Beginilah Kondisi Panel Spidometer Blazer yang Sehat

Mas bro sekalian khususnya para blazerian, dari hasil mengikuti facebook BOC aka Blazer Owener Club, dimana disitu selalu dibimbing dan diasuh oleh tehnisi handal khusus Blazer yakni Kang Agus Sopandi dalam rangka perawatan Blazer, ada satu trit yakni menandai Blazer yang sehat lewat indikator panel Speedometer. Artikel ini menggabungkan nasehat kang Agus Sopandi dan artikel Cave Blazer, nah simak gambar berikut:

Dari gambar ini beberapa hal yang harus kita perhatikan bahwa ketika mesin nyala dari panel ini adalah:

1. Indikator Arus aki

Indikator ini terletak di pojok kanan bawah. Tegangan yg stabil di 14v lewat dikit atau ada yang bilagn 14,7 (jarum tegak lurus jam 12, miring dikit kekanan tapi masih nempel di strip angka 14). Nyalakan semua lampu, audio, AC dll, jarum harus diam tidak bergerak. Hindari mobil yg jarum voltmeternya tidak diam. IDEAL_nya arus aki saat menyala14 volt namun Blazer menunjukan 12 Volt selama tidak menunjukan gejala aneh di Kebo Insyallah ngak masalah.

2. RPM

Indikator ada di depan bagian kana kira-kira arah jam 1-2,dimana sebelah kiri adalah speedometer. RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis.

3. Tekanan Oli

Indikator tekanan oli,ada di pojok kiri bawah. Range dari 0 sampe 500 kpa (maks). Yg dicari adalah : sekitar 5 menit pertama setelah mesin nyala, jarum harus mendekati 500 kpa (maks). Semakin mentok semakin bagus. Tapi RPM harus stabil di 900. Ini beda nya ama sebagian mobil lain. Mobil lain, ada choke otomatis, awal2 mesin nyala, RPM naik diatas 1000, lama2 baru turun lagi. Di blazer, RPM tetap 900 tapi tekanan olie maks di 500 kpa. Setelah 5 menit an, tekanan oli perlahan2 turun ke 250 (tegak lurus arah jam 12), tapi kalo pedal gas ditekan, jarum melejit ke 500 kpa, dan mulai saat ini jarum bergerak berdasarkan RPM dgn batas minimum 250 kpa.

4. Suhu/temperatur

Panel indikator temperatur ada di KIRI atas. Blazeryang sehat adalah bila jarum indikator nya naik pelan-pelan dari 0 ke 102 derajat butuh waktu sekitar 10-15 menit. Kemudian xtra fan nyala, sekitar 2-3 menit jarum harus turun ke 80. Nyalakan AC, dalam kondisi idle jarum harus stabil di 80 (jika AC nyala). (Asumsi system pendingin masih original, belum di modif).

Advertisements
Advertisements

22 Comments

  1. indikatornya komplit

    sekalian numpang nanya gan, katanya ganti aki blazer susah ya? arus listrik nggak boleh putus

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin