Berbagai Perkembangan Pasca Drama Penolakan FPI di Kalteng

Brader sekalian, Bonsai Biker adalah hanya blog otomotif yang banyak menyajikan informasi tentang otomotif, namun sebagai manusia sosial yang tak menganut mazhab individualis dengan mengutamakan adat ketimuran, ada baiknya kita merespon settiap kejadian yang berlangsung. Salah satunya adalah peristiwa yang ramai mengundang perhatian publik belakangan ini, yakni tentang penolakan FPI di Kalteng. Ya sebagai warga negara Indonesia kita tetap menghargai setiap aspirasi dan perbedaan, demikian pula sebagai umat Islam tentu kita mengedepankan sikap menghagari perbedaan berpendapat.

fpi
fpi

Lima Pernyataan Sikap Terhadap Penolakan FPI

Ya buntut aksi penolakan itu ternyata lumayan panjang, satu sisi tetap masih banyak yang mendukung FPI dan ada juga yang ngotot menolak FPI. Nah pada hari Senin kemarin, 13 Pebruari 2012, bertempat di Aula Jayang Tingang, dari hasil rapat pimpinan agama, pimpinan organisasi masyarakat (Ormas), dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalteng, ditetapkan lima pernyataan terhadap penolakan pembentukan Front Pembela Islam (FPI) di Kalimantan Tengah (Kalteng).

  • Pertama, semua pimpinan agama, pimpinan Ormas dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Tengah, menyatakan bahwa penolakan pelantikan FBI tersebut tidak ada kaitannya dengan agama dan suku.
  • Kedua, agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dan semua pihak wajib bersama-sama menjaga kebersamaan dan ketentraman serta kerukunan umat beragama dan memelihara tri kerukunan umat Beragama sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Ketiga, sepakat menyatakan masalah tersebut telah selesai dan semua pihak siap untuk kembali menciptakan kondisi Kalteng yang rukun dan damai.
  • Keempat, hindari upaya adu domba dalam masyarakat dan tindak tegas pelakunya sesuai dengan hukum yang berlaku.
  • Kelima, tingkatkan persatuan dan kesatuan dengan semangat huma betang di Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila Kalteng.

Sementara itu mendagri ternyata berwacana lain, pak mentri ini akan mengkaji ulang wacana pembubaran FPI, “Dalam UU kan sudah disebutkan kalau melakukan tindakan anarki dapat dilakukan teguran keras, pembekuan, sampai pada pembubaran. FPI kan sudah yang kedua kali, setelah yang di Monas, terus yang di kantor kami (Depdagri, Red). Jadi kami sedang lakukan kajian, kalau memang ada bukti-bukti yang kuat, tentu akan kami ambil langkah-langkah,”

sumber: beritasatu.com.

Advertisements
Advertisements

34 Comments

  1. “Kedua, agar kejadian tersebut tidak terulang kembali dan semua pihak wajib bersama-sama menjaga kebersamaan dan ketentraman serta kerukunan umat beragama dan memelihara tri kerukunan umat Beragama sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku”.
    Setahu saya FPI tdk menyerang agama lain…, mereka hanya menyerang kemaksiatan… Kalau bukan FPI siapa lagi yg melawan kemaksiatan?

  2. kasian….mau tegakkan moral aja maen anarkis/otot…
    cuma orang lemah yang maen otot bukan otak…

    kalo ini kelompok gak sanggup mengendalikan diri soal anarkisnya, gimana mau diharapkan mengendalikan diri dari uang yang berbicara?
    dan dapatkah beberapa perbuatan baiknya menghapus pola atau kebiasaan terornya? non sense la….

    dia yang paling keras teriak soal moral, biasanya paling “kompromi sama korupsi moralnya sendiri”…

  3. Kebetulan hari sabtu kemaren saya berada di palangkaraya…demo mulai dari bundaran besar sampai ke kantor walikota.
    memang yang jadi masalah adalah organisasinya. bukan masalah agama.karena di palangkaraya banyak sekali masjid dan gereja yang dinding temboknya jadi satu. jadi saling bersebelahan gitu. Hehehehe
    Tolak FPI lah..

  4. pakai kekerasan itu yg bikin org ga stuju, siapa yg mw bela klo gitu? klo ad yg bela mati2an, inget ad kalimat ‘siapapun yg diuntungkn dlm suatu kejahatan, dialah yg bersalah’. cmiiw
    《♥p200ns♥》

  5. saya setuju kalau FPI dibubarkan … Bkn masalah agama, suku atw yg lain.a … Tp sy msih ingin mlihat perdamaian d negara ini …
    FPI terkadang kelewatan … Sering bersikap anarki .. Sok brtindak layak.a pahlawan melibihi dari aparat yg ada …

  6. FPI ____ FRONT PERUSAK ISALM….ga ada alasan dukung fpi….kekerasn dan jihaad hnya ad dalm peperangan…dan jihad melawan hawa nafsu,,bkan malah mengumbar nafsu…berkoar menegakkan syariat tp merusak syariat,,,berdakwa tp merusak keharrmonisan membentur benturakn hubungan dangan Tuhan Hablum minallah tp merusak hablum minannasny…FPI tong kosang..tp FPI preman yg mengatasa namakan Islam lebih rendah dr prman jaln yg treng2an,,,dalam peyampaian Islam mulai Baginda Rosullullah SAW…sampai msaukny islam di indonesia sampai para wali ditanah jawa ga da yg namanya kekerasn dn perusakn…fpi pake otot ga pake otak…pake okol ga pake akal…pake nafsu ga pake hati,,,sadarlah ap yg kalian perjuangkan keluar dari rel….orang lain jadi takut dan benci melihat kalian,,,jgnkan orng lain saya sendiri islam muak dan malu melihat ulah kalian……

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin