 13 juta Rupiah, tipe FZ-S  69.000 atau sekitar 13,5 juta Rupiah, dan Fazer Rs. 74.000 atau sekitar 14,3 juta Rupiah dengan krus 1 INR =Rp. 192,32 . Jiah murah tenan rek!!!! Tapi tahu nggak harga segitu di India masih dibilang kemahalan, neh kata mereka “l think Yamaha FZ-16 is too costly in 150 cc segment”. Neh harganya TVS Apache RTR 160 Hyper Edge Price in India: Rs. 70,000/- On Road, atau sekitar 13,6 juta Rupiah lah. Iya yah yang 160 cc aja lebih kenceng bisa dengan harga segitu, wajar jika Byson yang kalah mesin dari CC maupun power dibilang kemahalan padahal lebih keren lo gayanya. Apalgi disuguhi harga Byson Indonesia yan 20 an juta, bisa ngamuk-ngamuk nih Indihe!

Ya, begitulah aura India dalam mempamorkan produknya, terlepas itu fair atau tidak fair tapi rasa bangga akan produk sendiri oleh mereka patu diacungi jempol, James Bons berharap suatu nanti kita bisa membanggakan produk sendiri dan akan ada produk sendiri yang bisa dibanggakan.

Advertisements
Advertisements

26 Comments

  1. Byson mestine pake mesin vixi atau scorpio skalian meski konsekwensine harga dikerek juga. keep brotherhood, salam,

  2. Seandainya jaringan 3s motor indihe seperti jepang sudah pasti ketahuan mana yg overprice. keep brotherhood, salam,

  3. jepang kok bisa jual murah di indiahe ama thai….? Di indonesia kok gak bisa…? Beda ama produsen india yang bisa jual murah di india dan juga di indonesia…

    Berarti sing gathel ATPM jepang nang indonesia….ATPM jepang nang india iso top markotop kok..///

  4. Kalau komparasi apache vs dazler ada ga dab? Kan modelnya sama2 culun tp mesinya sama2 kenceng.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin