Gonjang-Ganjing Mobil Kiat SMK 90% Part Dalam Negeri: Nih Yang Katanya MAsih Impor | Bonsaibiker

Gonjang-Ganjing Mobil Kiat SMK 90% Part Dalam Negeri: Nih Yang Katanya MAsih Impor

Mobil-Kiat-Esemka-Digdaya

Mobil-Kiat-Esemka-Digdaya

Mas bro sekalian beberapa banyak usaha Motor Nasional dan mobil Nasional kandas karena memang dari awalnya hanya menjiplak kemudian setelah sekian lama menjiplak namun tak pernah berubah wujud hingga mempunyai jati diri dan ciri khas, sehingga gagal dipasaran dan mendapat gelar Motor/mobil Cina. Lain halnya dengan yang dilakukan India dan Malaysia yang dalam waktu tak berapa lama bisa membuat jiplakan kemudian dirubah menjadi ciri has sendiri sehingga diakui karyanya. Lalu mobil Esemka ini pun terjeak dalam imajinasi demikian, sebuah pabrik di Cina disinyalir memproduksi mobil yang mirip dengan Kiat Esemka ini, lalu njiplakkah mobil Esemka ini?

Tribun news mewartakan bahwa Sukiyat pemilik pabrik mobil Esemka ini mengakui masih sulit untuk mewujudkan 91 persen komponen dalam negeri. Dia mnjabarkan bahwa beberapa spare part (suku cadang) masih menggunakan produk impor, antara lain ring seker, metal jalan, metal duduk, gardan dan komponen kelistrikan. Lampu dan spido meter juga masih dicari yang ada di pasar, karena anak SMK belum dapat membuat sendiri.

Ya, sebuah pengakuan yang gentle tentunya, ya kita berkhusnuzon saja bahwa memang itu sudah 90 %buatan dalam negeri dan nantinya bisa merubah image bahwa itu bukan mobil jiplakan aka mobil Cina. KE depannya mobil ini punya ciri khas sendiri dimana tak ada rancang bangun yang menyamai sehingga bisa berbicara dipentas nasional bahkan internasional. INgatkah kita ketika motor/mobil CIna ikut pameran di Eropa? Langsung disita karena dianggap njiplak. Seep pokoke majulah bangsaku!

Advertisements
%d bloggers like this: