Peduli Perawatan 'Istri' Ke-2

Artikel By:Ny.Bons Biker

Salam kenal mas Bro sekalian! Saya adalah pendamping setia Mr.Bons yang sudah hampir 8 tahun mendampingi dalam keadaan suka&duka. Mencoba untuk turut berbagi di blog ini.

Kalau saya pakai istilah “istri” pada sebuah kendaraan pribadi seperti motor atau kendaraan lainnya, itu dikarenakan terbaginya perhatian sang pemilik kendaraan pribadi tersebut melebihi pada  istri sendiri. Hampir disetiap waktu luangnya dicurahkan untuk kendaraan pribadinya, mulai dari aksesoris hingga perawatan lainnya. Tapi tentu saja istilah itu hanya gurauan semata. Karena sebagai istri ‘yang asli’ saya yakin, semua yang dilakukan oleh para swami dalam merawat dengan kasih kendaraan pribadinya adalah untuk penjegahan terjadinya kerusakan dini yang nantinya juga akan merugikan para istri ‘yang asli’.

Berikut ini ada beberapa hal merawat motor, paling tidak untuk seorang biker mesti peduli dan paham soal maintenance. supaya peforma serta tampilannya semakin maksi:

Ganti oli, idealnya dilakukan setiap sebulan sekali,atau setiap 1.500 km. Hal ini sangat penting karena kinerja semua komponen mesin tergantung pada kualitas pelumasnya.

Rantai roda, supaya kelenturan penerus daya keroda belakang ini tetap terjaga maka melumasi rantai roda jangan prnah terlewatkan, setidaknya seminggu sekali melumasinya pakai airan khusus atau  bisa juga pakai grease.

Setel rantai roda, cukup bermodal kunci roda serta kunci pas, kemudian setel ulang kerenggangan rantai roda sesuai standar. Ini bisa dilakukan sendiri di rumah sebelum pergi.

Kabel kopling, pada tipe sport yang dilengkapi sistem kopling manual, mesti memperhatikan kondisi pelumas di dalam kabel kopling. Tujuannya agar kawat sling tak gampang putus akibat gesekan, lntaran pelumas sudah mengering. Cukup semprotkan cairan penetran ke sela-sela kabel, kemudian ratakan dengan menggerakan tali sling ke dalam dan ke luar beberapa kali.

Kampas rem depan, perlu dilakukan pengecekan ketbalan brake pad, supaya tak sampai menggerus piringan rem depan motor.

Rem trompol, usahakan setiap sebulan sekali dibongkar, sekaligus membersihkan bagian dalamnya dari debu kampas rem. Kalau jarang dibersihkan, saat hujan atau sehabis dicuci, sering keluar bunyi decit saat pedal rem diinjak.

Putaran roda, biasakan mengecek putaran roda depan dan belakang, dengan memutarnya dalam posisi standar tengah. Jika terasa berat, langsung bongkar dan lumasi bagian bearing rodanya.

Bearing roda, atau laher berperan sangat vital, untuk membuat lingkar roda bisa berputar dengan lancar. Cara mngeceknya dengan menggoyangkan roda ke kanan-kiri beberapa kali. Kalau terasa ada sedikit jeda, lahernya sudah kena dan mesti di ganti.

Setel jari-jari, dengan menyetel ulang kepresisiannya pada tukang setel pelek, agar bisa balance.

Air radiator, kondisi air radiator pada motor harus diperiksa setiap seminggu sekali. jika sudah pakai radiator coolant, sebaiknya rajin mengguras dan menggantinya dengan yang baru setiap 6 bulan sekali, agar terhindar dari efek korosi.

Minyak rem, baik bebek, skutik maupun sport sudah dibekali pengereman model cakram mengandalkan tekanan fluida atau minyak rem.  Untuk memeriksa level ketinggiannya cukup melihat dari indikator pada master rem di stang sebelah kanan.

Fungsi lampu utama, jika tidak diperhatikan akan cukup merepotkan pengendara lain, terlebih bila hendak berbelok, lantaran tidak bisa memberikan kode pakai lampu sein.

Fungsi lampu rem, sangat penting. Sebab ketika akan berhenti atau menurunkan kecepatan, pengendara di belakang akan  mengetahui kondisi anda sebnarnya dengan melihat lampu tersebut, dan tak perlu khawatir motor akan tersodok dari belakang.

Pedal rem belakang, sebaiknya tidak distel terlalu rapat. Selain berbahaya ketika melakukan panic braking, kampas  rem bisa cepat habis lantaran tidak terdapat celah dengan dinding teromol roda.

Tuas tem depan, usahakan tidak memposisikaan pelatuk di pangkal tuas rem depan terlampau renggang dengan master rem. Karena akan menyulitkan pengereman roda depan saat kondisi lalulintas padat merayap.

Tuas kopling, jangan terlalu rapat atau kelewat renggang, sebab akan berdampak pada kenyamann saat harus pindah posisi gigi transmisi.

Cuci, merupakan sudah menjadi keharusan, untuk menjaga kondisi bodi maupun sasis dari kotoran sehingga lebih awet. Supaya hasilnya optimal, sebaiknya mencuci bagian yang tersembunyi juga seperti di bawah jok, kolong sepatbor dan celah sempit pada mesin.

Nah demikianlah mas bro sekalian, beberapa hal yang semoga saja dapat bermanfaat dalam perawatan ‘istri’ ke-2 anda-anda semua. O ya, istilah  ‘istri ke-2’ ini secara pribadi juga saya gunakan untuk Mr.Bons. Karena memang Mr.Bons tiada tandingannya deh dalam merawat motornya..

Good Luck untuk anda semua..:)

Advertisements

19 Comments

  1. Ora yakin ah artikel bikinan “istri” pakdhe bons..
    Pada paragraf 1 ada kata mendampingi selama 8 thun baik suka & duka… hmmm pasti banyak dukanya..
    *kaborrrrrrrr

  2. suka dukanya yo fivty-fivty mas agunk..,4thn duka setelah itu 4thn skrng ya suka buanget..xi xi…
    kl gnti oli fleksibel ajalah mas nunoe, (mksudne trgantung kocek di kantong gitu..he he)

  3. wow… ny. bons biker sejati
    lebih tau dari ane coz ane taunya ganti oli klo dah waktunnya ganti, kadang suka kelewat klo lg males, save page as complete dulu ah…

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Motor J4BL4Y …… | uDien d'kab
  2. Morot J4BL4Y … | uDien d'kab

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin