Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

12 Poin Penting Yang Harus Di Cek Saat Mudik Versi Otomotif Tempo 18 Agustus 2011

Posted by Bonsai Biker in Portal Otomotif.
Tags: ,
trackback

Brader sekalian, saat James Bons melihat-lihat tempo interaktif, ternyata ada pelajaran berharga yang membantu kita untuk mudik dengan berkendara sendiri dengan menggunakan Mobil khususnya. Nah berikut ini ada 12 poin penting yang harus diperhatikan dalam mudik versi Tempo Interaktif:

Besar Kecil Normal

foto
1. Oli

Cairan pelumas ini tak ubahnya darah di dalam tubuh manusia. Dia memiliki peran yang sangat penting bagi setiap denyut komponen mesin. Oli selain berguna untuk melumasi komponen mesin juga berfungsi menjaga kestabilan suhu mesin.

“Bisa dibayangkan apa jadinya bila oli yang telah aus tidak segera diganti,” ujar Syaiful.

Namun, meski masa pakainya belum habis, untuk mengantisipasi segala kemungkinan sepanjang perjalanan mudik oli sebaiknya diganti. Gunakan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Bila ingin berganti merek lain pastikan jenis dan spesifikasi SAE dan API Service oli baru itu tak berbeda dengan sebelumnya.

2. Filter oli

Melengkapi penggantian oli sebaiknya filter atau saringan oli juga diganti. Pasalnya, peranti ini berfungsi untuk menyaring segala partikel yang mungkin terbawa di saat proses penggantian. Meski masa pemakaian belum habis, sebaiknya diganti demi keamanan dan kenyamanan.

3. Filter udara

Meski terlihat sepele, peranti ini memiliki fungsi yang sangat penting. Ia bertugas menyaring udara yang akan masuk ke ruang bakar pada mesin agar segala partikel kotoran tidak ikut masuk.

Pasalnya kesempurnaan proses pembakaran juga mensyaratkan udara yang bersih. Campuran udara dan kabut bahan bakar di ruang bakar sangat menentukan besaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin.

4. Filter bahan bakar

Agar bahan bakar juga bersih dari segala kotoran, sebaiknya juga ganti filter ini. Selain mencegah mobil mogok, bahan bakar yang bersih juga akan menentukan kualitas pembakaran.

5. Atur ulang klep

Menyempurnakan penggantian semua jenis filter tersebut sebaiknya lakukan pengaturan atau setel ulang semua klep di mesin. Namun pilihlah bengkel yang memiliki keahlian khusus dalam menangani klep. “Bila salah pemasangan atau penyetelan, justru akan menimbulkan masalah baru,” terang Syaiful.

6. Sistem pengapian

Pemeriksaan wajib dilakukan bila mobil telah berusia lebih dari lima tahun. Bukan hanya koil atau platina, tapi juga kabel busi dan busi. Pematik api sangat penting karena tanpa pantikan api yang sempurna mesin akan mbrebet dan cenderung mogok.

Bahkan proses pembakaran di ruang bakar mesin pun tidak berlangsung sempurna. Akibatnya, tenaga loyo dan boros bahan bakar.

7. Sistem pendinginan

Perangkat pendinginan mesin ini sangat vital dan memiliki peran penting dalam perjalanan mudik. Sebab, jarak yang ditempuh mencapai ratusan atau bahkan ribuan kilometer dan bahkan tak jarang diwarnai macet, mensyaratkan suhu mesin tetap stabil.

Namun satu hal yang patut diingat, sistem pendinginan bukan sekadar memeriksa sel radiator dan mengganti cairan coolant atau air radiator saja. Memeriksa kipas, tali kipas, serta selang karet karburator ke mesin wajib diperiksa.

“Bahkan ganti bila perlu. sebab, seiring dengan waktu biasanya selang itu aus, retak, dan menggelembung. Itu rawan bocor,” kata Syaiful mewanti-wanti.

Selain itu jangan lupa periksa tutup radiator atau bahkan ganti bila perlu.

8. Tali kipas

Seiring dengan pemeriksaan sistem pendinginan itu, jangan lupakan kondisi kipas. Bahkan bila perlu ganti dengan yang baru. Pasalnya, perjalanan jauh selama berjam-jam dan kondisi jalanan macet mengharuskan kipas bekerja keras tanpa henti.

Kondisi seperti itu menyebabkan tali kipas rawan putus. Bila hal itu terjadi, bukan hanya menyebabkan mobil mogok, tapi juga memicu mesin overheat dan kebakaran.

9. Aki

Aki merupakan sumber tenaga setrum bagi mobil. Mulai saat pertama kali distarter hingga saat berjalan dan semua fitur mobil yang membutuhkan arus listrik tak lepas dari peran aki.

“Karena itu, memeriksa dan membenahi semua komponen yang terkait dengan aki wajib dilakukan,” ucap Syaiful.

Beberapa komponen itu antara lain, sel-sel aki, cairan atau air aki, kabel, dan terminal aki. Sebisa mungkin mintalah mekanik bengkel mengecek kondisi aki dengan peralatan modern yang mereka miliki.

Begitu pun bila mobil Anda menggunakan aki kering alias aki maintenance free (MF). “Meski MF, sebaiknya dipastikan kondisinya. Karena suhu yang berubah-ubah dan perlakuan terhadap mobil yang tidak semestinya bisa memicu kerusakan aki,” ucap Syaiful.

10. Rem

Bagian ini sangat vital bagi keselamatan berkendara. Karena itu sebelum berangkat pastikan kanvas rem, minyak, dan booster rem bekerja dengan baik. Bahkan bila perlu ganti dengan peranti yang baru demi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan berkendara.

11. Kanvas kopling

Seperti halnya rem, kopling juga memiliki peran penting. Pasalnya, peranti itulah yang menjadi pengungkit bagian pertama yang digunakan mobil untuk mengungkit tenaga dari mesin untuk disalurkan ke roda oleh sistem transmisi.

Pastikan kanvas kopling dalam kondisi prima. Hal itu penting karena jalanan panjang yang macet terkadang mengharuskan kita kerap menginjak pedal kopling. Bila peranti ini bermasalah, akan cukup merepotkan karena proses penggantiannya memerlukan waktu lama.

12. Lampu

Pastikan kondisi lampu, baik lampu utama, lampu kabut, lampu rem, lampu hazard, serta lampu rem dalam keadaan bagus. Pemeriksaan atau penggantian wajib dilakukan. Meski terlihat sepele, bila peranti ini bermasalah bisa menjadi sumber celaka

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. ipanase - 18 Agustus 2011

kompletnya, memang harus waras kalo pngen nyaman dalam oerjalanan

2. Ipunk - 18 Agustus 2011

2

3. Bonsai Biker - 18 Agustus 2011

yuiiii


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 7.177 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: