Hati-hati Membeli Buah Segar Impor, Banyak Pewarna dan Formalinnya! | Bonsaibiker

Hati-hati Membeli Buah Segar Impor, Banyak Pewarna dan Formalinnya!

Brader sekalian, ternyata ketika kita menengok buah segar yang dijual baik di swalayan maupun di pinggir jalan, khususnya buah impor, bahaya gan, sering ada formalin dan pewarnanya. Pemberian formalin umum dilakukan pada anggur, jeruk, apel, dan ikan impor; Pewarnaan biasanya dilakukan terhadap pir, mangga, belimbing, pisang, jeruk dan semangka impor.

buah-segar

buah-segar

Okezoen memberitakan bahwa pembatasan pintu pemasukan impor sayur dan buah perlu dilakukan untuk melindungi masyarakat dari produk berkualitas rendah. Menurut Kepala Pusat Karantina Tumbuhan Kementerian Pertanian (Kementan), Arifin Tasrif, Indonesia menjadi keranjang sampah bagi produk pertanian dari negara lain. Ironisnya, produk tersebut berkualitas rendah dan sering tidak laku di negara lain. Hal itu patut diwaspadai karena banyak yang tidak layak dikonsumsi karena kandungan logam beratnya sangat tinggi.

“Saat ini saja satu dari 1.000 orang di Indonesia menderita autis. Jika impor tidak ditekan, maka jumlahnya bisa meningkat,” kata Arifin di sela sarasehan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Jombang, seperti ditulis laman beritasatu.com, Jumat (27/01). Dari total volume impor buah, diperkirakan 1.000 ton lebih ditolak karena mengandung bahan berbahaya di atas ketentuan. Sebagian besar produk berformalin adalah kacang tanah dan pir.”Baru-baru ini, Badan Karantina telah memusnahkan berbagai macam apel berformalin di Sulawesi Selatan,” kata Arifin.

%d bloggers like this: