Membaca Kans Suzuki GW 250 Dalam Sempitnya Pasar Sport 250 cc

Setelah pengajuan izin impor terdaftara dalam TPT Deperidag Suzuki GW 250 terendus media, tentu kita bisa mengambil kesimpulan bahwa kedatangan motor 250 cc 2 silinder ini tinggal menghitung hari. Ya, rumornya sih memang tak bakal lewat tahun ini, entah pertengahan tahun atau akhir tahun nanti.

Nah bagaimana kans si GW 250 ini? Ya, kalau menilik keseluruhan penjualan motor tanah air segmen sport termasuk segmen kurus, alias tak terlalu banyak, itupun masih dibagi dalam kelas sport dibawah 200 cc dan kelas diatas sport 200 cc. Kelas 250 cc kini telah dihuni N 250, CBR 250 Minerva Megelli 250, dan kabarnya juga Hyosung 250. Kini suzuki siap menembus pasaran 250 cc ini. Satu hal yang patut disorot dalah biaya bermain di segmen ini sungguh besar, dan untungnyapun juga belum terlalu manjanjikan kecuali GW 250 melebih sukses Ninja 250. Sebuah modal sebenarnya telah dikantongi si GW 250 yakni model touring yang sungguh berbeda dengan N 250 maupun CBR 150. Diverensiasi ini tentu senjata ampuh bila digunakan dengan strategi yang tepat. Nah beberapa strategi harus cermat dilakukan dalam berbagai hal sperti:

Strategi Pricing

Harga ini bila disinyalir terlalu mahal, tentu akan begitu saja dicuekin oleh para biker, kalau terlalu murah tentu juga bakal rugi sendiri, nah bagaimana seharusnya? Sebuah strategi Kawasaki mendatangkan ER 6 N dengan Harga 100 jutaan patut diacungi jempol, pasalanya selama ini moge diatas 250 cc diisukan terlalu mahal, namu Kawasaki bisa mendatangkannya dalam harga tak terlalu mahal untuk sekelas 650 cc. Nampaknya Suzuki harus mencermati strategi Kawasaki ini.

Strategi Publikasi

Perlu diperhatikan timing untuk launch, beberpa motor bebek dan matik, macem FIno, Mio J, dan beberapa motor lain ketika launch berbarengan dengan nongolnya P 200 NS.Kontan saja gaung launch ini hanya bertahan beberapa hari saja kemudian tertutup rapat pemberitaannya oleh gegap gemita si P 200 NS. Nah publikasi ini tentu sangat berpengaruh, karena memang kesan pertama tak jarang begitu menggoda, la kalau promosi pertama saja sudah kurang berkesan, apalagi selanjutnya!!! Nah si QW 250 ini bila launch dengan timing yang tepat, terendus oleh semua media, dan dikemas dalam format yang apik sehingga image eksklusif si GW 250 ini bisa muncul dan menarik kesan bikers, mm setidaknya gebrakan awal sudah bisa menjadi modal.

Advertisements
Advertisements

16 Comments

  1. suzuki harus lebih banyak belajar untuk membuat produk baru, terlebih lagi kalau segmenya sempit, dan bisa belajar dengan Bajaj yang sudah mampu bertahan dan menuju kearah yang positif

  2. wong dijatah cm 500/bl pasti laku lha ga ush iklan yg heboh atau mahal drpd ngabisin uang. Seperti pulsar ns jg ga ush berlebihan iklanya pasti laku wong jatahnya jg cm 1000an/bl, kl kelarisan malah ribut inden

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin