Bosch Produksi Tiga Versi ABS Terbaru dengan Harga Terjangkau | Bonsaibiker

Bosch Produksi Tiga Versi ABS Terbaru dengan Harga Terjangkau

abs

abs

Sebelumnya perangkat Antilock Brake System (ABS) hanya diperuntukan buat kendaraan roda empat nih bro. Tapi, saat ini ABS sudah diadopsi pada sepeda motor khususnya motor-motor berkapasitas mesin besar. Selain itu harganya juga masih mahal.

Untungnya perusahaan yang berkonsentrasi pada pengembangan teknologi otomotif, Bosch, sudah memikirkan perangkat ABS dengan ukuran lebih kompak serta dengan harga sesuai untuk motor enty level hingga super sport.

Seperti dilaporkan Autoevolution, perangkat ABS Bosch generasi 9 khusus sepeda motor ini akan tersedia dalam tiga pilihan: ABS 9 Base, ABS 9 Plus dan ABS 9 Enhanced. Ketiganya tersedia untuk sepeda motor yang telah mengadopsi rem hidrolis atau disk brake.

1. ABS 9 Base : hanya memiliki fitur antilock. Rem tidak mudah mengunci saat melakukan pengereman maupun saat melintasi perubahan tekstur jalanan. Misalnya saat ada pasir atau minyak di jalan.

2. ABS 9 Plus : perangkat ini disiapkan untuk mesin yang lebih bertenaga seperti yang digunakan untuk moge. ABS ini punya pressure sensor yang bekerja saat melakukan pengereman dengan sangat keras, sehingga gejalan roda belakang terangkat bisa dikurangi.

3. ABS 9 Enhanced : Yang ini paling canggih bro, punya fitur eCBS (electronic combined brake system), rasanya mirip yang digunakan Honda CBR 250R. Sekali melakukan pengereman dengan satu tuas, maka rem depan-belakang sudah dengan sendirinya mengurangi kecepatan tanpa terkunci.

Kalau memang harganya bisa lebih murah dan terjangkau, bisa jadi semua motor dimasa yang akan datang akan dilengkapi dengan fitur ini. Weleh weleh…muanteb rek!

%d bloggers like this: