Memperingati 17 Agustus dan 17 Ramadan

ramadhan
ramadhan

Brader sekalian, istimewanya tahun ini adalah 17 Agustus bertepatan denga 17 Ramadan. Ini tentu membuat kita merasa istimewa, lha wong17 Agustus adalah hari kemedekaan bangsa Indonesia, sementara yang 17 Ramadan adalah hari dimana dianggap bahwa hari itu adalah hari turunnya Al-Quran. Sehingga banyak masyarakat kita memperingatinya sebagai hari Nuzululquran. Banyak di berbagai daerah yang memperingatinya dengan membaca Quran secara bergiliran dari sore tanggal 16 hingga keesokan hari tanggal 17 hingga hatam.

Brader sekalian, sebenarnya dalam sejarah Islam tanggal 17 Ramadan belum tentu merupakan hari turunnya Al-Quran, ini lebih disinyalir bahwa merupakan kesepakan ulama dan umara terdahulu agar sama dengan hari kemerdekaan RI yakni tanggal 17. Ya, memang dalam menentukan kapan Quran turun ke bumi terdapat bebagai perbedaan, contohnya tentang lilatul qadar bahwa dijelaskan dalam Quran surah al-Qadar bahwa pada malam yang disebut lailatul qadar adalah lebih baik dari 1000 bulan, dan di dalamnya turun al Quran. Sementara banyak yang berpendapat bahwa lailatul qadar itu terjadi pada 1/3 bulan terakhir malam bulan Ramadan, dan banyak lai yang memperjelas pada malam ganjil. Makanya banyak yang melakukan i’tikaf pada malam ganjil di 1/3 akhir ramadan. Nah dari sini kan setidaknya menunjukkan bahwa Quran bukan turun pada 17 ramadan, karena tanggal 17 itu bukan sepertiga bulan terakhir. Inilah khilafiah, atau beda pendapat, yang membuat kita terkadang bermujadalah, tapi sekaligus terkadang memacu kita untuk belajar dan berfikir.

Namun apapun itu, kita hendaknya mengambil positifnya saja, menghargai pendapat para pendahulu kita demi kebersamaan seluruh umat islam dan juga umat lainya di Indonesia dan merayakan kemenangan proklamasi 17 Agustus 1945 serta mengisi kemerdekan sebaik-baiknya. Demikian juga dengan peringatan 17 ramadan, anggaplah itu sebagai simbol bahwa itu hari peringatan kita terhadap Al-Quran supaya kita terus senantiasa membacanya, memahaminya, dan mengamalkannya.

Advertisements
Advertisements

8 Comments

  1. sip pak dhe.. masing – masing sudah punya pegangan atau dasar.. jadi mari saling menghormati “BERSATU KITA TEGUH, BERCERAI KA– KITA RUNTUH” 😀 (maaf hampir salah nulis tipe-x lagi habis)

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin