Membabat Beat Dengan Mio J, Sebuah Keniscayaan, kemungkinan, atau Kepercayaan Diri!

Faktanya kini Matik dikuasai Honda, rondo Beat lebih mahal dari rondo Mio padahal harga barunya sama. Nah Mio J dengan segudang kebihan yang ditawarkan, mulai dari tarikan yang lebih responsis, harga yang lebih kompotitif, fitur lebih moderen/injeksi, lebih stabil dijalan, dan lebih irit dibanding mio generasi awal katanya bisa tembus 70kpl, boleh jadi merupakan modal kuat untuk menggusur Beat yang belakangan menjadi maskot Honda menjungkalkan Yamaha di semen sekutik. Ya, dengan perhitungan matang dan strategi tepat boleh jadi nama besar Mio akan kebali berkibar, dan gelar rajanya matik akan kembali ke Yamaha. ROndo Mio boleh jadi akan kembali lebih mahal ketimbang Beat, dalam artian Yamaha lebih diperhitungkan dimatakonsumen di segmen matik.

Satu hal besar yang baru saja dilakukan yamha adalah bersamaan dengan telah diluncurkannya Mio J, Yamaha Indonesia dengan cepat menyediakan suku cadang skutik berteknologi YMJET-FI. Sekalian juga onderdil untuk jenis sportnya, Yamaha V-ixion. Komponen untuk skutik tersebut terdiri dari throttle body yang dibandrol Rp 420 ribu, fuel pump Rp 430 ribu, injector Rp 115 ribu, dan engine control unit (ECU) Rp 525.000.  Selain itu, juga telah tersedia helm Mio Fino dan Mio J selaras dengan grafis motor. Untuk Mio J ada dua pilihan, Solid (terdiri dari 4 warna) Rp 180 ribu dan kelir putih (tiga pilihan)  Rp 195 ribu. Nah menariknya hal ini tidak dilakukan oleh kompatitor sehinga bisa saja menurut konsumen ini merupakan hal smart yang dilakukan Yamaha sehingga menarik perhatian.

BErikut Spek Mio J

Spesifikasi Mio J :

Spesifikasi Mio J
Mesin
4-tak SOHC, Berpendingin Udara
Volume Silinder
113.69 cc
Rasio Kompresi
9.30:1
Bore x Stroke
50×57.9 mm
Busi
NGK/CR6HSA
Sistem asupan bahan bakar
Injection system YMJET-FI
Sistem Pengapian
TCI
Kopling
Kering otomatis sentrifugal
Bahan bakar
Bensin beroktan 91
Starter
Elektrik dan “Kick”
Tanki bahan bakar
4,8 liter
Kapasitas Oli
0,8 liter
Sistem penggerak
Automatic V-belt (V-Belt)
Rasio gear
2,343-0,874:1 .
Saringan udara
Kertas basah
Dimensi P x L x T
700 x 1,850 x 1,050 mm
Tinggi sampai sadel
745 mm
Jarak pijak
130 mm
Sumbu roda
1,260 mm
Bobot bersih/bensin penuh
Net 87/93 kg
Rem
Piston tunggal (depan) dan teromol (belakang)
Ban
70/90-14M/C 34P (depan), 80/90-14M/C 46P (belakang)
Aki
Kering
Lampu utama
12-volt 32 watt

Pertanyannya adalah itu sebuah cita-cita, klaim atau memang sebuah usaha yang terrrencana secara matang? Atau sebaliknya hanya sebuah hayalan semu belaka?

Banyak kemungkinan yang bakal terjadi memang, satu hal yang pasti Yamaha telah berusaha, membuat varian baru dengan vitur baru, merencanakan dengan matang, serta mempublikasikan dengan luar biasa. Namun di sisi lain begitu FIno mbrojol, langsung honda memface lift Scoopy, nah apakah beat juga segera face lift, atau cukup spacy saja yang injeksi? Bila honda lambat merespon langkah Yamaha tentunya angat mungkin Mio bakal menggeser Honda Beat, baik itu selamanya atau setiaknya sampai sebelum Beat gen baru munculdengan vitur baru,atau justru Honda mengandalkan varian lain untuk merongrong pasukan Mio. SO monggo bagaimana menurut anda!

Advertisements
Advertisements

18 Comments

  1. uda keluar new honda beat lho,,
    Nyang baru cuman striping ama iklannya :shock

    Tapi.. Honda punya seribu cara,, liat saja, apa aksinya nanti… :p
    Pabrilan dengan kekuatan finansial terbesar gitu lho 😮

  2. yamaha serius dgn mio j ini, rasa ny sih bkn impian semu aj, mio bisa kmbali brkibar(mank jemuran?!)
    wkwkwk
    《♥p200ns♥》

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin