Mobil Esemka Gagal Lulus Uji Emisi, Untuk Sementara Perbaiki Dulu Gan!

Uji Emisi Mobil EsemkaUsaha Kiat dan Jokowi membumikan mobil Esemka serta produksi massal sementara harus diurungkan dulu karena Kementerian Perhubungan menyatakan Esemka Rajawali tidak lulus dalam uji emisi. Ya, Esemka ternyata telah melakukan Uji Emisi ebanyak 2 kali, pertama kali melakukan uji emisi tanggal 3 Agustus 2010 lalu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Darat Sudirman belum lulus, kini awal pekan lalu, tepatnya 27 Februari 2012, Esemka harus kembali menelan pil pahit. Esemka kembali gagal dalam uji emisi yang merupakan prasyarat mobil bisa diproduksi massal.

Berdasarkan Surat Keputusan AJ.402/17/6/DJPD/2012 dari Dirjen Perhubungan Darat, Esemka dinyatakan belum lulus uji emisi dan diharapkan akan kembali untuk melakukan pengujian ulang. Esemka dinyatakan belum memenuhi ambang batas emisi CO dengan limit 5 g/km dan HC+NOX dengan limit 0,70 g/km. Sementara CO Esemka baru bisa mencapai 11,63 g/km dan untuk HC+NOX esemka baru mencapai 2,69 g/km.

Esemka harus melakukan perbaikan, atas keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 4 tahun 2009 tentang ambang batas kendaraan bermotor untuk tipe baru. Dan Esemka juga belum memenuhi kekurangan untuk laik jalan perihal lampu, untuk lampu Esemka harus memenuhi standar 12.000 CD (Candle Light), sementara Esemka baru berhasil mencapai 10.900 CD(Candle Light) untuk kanan. Dan untuk kiri 60.700CD(Candle Light). Dan sampai saat ini mereka belum balik kemari. Dari 11 item yang diuji, sebetulnya Esemka telah mengantungi 9 item yang dinyatakan lulus. Dan hanya 2 item yang belum lulus, yaitu bagian lampu dan emisi gas buang sebagaimana tertera di atas.Yowis coba maning gaaan!

Sumber: DEtik Oto.

Advertisements
Advertisements

33 Comments

  1. wah moso kala sama metromini………. yang ngebul aja lolos…… saya kira bukan masalah gagal uji emisinya mas……. caranya yang ga tau.. apa yang nguji ga dapet uang rokok…. wkwkwkwk

  2. sudah diduga …….
    petinggi pabrikan besar yg notabene juga petinggi pemerintahan tidak akan tinggal diam, dengan berbagai cara pasti menjegalnya, walaupun di mulut mereka mendukung esemka padahal hatinya busuk. hasil pengujiannya tidak akurat
    salah satu cara yg fair mungkin diujicoba di luar negri secara diam diam, nanti bisa dilihat dan dibandingkan hasil pengujiannya

  3. dasar bego yang buat blog!!!!! nonton TV(punya TV ga!!!)di metro TV,SCTV,TV One dan RCTI udah diberitakan mobil esemka akan diproduksi 200 unit/bulan mulai maret 2012!!karena lulus uji emisi>>>>

  4. ga habis pikir ada buat blog pemberitaan tapi ga dianalisa dulu ke lapangan???dari pada buat blog malah ngebodohin orang mending cari uang buat beli TV

  5. masih ada aja bangsa kita yang telmi(telat mikir)!!!!!! bikin malu !!! udah salah informasi malah percaya diri

  6. @no 8:
    komen anda kayak org gak pernah cicipi pendidikan sekolah aja,
    komen punya etika bung! kalo memang yg punya blog gak tau, ya dibritau lewat revisi apa info balik…
    mudah2an anda bukan anak smk, minimal blum punya KTP lah…payah (-_-“)

  7. @ : TMO bandung
    @ : ichwan

    monggo saja mau bilang bodo atau gimana tak akan berpengaruh apapun, tapi inilah yang diberitakan oelh sumber otomotif tertera di atas, ditambah ni:
    http://otomotif.liputan6.com/read/379879/mobil-esemka-tidak-lulus-uji-emisi
    http://www.tribunnews.com
    http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2012/03/01/17391596/Mobil.Esemka.Belum.Lolos.Uji.Emisi
    Kompas online
    Bila ada tulisan salah silakan di kritisi karena penulisan ini juga bukan dasar kiralogbelaka, dan selain sumber di atas masih banyak lagi yang memberitakan demikian, nah kalau memang sampean suka mencaci maki silakan saja mencaci maki, toh kalau sampean salah akan malu sendiri.
    Yang jelas kalau ada sumber lebih akurat tentang kepustusan ini teap dengan itikat baik isi konten informasi akan saya ganti.
    Thanks fo coming!

  8. sante mawon mbah Bon’s. Wong tuwa ora usah terpengaruh dengan bahasa negatif bocah ingusan (umbelan)….

  9. Sabar Pak BB, yang penting ada sumber yang jelas dan bisa di pertanggung jawabkan. dari pada mereka cuman bisa coment aja… kayak saya cuman bisa coment

  10. @ikhwan
    @Sang
    Santai gan, dah biasa kok ada orang medel ginian, btw thanks suportya.
    cuman lucunya yang komen di atas adalah komen sendiri dan dijawab sendiri, tu dua orang TMO bandung ichwan adalah no IP nya sama, emailnya cuman dibedakan satu angka, hehehe lucu!,Apa juga kamsudnya

  11. Tetap nggak setuju mobil SMK, mrk itu pelajar, bukan pekerja. Jadi kalau mau bikin mobil, ya lulus dulu.

    Gampang kok bikin mobil / motor nasional, tapi lakunya yg susah. Kanzen saja sudah nggak jualan. Nasionalisme sudah kalah sama hukum ekonomi.

  12. @ joko

    Klo ga salah nnti klo jadi produksi masal mobil Esemka akan di buat oleh para lulusan esemka, jadi bukan anak esemka yang belum lulus, kecuali anak yang magang/prakerin/psg di perusahaan pmbuat mobil esemka.
    CMIIW

  13. Salut sama Jokowi…
    Biar kata pejabat terkenal, ternyata uji emisinya lewat jalan resmi.

    sekedar info saja, bahwasanya uji emisi itu “sebenarnya” cukup ketat,
    kalaupun Metromini bisa lolos… tahu sama tahu lah… gak usah dipertanyakan lagee.
    Masalah intervensi, kalo gak benar2 paham jangan sampai ada fitnah …”walfinatu akbaru minal qatl”

    Keep on fighting Pak Jokowi

  14. Esemka harus melakukan perbaikan, atas keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 4 tahun 2009 tentang ambang batas kendaraan bermotor untuk tipe baru ….

    perhatikan “UNTUK TIPE BARU” … jadi uji emisinya lebih ketat daripada “METROMINI NGEBUL YANG SUDAH PULUHAN TAHUN MENGASPAL” … MDLMDL (MonggoDipunLeresakenMenawiDalemLepat)

    jadi bandinginnya sama EMISI mesin2 mobil yang BARU MAU AKAN dijual disini donk 😉

    kalO masalah non teknisnya sih No Comment

  15. Ogah ah beli ESEMKA yang notabene juga rakitan – comotan Product China .
    Enggak ada hubungan antara Nasionalisme dengan keselamatan Anak dan Istri , enggak mau jadi korban Kelinci Percobaan .

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin