Kenapa Ya Yang Banyak Sruntulan Di Jalan Adalah Pengedara Xenia-Avanza? Meski Tak Semua Lho!

Setidaknya judul di atas adalah hasil penglihatan James Bons baik di dalam kota atau luar kota. Dan james BOns sadar sepenuhnya pengamatan ini boleh jadi berbeda hasilnya ketika orang lain mengamatinya. Analisa ini pun juga tak mengatakan semua Xenia Avanza pada srunthulan, dan juga tak menutup kemungkinan ada juga mobil lain yang srunthulan.

c23ea2e53d6a45e169d6f6a39dfa9-300x209
c23ea2e53d6a45e169d6f6a39dfa9-300×209

Ketika Jams Bons memakai Grand butut lansiran 94 seringkali disalip Xenia-avanza ini dan memaksa James Bons turun dari aspal, ya wis nrimo. Ketika James Bons bawa Blazer tetep sering dpaksa ngalah ama duo mobil ini, padahal secara body dan performa duo boil ini tak ada apa-apanya dibanding Blazy, tapi yawes nrimo. Ketika James Bosn makek Tigor, tetep aja sring bejibaku dengan boil ini, bahkan tak jarang james Bons salip-slipan di 125 kph dengan si duoboil ini. Nah tapi satu hal yang James Bons dapet ketika kecepatan 125 ternyata si duno boli ini begitu berat untuk nyalip alias nambah kecepatan, makanya di jalur Pantura James Bons begitu pede dengan bawa Tagor untuksalip-salipan dengan boil ini. Ya tagor bisa nyrunthul diantara 2 truk, sedangkan si boil ini kagak, heheheh.

Ketika Jame Bons makek Avanza sendiri bolak-balik Cirebon-Magetan, ealah bener disalip juga ama si nia dan apangsa lain. Wekeekekekee. Akhirnya James Bons tahu beberapa hal tentang kenapa bawa mobil ini penginnya nyalip terus:

  • Kalau sekali kalem atau berhenti maka harus acang-ancang agar bisa nyalip, makanya sekali kencang ya harus tetap kencang meskipun itu harus zigzag dan membahayakan pengguna jalan lain. Ya ibarat naik mio lah wekekekekek.
  • Mengemudikan mobil ini betul-betul relatif gampang, pandangan bisa terlihat ke segala arah, body kecil dan pendek, makanya gampang selap selip,besda dengan lazer atau kijang Inova atau sedan panjang kelas 2000-an cc yang tak bisa ngliat seluruh body.
  • Pengendara mobil model ini oleh jadi banyak yang kelas pemula jadi asal sruntul bae dan gak mau ngalah, ini tentu beda sekali saat James Bons melihat sebuah mercy jok sebaris melintas di Tol wuss, tapi ngambilnya (over take) itu lo nggak bikin pengendara lain terganggu atau tertabrak atau merasa was-was, alias mulus over take, heheh yakin pengalamn yang berbicara, disamping tentu harga boil.
  • Oya, satu lagi, duo mobil ini memanjakan Driver bukan memanjakan penumpang, wekekeke buktikan kalu gak percaya.

Tapi yawislah semoga semua termasuk James Bons sendiri tak lagi hobi sruntuhlan, membahayakan pengguna jalan lain, seperti musibah yang menipa korban Xenia maut di gambar diatas. Heee, sekedar share aja dengan tetap menyampaikan rasa Hormat dan respek setinggi-tingginya pada sang pengendara atau empunya duo boil ini. Keep brotherhood, salam, Sabdo mode.

Advertisements
Advertisements

45 Comments

  1. ah masak si om… Tigor 125 kpj kagak kesalip…
    Susasah mobil sejuta umata aka populasi banyak…
    Sama hal nya bebek super suzuki… Popolasi banyak… Di pake alay… Ya sering di tjap bebek super alay…

    Tapi aku gak termasuk dua2nya loh om… Gak mobil gak bebek super cuma alon2 kalo numpak…

    Sssttt… Ini rahasia loh om…

    Kalo 135 kpj avansa masih enteng om… Kayak belum mentok…

  2. ah enggak juga ko pak bons, mobil lain juga banyak yg suka seruntulan. malahan klo ditempat ane metro mini dan angkotlah yg sering terlihat seruntulan di jalan raya.

  3. dulu pernah punya Avanza 1.3 vvti, mayan kencang di tol aja sampe 150 kmh mudah didapat (versi spedometer) om…trus bodynya enteng kaya krupuk..

    trus pas dijual juga rugi dikit.

  4. Wah ternyata sesama pengguna blazy juga boz… just share aja… saya driver sekaligus owner blazer, tapi jarang saya pake, maklum nyangkulnya diluar jawa. Di tempat nyangkul seringnya naek apansa.. penumpang saja sih. Kanyamanan dan rasa aman naek blazer dan apansa terasa beda banget… Perasaan naek blazer serasa di lemari besi sedangkan kalo di apansa serasa di kaleng krupuk…
    Sama seperti bro jems bond ini sekedar share aja dengan tetap menyampaikan rasa Hormat dan respek setinggi-tingginya pada sang pengendara atau empunya apansa

  5. benar…saya juga sering dirunthuli…asal tau saja, rata2 mobil rental pakek avansa-senia…tau sendiri lah sebagian besar karakter pengrental…:D

    -sayapun ketika bawa afansa bawaanya mancal gas terus.

  6. Gampang aja om bons…karena populasi mobil ini lumayan banyak, sama aja kalo bilang yang naik mio sruntulan…karena populasinya banyak jadi semua 4lay bisa pake…he he.

  7. tergantung pengemudi kang..
    kalo ditemukan kbnyakan xenia/avanza, bisa jadi krn mmg paling laris /murah meriah ya dua mobil itu, merakyat lah istilahnya..
    semakin bnyak populasi smkn besar peluang (teori probalilitas).
    itu mnurut pndapat awam seperti saya atau ngawur.com 🙂
    ayo diskusi ketempat saya lagi kang..

  8. Mungkin karena biasa pakai motor jadi lupa pake rem, begitu ada hambatan reflek langsung nganan 😀 Kalau mobil lain drivernya mungkin ngak biasa bawa motor jadi lebih safety.
    Tapi kalau liat di toll malah mobil buntung(hadback) yang suka guntingan kayak di vidio game.

  9. Avanza xenia, pake cai sama busi iridium aja, terus setel co, dapet 150 km/ jam dg gampang.

    Soal nyaman?
    Ya memang mending innova.
    Harganya aja beda.

  10. Biasanya si mobil jenis ini merupakan mobil rental, mobil antar jemput kary, mobil operasional pabrik/perush, mobil owner/driver pemula.
    Tapi ada juga sih yg gak ky gitu, dan bawanya sopan.

    Btw, kalo yg di Tugu Tani mah ga ada hubungannya ama merk Gan. Itu sih psikopat mabuk jagal manusia. Pake merk apa jg bisa jadi begitu…

  11. bener kata mas James “Pengendara mobil model ini boleh jadi banyak yang kelas pemula jadi asal sruntul bae dan gak mau ngalah, ini tentu beda sekali saat James Bons melihat sebuah mercy jok sebaris melintas di Tol wuss, tapi ngambilnya (over take) itu lo nggak bikin pengendara lain terganggu atau tertabrak atau merasa was-was, alias mulus over take, heheh yakin pengalaman yang berbicara, disamping tentu harga boil”…….
    emosi masih labil…

  12. Sama kayak hipotesis blogger sbelah bahwa pengendara motor bebek = sruntulan, jawabannya idem dengan masbro di atas, dengan teori probabilitas sederhana bisa dijawab kenapa pengendara Xenia/Avanza dan juga motor bebek banyak yg sruntulan. Keduanya punya kesamaan yaitu karena harga yang murah (kecuali versi anyar), fungsionalitas yang tinggi, mudah dikendarai menjadikannya pilihan banyak orang, sehingga karakter pengendaranya pun makin beragam. Coba aja kalo tuh mobil Xenia/Avanza (dan juga motor bebek) dibandrol harga tinggi dengan fungsionalitas yang rendah dijamin populasinya makin sedikit sehingga akan sulit melihat pengendara Xenia/Avanza n bebek yg sruntulan.
    buktinya di Indihe sono yg mayoritas pengendaranya motor batangan trnyata ridernya sama aja sruntulan, padahal katanya pengendara motor batangan tuh lebih santun. Ya karena di sono populasi dominannya motor batangan jadinya probabilitas buat berlaku tidak tertib lebih tinggi di motor batangan

  13. begitulah.. ini duo udah terlalu banyak beredar dijalanan.. bodi buat sandaran dah melempeng, memang pas banget bagi driver pemula dan menengah.. nyaman.. makanya klo latian nyupir enaknya bawa xeni ama apanza..

  14. asli pikiranku seperti itu sangat2 sruntulan
    pernah tuh pas saya jalan dari waykanan ke bukit kemuning udah tau ada 6 mobil berderetan dan memang jlnya naik turun tebing dgn tikungan2 yg rapat eh ada apansah mau motong enam mobil yg beriringan ini sudah sampe mobil baris ketiga depan ada bus ALS dah supirnya panik mau masuk di barisan mbil gak di kasih ahirnya sopir ini masuk barisan paling belakang sambil dim dim mobil ALS tsb

  15. satu pendapat boss…. gw daerah bandung,
    gw jga sering dipepet sama avanza-xenia khususny yg 1.3…

    maw naik motor Shogun 125, ato pas lagi pake Kijang super 1.500, punya babeh, tu pengendara avanza – xenia sruntulan amit.

    bahkan gk jarang lgi di by pass wktu pake Kijang super babeh ntu di pepet ama Avanza – xenia di kec.80km/jam dengan jarak 1 meter, gak tau jarak amat tu orng,

    bahkan sering ketika macet jarakny deket amit, & klakson tat tit tat tit…., kadang kesel2ny gw ama tu pengendara mobil gw sering REM MENDADAK waktu mepet/ klakson tat tit tat tit, pdahal gw bawa mobil gk pelan gk keceng, sedang2 aj, klo disuruh susul ya gw kasih jalan.

    tapi jujur sh gw pernah pake Avanza & yg paling bertenaga itu yg 1.3 “Sebelum VVTi(“2004”), sulit bener tuh mobil dikendaliin buat akselerasi mulus, bahaya untuk pemula karna sentakannya ituloh bikin kaget, beda bnget ama yg udah VVTi.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin