Bila Duke 200 27 Juta Siapa Bakal Tergerus, V-ixon, Tiger, Scorpio, Atau Bahkan CBR 250?

Bajaj-KTM-Duke-200
Bajaj-KTM-Duke-200

Brader sekalian Setelah ramai di bicarakan bahwa KTM Duke 200 bakal di jual seharga 1,25-3,1 lakh atau sekitar 21-22 juta Rupiah, kini prediksi mulai berkembang. Pertamaa prediksi harga mongtor ini ketika dijual di Indonesia kelak, pasalnya BAI sudah mengisyaratkan akan menjual motor ini. Ke dua motor apa yang bakal terkoreksi penjualannya ketika Duke dijual di Indonesia dan disinyalir dengan harga murah.

Pertama adalah tentang harga. Kalau di India Bajaj menjual P 220 sekitar 14 juta, sementara di Indonesia dijual 18,6 juta, artinya ada selisih 4,6 juta dengan diferensiasi 4,6/14 x 100%= 32%, jadi mengalami kenaikan sekitar 32 persen. Nah bila Duke 200 di jual di India sekitar 1,25 lakh atau 21 juta dan kalau kita berandai-andai bahwa kenaikannya kalau sampai di Indonesia sekitar 32 % mirip P 200 maka kemungkinan harga Duke 200 di Indonesia adalah 32/100 x 21 juta + 21 juta = 6,9 juta+21 Juta= 27,9 juta Rupiah. He harga rasional memang untuk Duke 200yakni di angka 27,9 juta Rupiah.

Ke dua, bila Duke dijual 27,9 juta maka siapa bakal tergerus? Motor paling dekat harganya adalah Tiger, Scorpio yang di Kisaran 23-25 juta atau bahkan V-ixion yang sedikit dibawahnya. Jenis-jenis ini adalah kalangan yang mau naik kelas atau penggemar batangan yang sudah bosan dan pingin motor yang model baru. Atu juga penggemar motor sport yang dari kalangan bawahnya sekaligus macem pengguna Megapro lawas atau Thunder 125. Karena dengan anggapan harga 23-25 juta nangggung dengan performa segitu, mending sekalian duke 200 yang jelas bisa bejaban dengan CBR 250 namun harganya tak jauh dari angka 25 juta. Lalu bagaimana dengan CBR 250 dan CBR 150? Ya boleh jadi kena imbas lha wong perfomnya aja mirip, para calon pembeli CBR baik 150 ataupun 250 bisa saja berpindah ke lain hati karena iming-iming harga murah tapi berkualitas. Masalah rayuan Brand Honda yang mlegenda oleh jadi kurang berperan dalam kelas ini, karena sudah pada melek informasi.

Advertisements
Advertisements

25 Comments

  1. hancur semua..
    aseeeeeeeeeeeek
    motor sport turun harga jadi setara bebek
    bebek/matic mahal turun harga setara bebek menengah
    bebek/matic menengah turun harga setara bebek murah
    bebek/ murah turun harga seharga Mocin
    Mocin turun harga jadi……mbuh..ra urus :mrgreen:

  2. semua pabrikan jepang akan gigit kelingkingg….mringis krna memang operpresss
    Duke motor yurop dab…kapan lagi heeeeee….

  3. Time will tell… :mrgreen:

    Operator “kecil” yang maksa murah tarifnya dan
    starter pack juga dijual murah masih nggak sanggup
    melawan operator besar dengan segudang kelebihan
    meski “lebih mahal sedikit”, tapi coverage dan layanan
    lain tetap lebih…

    Itu masalah uang kecil…
    Kalo uang besar (jutaan) gimana?
    Saya kira sama saja, siapa yang bisa memberikan lebih
    meski harga lebih mahal tetep dipilih khalayak ramai…

    Kita tunggu, apakah 4 samurai jepang kewalahan
    dengan produk ini… 🙂
    Saya yakin sih tidak, coz 4 samurai juga nggak bakalan
    tinggal diam…

    So…
    Masih mimpi kalo bisa ngalahin 4 samurai Jepang!!!

  4. saya rasa ga bakalan tergerus dan punya market sendiri2, secara mindset kebanyakan org indonesia CUMA MOTOR JEPANG YG “BAGUS”, bagus dalam segala hal termasuk resale value juga punya peranan sangat penting. walaupun duke punya “value” yg lebih maknyos

  5. saya rasa pasarnya akan segmented kang, secara modelnya yg out of the box,
    mungkin di kota2 besar ya pasar akan tergerus,
    tp untuk di daerah saya rasa agak sulit, dimana masyarakat menilai motor sport itu harus berbaju (cbr, ninja rr/250) atau naked (vixion, tiger dsb).

    demikian juga dengan nama ktm itu sendiri, bisa jadi di daerah nama ktm identik dengan motor dari negri panda

    dan kalo pun duke ini bisa eksis (penjualan dan 3s nya) barulah masyarakat luas menilai dan terbiasa dengan modelnya.
    salam.

    • mungkin 1-2 tahun akan susah, apalagi pabrikan cina bermerk sama keluar duluan hingga mindset rakyat ke merk KTM jadi jelek. jadi ingat kasus vixion, motor cc nanggung, injeksi (apa itu? ribet & mahal!), ban kecil, inilah, itulah. eh skarang ada dimana2, beli pun inden.
      KTM (dan BAI) kalo serius jualan) mesti siapkan dealer, bengkel resmi, dan bersabar! sy yakin edukasi yg terus2an akan mengubah mindset rakyat

  6. Kayaknya kalo ngejar awalnya motor naked gak bakal ngambil motor fairing deh. yang mungkin kena hajar sebelum berkembang itu si inazuma250 dah dengan harga segitu.

  7. harga paling logis, dgn tidak mengeluarkan harga yg bisa membuat P220 tidak laku, adalah sekitar 23 – 27 juta. new scorpio z, new tiger, new cbr 150, gulung tikar semua !
    lawan sepadan mungkin suzuki gw 250

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin