Mio kalah Image dengan Beat Di Segmen Rondo, Tapi Kok Nama Mio Masih Dipakek, mm Strategi Unik Dari Yamaha

Uniknya pertempuran antar ATPM di berbagai segmena memang menarik untuk disimak. Sebuah fakta bahwa Supra X merajai bebek di zamannya, kemudian Vega R merongrong kekuasaan Honda dengan merebut pasar 110 cc. Saat Honda mempensiunkan Supra X dan mengganti dengan Revo dan Blade yang juga 110 c, ternyata tanggapan konsumen lain. Duo produk honda ini tak serta merta mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Tebukti bahwa hingga kini Rondo Revo dan Blade lebih murah ketimbang Vega R, padahal barunya mahalan Revo dan Blade. Artinya bahwa image Vega R masih lebih joss ketimbang Revo dan Blade.

Mio J

Sementara di segmen lain yakni segmen skutik, awalnya Mio cukup berjaya, dan harga rondonyapun cukup stabil, namun belakangan sambutan masyarakat berubah, semenjak 2 tahun ini rondo Beat dihargai lebih mahal ketimban rondo Mio dalam kisaran tahun yang sama. Artinya image Beat lebih jos ketimbang Mio.

Sebuah pertanyaan muncul, knapa Yamaha masih ngotot mengusung nama Besar Mio untuk produk barunya yakni Mio Vino dan Mio J, padahal imagenya telah kalah pamor oleh beat? Mmm nampaknya sedikit rumit untuk dijawab, karena memang ini sebuah taktik bisnis yang rumit dan tak begitu saja bisa ditebak. Mungkin kita hanya bisa melihat beberapa fakta yang ada sebagai jawaban dengan membuat beberapa pin berikut:

  • Membangun sebuah brand image tidaklah gampang, maka bagi Yamaha mending memperbaiki brand Mio yang sudah mulai turun pamor dengan menggelontorkan Mio J dan Mio Fiono, daripada harus bikin nama baru lagi. Kabarnya Sih Mio J lebih Responsif!
  • Boleh jadi ini sebuah pengalihan perhatian dari Honda agar Honda tak konsen bertempur disegmen lain macem Sport yang kini masih dikuasai Yamaha.
  • Atau memang master strategi Yamaha demikian, dengan membuat 1 model nama yakni Mio dengan banyak variasi, sementara Honda bermacam-macam nama mulai dari Beat hingga Vario.

MOnggo menurut sampean gimana!

Advertisements
Advertisements

13 Comments

  1. aku yo kaget og mbah neng kene wingi enek sing adol rondo beat 2009 isih ditawar bakul 9,75 jt edyan bin gendeng larang timen

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin