Tag Line Fino "Fashionable Matic" Mengesankan bahwa Scoopy Retro Matic atau Bahkan Katro | Bonsaibiker

Tag Line Fino "Fashionable Matic" Mengesankan bahwa Scoopy Retro Matic atau Bahkan Katro

Bagi penggemar Scoopy sabar dulu, ini bukan pembunuhan karakter Scoopy, karena James Bon

1013101620X310

1013101620X310

s sendri adalah FBS aka fans berat Sccoopy. Ya ini adalah sebuah analisa tag line yang diluncurkan Yamaha dalam memasarkan Produknya. Analisa ini diusulkan oleh bro Blade-in, thanks for idenya.

Sebagai pendahuluan menurut bro Blade-in bahwa untuk menarik pasar baru, Yamaha kayaknya tidak ingin pake istilah retro (yang segmented tentunya). Tapi memakai istilah “fashionable”  (matikgaya, yang lebih luas). Bahasa promosinya: “Yang mau retro, pake Scoopy, Tapi yang mau gaya, pake Fino !”Kita liat seberapa ampuh jurus “diferensiasi” istilah ini menghipnotis konsumen !

01_classic20white1-300x273

01_classic20white1-300×273

Ini bisa dikatakan dengan bahasa iklan yamaha terdahulu bahwa “Yamaha semakin di depan, yang lain makin ketinggalan” lalu menjadi “Fino matik gaya, yang lain katro”. Satu bahasa iklan dengan nada sidiran yang tentunya masih sati nada dan cukup menyentil alias nylekit. Sah-sah saja melanjutkan tag line ini bahwa yang makek Fino makin gaya dan yang makek Scoopy makin retro dan kemudian dikembangkan menjadi ejekan katro.

Nah setidaknya ada dua hal yang perlu dicermati. Pertama anggaplah ini hanya bahasa Iklan untuk meraih simpati konsumen. Lalu ke dua justru statmen ini harus disesuaikan data fakta yang ada, mengatakan bahwa Scoopy itu retro berdasarkan tolak ukur apa, lalu mengatakan Fino fashionable matik juga ukurannya apa. Kalau hanya sebagai sentilan bahasa iklan, sah-sah saja bahwa Fino ini memang datangnya belakangan dan boleh jadi akan laku karena mengatasi kejenuhan pasar terhadap Scoopy yang sudah lama, dan dengan bahasa ini orang akan tersipu dan terpesona untuk meminangnya. Namun sebaliknya bagi sebagian orang yang tau otomotif dan gaya, tentu dia akan berpikir rasional dan melihat data yang ada. Konsumen model ini pasti mempertanyakan, apa sih keunggulan Fino dibanding Soopy? Nah kini saatnya tugas Yamaha membuktikan bahasa iklannya bahwa Fino Lebih gaya daripada Scoopy. Kalau tidak? Ya jangan berharap bisa memikat golongan ini. Atau malah slogan “Matik Gaya” berubah jadi “Mati Gaya”. Selamat berjuang Fino!!!!!

Advertisements
%d bloggers like this: