Honda Trelis 150 Dohc! Yang Runtuh V-ixion Apa Justru CBR 150 Sendiri?

Membaca tulisan kang IWB tentu kita semua terhenyak, pasalnya sudah beberapa minggu motor tralis Honda 150 ini belum ada kabar sekalipun, ternyata bocoran bahwa mesin si tralis ini berbasis CBR 150. Nah disini belum jelas apak SOHC atau DOHC. Spekulasi ini memang nampak mirip dengan bakal dikeluarkannya CBR 250 dulu, dimana ketika itu rumor yang berkembang adalah mesin CRF 250 yang bukan DOHC tapi amat powerfull, dan pada akhirnya ternyata CBR 250 membawa mesin sendiri yang DOHC bukan generasi CRF.

Sebuah penafssiran muncul jika mongtor ini memang menggunakan mesin CBR 150 DOHC dan ditujukan untuk menghancurkan V-ixion dengan dibandrol harga murah maka bisa jadi Vixion bisa bener-bener hancur, karena betapapun kuatnya itu motor pasti ada masanya kepopulerannya pudar tergantikan oleh yang baru dengan model yang baru dan kekuatan yang baru. Namun kemungkinan lain adalah justru menjadi senjatamakan tuan yakni justru CBR 150 lah yang bakal gulung tikar, jikalau benar powernya sama dengan si CBR orang akan rame-rame beli motor ini, sementara CBR 150 sendiri terlupakan, karena pautan harganya sangat jauh diatas V-ixion.

Ingat konsumen Indonesia masih terpaku pada motor kencang, dan ini memang sangat wajar. Bila motor basisnya sudah kencang dimodif fairingpun harganya takkan mahal dan durabilitasnya tak terpengaruhi, beda dengan motor tidak kencang dimodif kencang, rata-rata durailitasnya bobork. Ya, betapapun kita tidak mengakui tapi itulah kebanyakan konsumen level ini menghendaki motornya kencang.

Dan bila Motor tralis ini DOHC, belum pernah rasanya Honda menjual motor kerennya dengn harga murah. MMm rasanya berat untuk kebiasaan Honda menjual DOHC 150 berpendingin cairan tapi harganya dibawah 25 juta. Kecuali dengan beberapa opsi semacem down grade mesin CBR 150, dengan konsekuensi durabilitas dipertaruhkan semcem V-ixion yang home steernya gampang oblak.

Atau Honda ingin punya strategi lain, dengan mengorbankan CBR 150, dengan cara memindhkan mesinnya ke motor ini? Sebuah fakta bahwa meski CBR 150 dirakit di Indonesia kemudian harganya diturunkan, tentu akan sangat menyakitkan bagi pembeli awal yang masih CBU. Maka agar tak terlalu mencolok dibuatlah setrategi ini agar segara bisa meruntuhkan dominasi Yamaha di segmen sport. So, SOHC atau DOHC masih abu-abu.

Advertisements
Advertisements

53 Comments

  1. strategi tingkat tinggi bro,sangat susah diprediksi,saya malah cenderung mikir pake mesin cs1 bore up atau nmp yang upgrade jadi dohc,kayaknya lebih logis deh

  2. kita lihat aja nanti apakah sang raja vixion akan menyerahkan tahta nya kepada honda .
    jika itu terjadi,berati vixion sudah capek duduk di singasana nya
    wxwxwx

  3. menurut ane sih sangat2 mungkin si teralis 150cc DOHC dibanderol dibawah 25 jt.
    kita semua tau yg bikin mahal CBR150R karena didatangkan secara CBU.
    coba dibuat lokal ane yakin baderolnya gak akan nyampe 27 jt.
    nah dgn dasar ini, kita akan sedikit tau kira2 berapa harga fairing, tinggal dikurangin aja…
    yah… 24 juta adalah harga yg logis buat si teralis 150 cc DOHC ini

    ini pendapat ku, bagaimana pendapatmu….???

  4. meisn nmp diubah menjadi sistem injeksi bodi teralis plus naikan cc dikit jadi 153 dijamin vixion lewat. ban samakan dengan vixion yang cungking.mantap tuh.lebih kenceng nmp

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin