Motor Ini ASeli Lo Made In Jogja, Sayang Tak Banyak Disoundingkan

Sepeda motor keren buatan Kalasan, Sleman, adalah sebuah prototipe buatan dalam negeri yang belum banyak terekspos. Ya, jika mobil Kiat Esemka punya Jokowi sebagai phalawan yang mengenalkannya pada dunia hingga kini banyak diketahui asyarakat, namun beda dengan motor ini yagn merangkak sendirian di usia muda kelahirannya. Padahal sepeda motor yang lahir dengan merek MAK itu 90 persen produk lokal kecuali mesin yang masih impor, yang mulai sekarang ini ada penegasan dari produsen bahwa semua komponen sudah diproduksi di Daerah Istimewa Yogyakarta mulai dari rangka yang terdiri dari 98 komponen serta bodi yang dibuat di Piyungan Bantul.

asli
asli

MAK adalah singkatan dari Mega Andalan Kalasan yangkini menelorkan dua varian yaitu Vipros X 100 dan Vipros X 125. BErdasarkan berita Tempo, saat diuji coba, suara mesin Vipros X 100 tidak berbeda dengan produk pabrikan Jepang. Tarikannya pun bisa mengentak. Cat untuk bodi yang jumlah warnanya ada lima macam itu juga terlihat halus dilapisi antigores. Harganya pun jauh lebih murah dari produk Jepang, yaitu Rp 9,45 juta dan Rp 9,9 juta per unit.

So tinggal menunggu pemerintah apakah kita akan selamanya dijajah oleh bangsa lain? Ataukah memang pembukaan UUD 1945 benar adanya dengan kita menerima secara artian leterleg, bahwa kita hanya dihantarkan pada pintu gerbang kemerdekaan, samasekali belum melihat atau bahkan mengalami kemerdekaan keculi ngintip dari pintu gerbangnya saja.

Advertisements
Advertisements

46 Comments

  1. sepertinya bakal lebih di apresiasi kalo tidak mencontek desain motor lain..selain menghilangkan kesan mocin 🙂

    Mau bikin desain sendiri tapi terbentur biaya? No no no no….. buat lomba desain di internet, soundingkan sbg desain motnas. Niscaya akan ada ribuan orang yg dgn senang hati mengikutinya. Cukup sediakan 10 juta rupiah+ Hak paten sebagai hadiahnya..sukur2 kalo dijadikan karyawan tetap sekalian..

  2. Imho sing penting blue print’e Pak dhe.
    hasil itung2an engineering’e yo aseli dalam negeri.

    Nak rung iso komplit, sementara yo ndompleng pabrik gedhe Jepang, tapi kudu jujur.
    Ojo mbacem meneng2 terus didol… gak gentle babar blass.
    Nak wis iso ngadek dhewe baru lek-lek’an

    Proton ae awal2 joint mitsubishi… tapi saiki lak wis iso ngadheg jejeg.

    Nak mung copy paste, Indonesia pancen jago (lha biyen kuliah nggarap tugas yo copy paste…wakakak). Sing iso nggawe bangga… yo itung2an dhewe mau

    monggo

  3. ini wajib didukung…apalagi kalo spare-part gampang didapat (bisa substitusi merk lain lebih sip :mrgreen: )
    mosok perlu dipake pejabat dulu baru bisa buat gebrakan???

  4. Ini made in, apa cuma ngrakit in?
    Kalo memang body-nya udah bisa produksi sendiri, kenapa desainnya masih klonengan motor lain? Percaya ngga percaya jadinya. 😮

  5. waw,, patut diapresiasi,,
    Semoga kedepannya bisa bikin model orisinil yang ga niru pabrikan sebelah,, 😀
    5 thumbsup

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin