Byson Dapat Penghargaan Bike of The Year, Kok Ragu Ya!

Brader sekalian, ulang tahun tabloid otomitif sungguh meriah di acara bursa otomotif tumplek blek i parkir timur Senayan 21-22 Mei ini. Salah satu acara yang menarik adalah pemberian penghargaan terhadap Motors sport bergenre street bike Yamaha Byson yang dinobatkan sebagai Bike of The Year oleh dewan juri Otomotif Award 2011.

Seperti dilansir Tempo bahwa pak Dyonisius Beti, Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana di gelaran Otobursa Tumplek Blek 2011, Jakarta, Sabtu, 21 Mei 2011 mengatakan “Pengakuan dan Award ini akan memacu kami untuk memberikan yang terbaik untuk konsumen di Tanah Air,”. Dyon mengaku Yamaha sejak awal tidak pernah berpikir dalam merancang dan memproduksi Yamaha Byson untuk mendapatkan sebuah penghargaan. “Komitmen kami sejak awal adalah menghadirkan sebuah motor sport dengan kualitas dan harga terbaik bagi konsumen,” ujarnya.

Hal yang menarik adalah tolak ukur dari penilaian seperti di tuturkan Tempo adalah dari sisi desain, performa mesin dan handling, tingkat konsumsi bahan bakar, serta harga jual motor sport tersebut dinilai memiliki keunggulan lebih oleh dewan juri. Bila tolak ukur dari sisi desain James Bons sangat setuju sekali denga Award ini. Namun beberapa ganjalan mucul ketika dari sisi penilaian tentang performa mesin, handling, dan tingkat konsumsi bahan bakar, serta harga jual motor sport tersebut nampaknya James Bons ragu. Bayangkan performa mesin Byson terkenal kalem dan jauh kalah beringas dibanding kompatitor, lalu handling Byson memang sangar tapi tidak enak buat biker pemula, karena lebih menyerupai street fighter. Sementara tingkat konsumsi bahan bakar di India orang lebih percaya kalau RTR lebih irit dari Byson, serta yang terakhir adalah harga jual motor sport tersebut, la wong mongtor ini baru saja nongol sementara Rondonya saja masih jarang kok yang begini bisa menjadi tolak ukur ya!

g

Menurut Soni Riharto, Pemimpin Redaksi Tabloid Otomotif, dewan juri menjunjung tinggi obyektivitas dan sikap independen dalam pengujian dan penilaian semua model yang masuk dalam daftar nominasi. Namun tetep saja beberapa pertanyan di atas mengganjal dalam hati, James Bons boleh jadi salah dalam hal ini namun ya sebagaimana kita lihat di lapangan kan boleh saja to protes! Bukan Jmes Bons tak suka ama Byson, wong sebenarnya udah jatuh hati ama pandangn pertama, tapi sistem penilaiannya itu lo, kok ada ganjalan di hatiHeheheh salam biker, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan!

h
Padahal Maksudku Vi-xion bukan NMP, kekeke pasti kata mas udien wassem gitu!

Advertisements
Advertisements

79 Comments

  1. Kenapa bukan nmp aja ya yang fitur, keiritan serta nama besar onda yang jadi keunggulan dibanding byson..?
    *gelundung lpg bocor.

  2. Kenapa kekurangannya gak jadi nilai minus, seperti inden yang masih belum selesai (*nengok pak bnj), serta isu2x seperti segitiga patah.

  3. Mungkin yang bikin kompetitor kalah, karena klarifikasi yang terlambat mengenai rangka yang di coak ya….?

  4. Iya tuh, ada yang ngeganjal. Aku emang penggemar Yamaha, tapi selalu bersifat objektif. Dibandingkan Honda NMP aja bison hanya bisa menang di segi design saja! Seharusnya CBR 250R yang menjadi bike of the year, design oke, harga lebih murah daripada ninja (meskipun sedikit mahal dibanding megelli 250R), handling OK karena meskipun sport cocok dipakai touring dan perkotaan, segi keiritan? jelas CBR 250R lebih irit dari motor2 lain yang satu kelas!

  5. waduh,musti siap-siap pemadam kebakaran ini,ada kemungkinan tabung gas bocornya meledug.walopun dah SNI
    SALAM KARET BUNDAR™

  6. mungkin karena mtr ini sdg IN dan banyak di bicarakan orang baik di dunia nyata maupun dunia maya jdi sedikit banyak mempengaruhi penilaian juri. berkaca pada tahun 2008 malah cs1 yg dpt award bike of the year!

  7. mungkin jg karena jurinya tau, banyak yg rela inden menahun demi dapat motor ini….* nglirik wong numpak jaran…

  8. soal konsumsi bbm long’s pernah test tercatat 1 liter premium tembus 45km. irit atau boros anda yg menilai.

  9. Aku yg biasanya percaya dan langganan otomotif kok jadi ragu keobyektifan nya.
    Kaya ada pesan sponsor.
    Krn alasan2 seperti mas bons sebutkan.
    Pdhl nmp unggul akselerasi dan cakram belakang lo.
    Apache rtr jg cakram dobel.walau dobel sok

  10. gak boleh suudzhon,gini aja,gimana klo juragan warung bikin award juga,kyak bike of the year gitu,komentator berpartisipasi melalui polling.kayaknya lebih independen deh
    SALAM KARET BUNDAR™

  11. NMP kan udah dipilih kemaren oleh FORWOT.
    (Imaje lemot mungkin kalah nyaring ama riuh-rendah rangka kecoak!)

  12. koreksi: judul artikel harus ny ‘BIKE OF THE YEAR’ bukan ‘BIKER OF THE YEAR’ karena yg dpt penghargaan motor ny = bike bukan biker = pengendara spd motor.

  13. apakah wartawan Tabloid Otomotif tergabung di FORWOT ?
    kalau ya, berarti penilaian Byson hanya bersifat intern Tabloid yang skupnya lebih kecil ketimbang FORWOT …

    kesimpulan : NMP tetap di atas BYson …

  14. koreksi: judul artikel harus ny ‘BIKE OF THE YEAR’ bukan ‘BIKER OF THE YEAR’ karena yg dpt penghargaan motor ny ‘byson’ = BIKE bukan biker = pengendara spd motor.

  15. JELAS…INI PASTI DIBAYAR SAMA YAMAHA.

    MOTOR YG CACAT DI STANG, BELUM LAGI MASALAH INDEN BISA MENANG OTOMOTIF BIKE OF THE YEAR,,

    SUNGGUH ANEH TAPI NYATA….

  16. hmmm…ane lg mikir nih…
    *mana ya tabung lpg yg rada berkarat biar bisa di bocorin dikit lalu lempar ke massaaa…xixixixi…
    btw pendapat ane tuh juri pada kesihir ama si kebo amrik…jd penilaian ny A plus plus xixixixi…

  17. Gan, coba iseng-iseng bikin polling “Bike of the year” versi Warung Bonsai. penasaran pingin lihat hasilnya… -:)

  18. Hari genee… percaya ma otomotif n motor + ??

    please dechh… tabloit kere kaya gitu mana bisa obyektif… lha motornya aja pada pinjam ke pabrik2… macam pengemis aja !!

    Contoh tuh tabloit handphone : ” handphone dibeli bukan pinjaman dari operator manapun… untuk menjaga obyektifitas…”

  19. Ini bulan apa yah? masih mei kan koq bisa dah keluar bike of the year 2011?

    Logikanya kan pasti ada yang mesen tho..

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin