Motor Matic Penyumbang Terbesar Riding Smbil Nelpon, Betulkah?

Riding Sambil Nelpon
Nelpon Ketika RIding

Begitulah sebuah fasilitas dislah gunakan, tehnologi diselewengkan dengan membahayakan diri sendiri sekaligus orang lain. Yup sebuah survey lapangan yang menggunakan ilmu kiralogi kembali dilakukan James Bons kali ini, dengan menghitung setiap harinya pada pengendara motor yang riding sambil nelpon. Dari setiap harinya yang James Bons liat sekali jalan ada sekitar 3-6 penelpon yang nelpon sambil mengendarai motor. Dari angak 6 rider 4 diatnaranya menggunakan matik, dan 2 diatnaranya menggunakan bebek, sementara motor sport zero %, wehehe susah kalai karena ada koplingnya.

Ngegrinya hampir semua penelpon sambil riding membuat pengendara lain was-was, pasalnya terlihat sekali si rider tidak konsen jalanya, kadang nerem mendadak, kadang belok mendadak, kadang pula gas mendadak. Parnah suatu hari James BOns mau ditabrak cewek matik rider gara-gara dia nelponsambil riding, sementara di depannya ada gerobag jalan pelan, karena tak konsentrasi ia tak menyadari ada gerobag didepannya, kontan ia langsung belok ke tengah dan hampir menabark James Bons, saat dilihat si cewe cuman senyum kecut. Hehehe mungkin harus lebih diperketat aturan riding sambil nelpon ini, je;as-jelas sudah dilarang tapi masih banyak yang melanggar. UU No 22 tahun 2009 pasal 283 mengatur pengendara R2 dan R4 agar berkonsentrasi dalam berkendara nampaknya belumlah diterapkan bernar.

Pasal 283
Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana
dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)

Ya ini baru sebatas pengamatan James B0ns belum survey secara nasional,dan memang boleh jadi karena kemudahan matik dalam pengoprasian di jalan sehingga orang dengan mudah dan merasa tak bersalah nelpon sambil riding.

Advertisements
Advertisements

15 Comments

  1. kalo saya lihat selama ini memang. kebanyakan penguna motor matic lebih banyak. mungkin karena engga usah main gigi kali. tetapi tergantung pengendaranya juga sih. bisa jadi kebiasaan ataupun mungkin buru-buru 🙂

  2. Sebenarnya harus ada penggabungan fitur swit stan side nya sama nerima telpon. Biar ada panggilan masuk jagang lasung pasang motor mati tp di sruduk pengguna jalan yg lain cz berhenti di sembarang tempat. Atau paling gila pake fitus engine cut jika hp berdering… Tp isok opoh ora om jemz…

    Sangat jengkel juga… kanyak butuh ram otak yg lebih besar biar kita lancar multitaskingnga tan terjadi lag… Katika nyetil sambil berhp ria..

  3. Kebanyakan aturan, artinya tiap2 sdm tidak bs mengatur diri sndiri (nggak safety first) bukti sdm dibawah sni

  4. Emang tergantung orangnya, tapi kalo motornya mendukung penuh utk melakukan tindakan demikian, so what gitu lho? Makanya jgn aneh kalo sampai ada penilaian negatif terhadap para bebekers dan skutikers. Ya itu tadi, akibat prilaku seperti itu, seenaknya aja, nelpon dan sms sambil riding, saking lincah motornya jadi nyelap-nyelip seenaknya sampai kadang baretin mobil org dan kadang ngagetin org tiba2 nongol di antara mobil. Lha itu yg naik motor laki msh bisa selipin hapenya di helm, karena apa? Karena dia milih/pake helmnya kaga bener ukurannya, pasti ukuran XXL, dan itu contoh biker aspal. Biker tulen itu kalo milih helm pasti yg ngepas di kepala dan umumnya type full-face biar mantap saat kecepatan tinggi, jadi gak mungkin bisa nyempilin hape di helm. Saya aja susah mau masukin gagang kacamata doang, apalagi hape.

  5. 2sasi wingi cewek motoran main hape nabrak traktor mandeg, langsung koit ditempat anake polisi sisan, aneh wae ben ndino isih wae ngerti wong motoran dolanan hape

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin