Mobil Esemka Gagal Lulus Uji Emisi, Untuk Sementara Perbaiki Dulu Gan! | Bonsaibiker

Mobil Esemka Gagal Lulus Uji Emisi, Untuk Sementara Perbaiki Dulu Gan!

Uji Emisi Mobil EsemkaUsaha Kiat dan Jokowi membumikan mobil Esemka serta produksi massal sementara harus diurungkan dulu karena Kementerian Perhubungan menyatakan Esemka Rajawali tidak lulus dalam uji emisi. Ya, Esemka ternyata telah melakukan Uji Emisi ebanyak 2 kali, pertama kali melakukan uji emisi tanggal 3 Agustus 2010 lalu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Darat Sudirman belum lulus, kini awal pekan lalu, tepatnya 27 Februari 2012, Esemka harus kembali menelan pil pahit. Esemka kembali gagal dalam uji emisi yang merupakan prasyarat mobil bisa diproduksi massal.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang. Esemka dinyatakan belum memenuhi ambang batas emisi CO dengan limit 5 g/km dan HC+NOX dengan limit 0,70 g/km. Sementara CO Esemka baru bisa mencapai 11,63 g/km dan untuk HC+NOX esemka baru mencapai 2,69 g/km.

Esemka harus melakukan perbaikan, atas keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 4 tahun 2009 tentang ambang batas kendaraan bermotor untuk tipe baru. Dan Esemka juga belum memenuhi kekurangan untuk laik jalan perihal lampu, untuk lampu Esemka harus memenuhi standar 12.000 CD (Candle Light), sementara Esemka baru berhasil mencapai 10.900 CD(Candle Light) untuk kanan. Dan untuk kiri 60.700CD(Candle Light). Dan sampai saat ini mereka belum balik kemari. Dari 11 item yang diuji, sebetulnya Esemka telah mengantungi 9 item yang dinyatakan lulus. Dan hanya 2 item yang belum lulus, yaitu bagian lampu dan emisi gas buang sebagaimana tertera di atas.Yowis coba maning gaaan!

Sumber: DEtik Oto.

Advertisements
%d bloggers like this: