Berburu Rondo-rondo Bajaj Pulsar (XCD 125, P 135, P 180, P 200)

Pulsar ug3.JPGBrader sekalian, penetrasi Bajaj belakangan ini di negeri ini sungguh mulai terasa. Ya setiap kali mata mandang ke jalan nampaknya tak pernah absen seliweran si Bajaj ini baik yang 125, 135, 180 maupun yang 200. Nah kali ini coba kita intp bagaimana Rondo si Bajaj ini dari berbagai sisi.

  1. Sisi Menarik Bajaj

Si Pulsar ini tentu paling menarik adalah dari sisi harga dimana Rondonya sungguh murah meriah. Ya Pulsar 200 lansian 2008 cuman dihargai 8-10 jeti saja, manteb kan ? Bndinnn dengan Tagor yang masih nangkring di kisaran 12-14 Jeti. Sementara P 180 malah aneh, si mongtor yohud ini terkadang harganya malah lebih tinggi dari kakaknya yang 200 cc. Ya tentunya karena populasinya paling banyak diantara saudara-saudaranya, wajar bila harganya stabil. Memang terkadang P 180 ini hanya dihargai 7 jutaan tahun 2008, namun takjarang pula yang membanderoll kisaran 10 jetian dan laku. Sementara untuk XCD 125 dan P 135 relatif agak jarang ditemukan rondonya. Si XCD 125 memang kurang popular sehingga sulit dicari rondonya, dan si 135 masih relative baru dan jarang rondonya. Namun sesekali memang ada yang melego dan dengan harga yang menggiurkan yakni 7 jeti ke bawah.

Selain sisi harga yang murah, Bajaj ini juga lumayan lo performanya. Seekor P 180 pun bisa bejaban dengan Tiger atau V-ixion dari sisi Speed, namun untuk akselerasi jangan berharap banyak bisa bersaing dengan Tiger kecuali sudah modifan. Partnya jugalumayan bandel dan kuat. Berikut Spek beberapa Pulsar:

Specifications

Pulsar 135 [5] 2010 Pulsar 150 DTS-i 2010 Pulsar 180 DTS-i [Ceased in 2009] Pulsar 200 DTS-i [Ceased in 2009] Pulsar 220 DTS-Fi 2010 Pulsar 220F DTS-i 2010 Pulsar 220S DTS-i
Power (HP) 13.5 15.06 17.02 18.2 20 21.04 21.04
Torque (N·m) 11.4 12.5 14.22 17.98 18.7 19.12 19.12
Wheelbase (mm) 1325 1320 1345 1345 1350 1350 1350
Weight (kg) 122 143 147 147 150 152 148
Top Speed (km/h) 115[6] 116 118 120 127 142 142[7]

2. Sisi Minus Bajaj

SI Bajaj ini mempunyai penyakit gampang meler olinya disebabkan packing atau seal karetnya gpang rusak. Hal ini nampaknya berlaku di semua model baik yang 125, 135, 180 dan 200. Selain itu partnya lumayan susah didapat, apalagi yang tinggal di daerah, juga terkadang harganya agak mahal, sementara dealer Bajaj juga tak sebanyak motor jepun.

Mu meminang monggo! Meriah lo! Kalu khawatir susah partnya si Pulsar ini bisa lo di substitusi dengan motor Jepun.

Advertisements

26 Comments

  1. seal oli cuma 2500 kok :D. jangan telen mentah2 informasi yang ada, ntar kaya kasus blogger yang cuma searching tanpa validasi foto helm simoncelli taun lalu yang kebetulan jatuh di sepang terus dipost sebagai artikel foto crash minggu kemarin

    • setidaknya apa yang terulas di as adalah rkan apa yang saya liehat dengan mata kepala sendiri, kalau sampean punya info yan lain ya monggo saja, ini sebuah diskusi bebas dan bukan pembodohan

  2. hmm,, di Beres harga Cap Chamsaft only 4500
    hahaa
    yang mahal ongkos masangnya,,, mending sekalian pas servis,,, :p

  3. kampas rem belakang (drum) bisa pake suzuki thunder 125,
    seal tuas persneling bisa pake honda supra 125,
    piston mx bisa bwt pies (tambah enteng tarikannya)

  4. punya ane kampas rem blakang punya NMP,, awet tuh,,, tapi minusnya ya bunyi ciiieeeeet2,, hahaha,
    kalo parkiran fitnes,, apalagi kalo begelnya model baru,, yang udah pisah,, suseh,,,

    • emang,,, kalo ngoyo si bisa lah jabanin,, tapi ngapa juga ngoyo,,
      ntar kalo udah >6000RPM bisa ngejar kok,, haha,,,
      karakter gigi 1-2 nya ga begitu responsif kayak motor jepang macam scorpio(soale dulu naek scorpio, jadi kerasa bener beda tarikannya),,, namun satu keungulan yang ane rasain,, kalo nglibas tanjakan enak banget,enteng , ga usah ambil ancang2, ga ngoyo, ga sampe ngos2an, kayak naek Tiger ato Megi,,

  5. Dapet rondo kembang… P200 red lansiran 2009 Km 2500 mesin msh seret
    Kata mekanik Beres setelah 5000km Mesinx baru enteng n halus…agak mahal sih 10.5jt tapi puas dan mantab.

  6. sampe sekarang masih pengen minang XCD yang terkenal iritnya sampe masuk rekor muri, gimana enggak… 1 liter bisa 100 kilometer… uieedaaaaan!!!
    bebek lewat semua kalo adu iritnya ^^

  7. MOTOR PALING VALUE 4 MONEY!!
    tigor 2008 berapaan??12-14 jt?? dulu barunya berapa mas bro??23jt?? hampir turun 10 jt ya?, berarti sama aja ama pulsar ya..jatoh2nya 8-10 jt

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan