Motor Di India Murah, Bensin Mahal, Motor Di Indonesia Mahal Bensin Murah, Pilih Mana!

Brader sekalian banyak yang mengeluhkan bahwa bensin Indonesia muahal, tapi sesungguhnya murah tenan tentunya yang masih bersubsi la yau. Bensin kita hanya 4.500 Rupiah per liter, namun pertamak boleh jadi mahal yakni kisaran 9000-an karena mengikuti fluktuasi harga minyak dunia yang terus naik meski kadang turun. Bandingkan dengan harga minyak alias bensin di India yang berbeda setiap kotanya, lihat tabel harga terbaru berikut:

Applicable from: May 15, 2011
Delhi 63.37
Kolkata 67.71
Mumbai 68.33
Chennai 67.22

Di Delhi harga per liter bensin adalah 63.37 Rupee atau setara dengan 12.100 Rupiah dengan krus 1 Rupee sama dengan 190,95 Rupiah, cihaa muahal tenan lebih mahal dari pertamak di Indonesia. Lalu di Mumbai yang 68.33 Rupee bila dikruskan Rupiah mencapai 13.000 Rupiah, tobaat tenan jauh banget dari yang di Indonesia.

Sementara itu harga motor di India jauh lebih murah dari Indonesia, lihat beberapa harga motor berikut:

 Honda CBR250R
Honda CBR250R

Price: Rs. 1,64,000
 Yamaha R125
Yamaha R125

Price: Rs. 90,000
 Bajaj New Pulsar 220 F
Bajaj New Pulsar 220 F

Price: Rs. 84,300
 Honda CBR150R
Honda CBR150R

Price: Rs. 1,00,000
Yamaha FZ16
Yamaha FZ16

Price: Rs. 74,900

Mari kita bandingkan Honda CBR250R di india Price: Rs. 1,64,000 atau sekitar 31,3 juta Rupiah, bandingkan dengan yang di Indonesia 39,9 juta Rupiah. Sementara itu Bajaj Pulsar 220 dihargai Rs. 84,300 atau sekitar 16,1 juta Rupiah bandingkan dengan di Indonesia yang 18,6 juta Rupiah. Sementara Honda CBR150R dihargai Rs. 1,00,000 atau sekitar 19,1 juta Rupiah bandingkan yang katanya bakal dilego sekitar 29,9 juta Rupiah. Sementara Yamaha FZ16 aka Byson dijual Rs. 74,900 atau sekitar 14,3 Juta Rupiah, bandingkan dengan di Indonesia yang 20 jutaan. Wah sungguh terlalu kata bang Haji Roma Irama.

Boleh jadi ini memang strategi penjualan di India untuk mensiasati supaya mongtor laku karena bensin mahal, maka bila mongtor mahal bensin mahal ya siapa mau beli. Lalu di Indonesia harga motor mahal justru supaya harga bensin tetep murah.

Advertisements

36 Comments

  1. Kalo begitu. Kita dukung agar pertamak turun harga, apalagi bisa menyamai harga premium(4.500) xixixi ngarep

  2. yg aneh Byson di negerinya sono dibanderol lebih murah dari Pulsar 220.
    tapi begitu nyampe sini kok jadi mahalan byson yo?
    tanya KEN-APA?

  3. Aku tak Milih,
    “YAMAHA SEGERA NGELUARIN MOTOR SPORT NYA macam YZF R15/R125/R4 Di INDONESIA SECEPATNYA”
    Dari pada ada Bensin MURAH tapi MOTORNYA gak ada,,,,,,,,,,,?.

  4. Wah NGILER aku kalau Lihat Harga YZF R125 Yang Cuma 17 Juta.
    Seandainya Tu MOTOR masuk INDONESIA dgn Harga 25 Jt pun Bakal Gue Beli tu MOTOR.
    lha Tapi U/ R125 ko’ Tulisannya”NO LAUNCH PLANE IN INDIA”,,,,,,?.
    Bahkan Di INDIA aja Tu MOTOR G’ masuk,Pa Lagi u/ INDONESIA,,,,,,?.NGIMPIIIIII,,,,,IIIII.

  5. cuma kalo sebangsa pemboros dijual disono matic lagi ahhh beraaaat matic minum bensin kaya RX king ampuuun

  6. kulo nuwun..
    teko mung arep nguamplengi bonsai, arep tak krugupi sarung, tak uncalke ning laut ben di pangan hiu…
    kuapokkkkkk………….
    😆

  7. Trus denger dari temen orang india kalo pom bensin di sana di setiap kota jaraknya lumayan jauh dan jarang pula,makanya motor india rata2 irit bensin.cmiiw.

  8. india punya visi mbah. . .
    bikin ongkos produksi yang murah sehingga mudah dijual , demikian halnya dengan cina ongkos produksi ditekan serendah mungkin dan negara membantu memasarkan barang tsb diluar negeri .

    ya semoga pemberintah kita bisa meniru mereka sehingga lapangan kerja tambah banyak . . .

    keep brotherhood,

    salam,

  9. anggaran buat subsidi premium aja sampe 95,9 triliun/ tahun ya beda laah sama india….(masih ngimpi kapan subsidi ini dicabut lalu dialihkan ke subsidi pendidikan supaya sekolah/kuliah gratis + subsidi kesehatan biar kalo berobat di RS gratis)

    bensin larang yo ben wong gak semua punya kendaraan bermotor

    • setuju mas….
      jadi dari sekarang mulailah bisakan diri menggunakan pertamax atau pertamax plus….

      😆

  10. @ken arok

    well, harus dipikirkan juga bgmana mensejahterakan rakyat, jg para abdi negara yg jd ujung tombak pelayanan. jangan paksa mereka untuk jadi penjahat.

  11. @ tuyul
    sejahtera bgmna…? anggaran segitu banyak rakyat kecil malah gak menikmati (wong gak punya kendaraan bermotor…ok lah punya tapi motor iriiiit 100cc)///// kan kalo sekolah/ kuliah dan pelayanan kesehatan gratis semua bisa menikmati…….kalo rakyatnya pinter2 kan enak mau jadi TKI juga bargain powernya tinggi

    sekarang sekolah mahal, rumahsakit mahal, infrastuktur rusak dibiarkan..zzzzzzzz

  12. maka bila mongtor mahal bensin mahal ya siapa mau beli. Lalu di Indonesia harga motor mahal justru supaya harga bensin tetep murah.

    ++++++

    kok enak men ATPM….

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan