Berburu Rondo CS 1, Eit Kenali Dulu Buruan Anda!

Brader sekalian, Honda CS 1 sebuah motor crossover artinya bukan bebek juga bukan batangan, berkapasitas mesin 125 cc mengaplikasikan SOHC danberpendingin cairan. Mongtor ini memang tarikan bawah agk lemot, tapi tarikan atas, wusyyy si mx bisa lewat bahkan konon si kalung emas sepupunya R 15 bisa dilewatin, wallahu a’lam. Ya, rondo si CS 1 ini bagi sebagian kalangan sungguh diambakan, apalgi kalau bukan  tenaga puncaknya yang mencapai 12,6 HP, melampaui MX yang hanya 11,4 HP.

Nah bagi brader sekalian yang kesengsem sama mongtor ini coba simak beberapa viw beberapa poin penting untuk kedepannya bisa diajdikan dasar patokan perawatan.

  1. Kompressi motor ini tergolong tinggi setara dengan CBR 250, dan Vario yakni 10,7:1, sebetulnya nih mongtor harus minum pertamak, namun pada kenyataannya ecu CDI-nya disetting untuk bisa minum premiu. Nah ya sebaiknya sih psampean nanti pakek pertamak.
  2. Dikatakan motor ini lebih boros dari MX, namun menurut bebrapa pengalaman di lapangan ternyata agak sedikit berbeda. Tarikan bawah motor ini kalah jauh sama MX , karena karakteristik CS 1 yang overbore yaitu bore lebih besar dari stroke (58 x 47mm) sehingga mampu bermain di rpm tinggi dan tenaga menjadi lebih besar, maka tenaga puncak CS1 diklaim sedikit lebih besar dari MX (52 x 58mm) yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya. Nah bisa jadi bener untuk kondisi stop & go di kemacetan tapi untuk track panjang/jauh/touring tanpa hambatan bisa juga irit. Bahkan kalau santai di luar kota biasa 50km/liter aka lebih irit dari MX. Dari ini sampean yang suka main pelintir gas mengandalkan torsi nampaknya kurang cocok dengan motor ini, tapi yang hobi speed jarak jauh haa recomended banget deh.
  3. Untuk sampean yang suka bawa barang wee bukan plihan utama mongtor ini.

Lalu berbicara masalah harga, sebelum itu silakan sampean camkan dulu bahwa motor ini rata-rata yang punya adalah para fanatis yang betul-betul tahu apa yang dia punyai, artinya si empunya sangat antusias dengan motor ini dan faham betul karakter motor ini. Ini tentu beda dengan si bebek motor sejuta umat yang setiap orang bisa jadi mempunyai. Efeknya rata-rata pembeli CS 1 jarang mau menjual dalam waktu dekat. Sehingga di lapangan atau di pasaran agak sulit dijumpai rondo CS 1 ini. Ya rata-rata pada nggak mau jual CS 1nya je, tanya saja ama Mbah wir atau om Snalpot, Mr Longs dll. Di iklan pos kota paling-paling dalam 1 hari hanya ada 2-4 CS 1 ditawarkan, weee jarang tenan.

Ha harga pastinya sulit ditentukan, rata-rata orang menjual untuk rondo tahun 2007-2008di kisaran 7-8 juta, sementara untuk tahun 2009-2010 masih 8 juta ke atas. Namun fenomena harga ini terkadang sungguh tak pasti, tak jarang orang menawarkan motor yang 2008 di kisaran 9 juta dan ternyata laku. Ya inilah uniknya si CS 1 ini, ila sampean berburu rondonya ya tak boleh gegabah, pelan tapi pasti.

27 Comments

  1. Pernah ngintil cs1 lg balapan sm mx di jalan baru karawang, iya jg y cs1 ternyata lbh kenceng dibanding mx ckckck…, penasaran sama speednya saya kejar cs1 & tempel ternyata speednya 112km/jam versi speedo nmp, lumayan jg, nah kl mx hanya 108km/jam.

  2. Kompressi motor ini tergolong tinggi setara dengan CBR 250, dan Vario yakni 10,7:1, sebetulnya nih mongtor harus minum pertamak, namun pada kenyataannya ecu-nya disetting untuk bisa minum premiu. Nah ya sebaiknya sih psampean nanti pakek pertamak.
    BUKAN ECU,,,CDI gan

    • Kalo trek panjang diperkotaan, gak mungkin cs1 bs lebih kenceng dr vixion lah.
      Kecuali dipantura trek lurusnya gak berujung, bolehlah cs1 lebih kenceng dikit dr vixion.

  3. to ; bonsai biker > maaf ya numpang promosi ;p

    agan agan semua.. saya mau jual cs 1 tahun 2009 warna hitam, kondisi baik krn jarang di pakai… yg berminat hubungi saya di : 085882290623

  4. numpang sharing, saya pengguna MX dan CS1, dalam selama pemakaian, saya lebih mengunggulkan CS1, walaupun torsi awal kalah dengan MX, namun pada RPM tinggi CS one lebih maknyus.., top speed CS 1 ane (standart) 120 km/hour kalo MX cuma 110 an, satu lagi kelebihan CS 1 terhadap MX, badannya yang sedikit kekar, membuat CS 1 lebih stabil di bawa pas RPM tinggi.,

    kekurangan CS1, ban standart kurang lebar, kalo mau turnover, agak susah.,
    nafas gigi satu CS1 lebih panjang dari MX, CMIIIW, cuma share pengalaman, maaf kalo ada salah2 kata., hehe

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan