Tentang iklan-iklan ini
jump to navigation

Beda antara Mitsubishi Lancer Evo GLXi dengan Lancer Evo 4G63/4B11T 2.0L turbocharged. 9 Maret 2012

Posted by Bonsai Biker in Portal Otomotif.
Tags: , , , , ,
trackback

Diskusi tentang Mintsubhisi lancer Evo memang sering membuat buntu jalannya diskusi atau sering salah tafsir ketika membicarakan Mitsubishi lancer Evo. Di Indonesia ada lancer GLXi yang hanya 1,6 dan SOHC berpower 110 hp dibilang lancer Evo karena kabarnya bodynya minjem Lancer Evo yang 200 cc. Di pasaran Mobil Bekas Lancer GLX i ini juga disebut Evo, mulai Evo 1-8. Lalu kemudian di sisi lain ada lancer Evo yang memang menggunakan mesin 200cc sejak dari evo1-10 dan menggunakan turbo yang beredardi seluruh dunia. Nah di Indonesia dimana Lancer ini yang GLXi 1,6 disebut Evo mulai 1-8 lalu kalau tidak salah pas Evo 9-10 baru mendatangkan apa yang betul-betul disebut Evo yakni dengan 2000 cc dan memakai turbo. Tentunya harganya jauh beda, GLX i Evo kitaran 200 jeti sementaraEvo 2000 ccdiatas1 M, La kok bisa gitu sama-sama disebut Evo?

Ya, Lancer rakitan Krama Yudha Tiga Berlian yang berbasis GLX di Indonesia, kebanyakan orang memang menyebut Lancer Evolution. Memang basisnya sama, tapi versi Evolution mesinnya pasti 4G63 2000cc DOHC 16valve turbocharged intercooler bahkan buat beberapa generasi Evolution terbaru sudah pakai MIVEC. Terus semua Lancer Evolution pasti ALL WHEEL DRIVE. Berbeda dengan Lancer sini yang dikasih nama tipe GLX, GLXi, GTi, atau SEi. Semuanya FRONT WHEEL DRIVE. Kecuali GTi, semuanya masih SOHC. GLX (tahun 1993-1996) 1500cc karburator, GLXi (1993-1996,1997-2002) 1600cc injeksi SOHC, SEi (1996-2002,2002-…) cuma beda di optional ssama GLXi, kecuali All New Lancer yang sudah 1800cc injeksi. GTi (1993-1995) paling kuat, 1800cc DOHC 16valve.

Kabranya Lancer GLX i ini yang di Indonesia disebut Evo 1-8 menggunakan body sama dengan lancer Evo 2000 Turbo. Padahal jelas beda sekali kan dari sisi mesin, antara Lancer Evolution yang sport sedan 2000 cc dengan Lancer yang family sedan GLX i 1600 cc. Nah kok bisa GLX i disebut Evo? Pertama mungkin karena basis body atau basis mesin sama atau jelas bodynya sama makadibilang Evo, lalu kedua karena memang dari Mitsubishi sendiri menggembar-gemborkan nama Evo pada peluncuran GLX i, agar bolehjadi terkenal.

Dari diskusi di SEraya motor.com diperoleh informasi bahwa ATPM Mitsubishi Indonesia yuang memang mendukung menggunakan nama Evo pada Lancer GLX i, dulu di iklan dan brosur Lancer selalu dicantumkan gambar Tommi Makinen dan Lancer Evolution-nya yang lagi in action. Di iklan LANCER 1996 di media cetak otomotif, gambar LANCER EVOLUTION-nya MITSUBISHI RALLIART INDONESIA (tim reli Mitsubishi Indonesia) dipasang lebih besar dari pada jualan mereka (Lancer). JADINYA ADA IDIOM “EVOLUTION” YANG MELEKAT PADA SETIAP LANCER 1993-2002. Makanya kalau banyak yang bilang Lancer GLXi adalah Evo, la memang demikian promosinya yo wajar to gan. Semoga menjadi maklum.
Sementara itu ada lancer Evo sesungguhnya mulai Evo 1-11 dan kini sudah diskontinyu yang semuanya menggunakan mesin 2000 cc dan turbo, monggo kita simak:

Lancer Evolution I (1992-1994)

Tahun 1992 menjadi awal kelahiran generasi pertama Lancer Evo yang kemudian langsung mengikuti ajang World Rally Championship. Pada generasi awal, Lancer Evo menggunakan mesin the 2.0 L turbocharged DOHC dengan sistem penggerak 4WD yang dicomot dari Galant VR-4. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi 5 percepatan tersebut mampu membawa Lancer Evo untuk berlari hingga 228 km per jam. Namun di model awal ini, Lancer Evo yang dilepas dengan dua model yakni GSR dan RS memiliki umur pendek yakni hanya diproduksi antara Oktober 1992 sampai Januari 1994 saja.

Lancer Evolution II (1994 – 1995)

Di akhir tahun 1993 Mitsubishi sudah mulai menyiapkan pengganti dari Lancer Evolution I yakni Lancer Evolution II. Mobil ini merupakan penyempurnaan dari generasi pertama dan diproduksi dari Januari 1994 sampai bulan Agustus tahun 1995. Namun meski sama-sama memakai mesin Mitsubishi berkode 4G63, tenaga yang dihasilkan oleh Lancer Evolution II sedikit diatas generasi pertama. Sebab bila Lancer Evolution I hanya mampu memproduksi tenaga sebesar 244 hp, pada generasi kedua, Lancer Evo mampu memciptakan tenaga sebesar 252 hp dari mesin yang sama. Selain itu, platform yang digunakan pun berbeda. Bila di generasi pertama masih menggunakan platform dengan kode CD9A, di generasi kedua Mitsubishi mengggunakan kode platform CE9A.

Lancer Evolution III (1995 – 1996)

Di bulan Agustus 1995, Lancer Evo generasi ketiga lagir dengan tampilan yang lebih agresif dan new nose moulding yang menyuplai udara ke radiator, intercooler dan rem. Selain itu tampang generasi baru ini juga makin diperbaharui dengan hadirnya New side skirts dan rear bumper moldings serta rear spoiler yang lebih besar. Di bagian dapur pacu, mobil yang masih menggunakan platform yang sama dengan generasi dua (CE9A) ini hadir dengan rasio kompresi yang lebih besar dan turbocharger baru. Karena itulah tidak heran bila tenaga sebesar 270 bhp mampu dikail di putaran mesin 6.250 rpm dan torsi puncak sebesar 309 Nm bisa didapat di 3000 rpm. Umur generasi ketiga Lancer Evo ini berakhir di bulan Agustus 1996 atau tepat 1 tahun sejak kelahirannya.

Lancer Evolution IV (1996 – 1998) Di Agustus 1996, Mitsubishi kembali menghadirkan generasi baru Lancer Evo yang diberi julukan Lancer Evolution IV. Mobil ini menggunakan platform baru berkode CN9A. Tampilan generasi penerus keluarga Evo ini pun tampak lebih gahar dari generasi sebelumnya. Tenaga yang mampu dihasilkan oleh generasi keempat yang hidup antara Agustus 1996 sampai Januari 1998 ini pun makin tinggi yakni mencapai 276 hp di 6.500 rpm dan torsi 330 Nm di 4.000 rpm

Lancer Evolution V (1998 – 1999) Di generasi kelima, banyak aspek yang berubah dari Lancer Evolution seiring makin populernya model ini di kalangan pecinta motorsport dunia. Di bagian dalam, Mitsubishi meng-upgrade interior tipe GSR dengan jok sporty Recaro yang lebih asyik. Di generasi baru ini pula turbocharger ini kembali disempurnakan. Penyempurnaan ini menghasilkan torsi yang lebih besar. Torsi Lancer Evolution V pun jadi 373 Nm di 3.000 rpm meski tenaga tetap sama seperti generasi sebelumnya.

Lancer Evolution VI (1999 – 2001)

Popularitas Lancer Evolution makin hari makin berkibar, di saat itulah generasi keenam Lancer Evo lahir antara Januari 1999 sampai 2001 dengan menggunakan platform CP9A. Pada Lancer Evolution VI, aerodinamika makin menjadi perhatian Mitsubishi disamping pendingin mesin dan ketahanannya. Lancer Evolution VI edisi Ralliart di Inggris bisa mencapai kekuatan 330 hp. Di tahun 1999, lahir pula Evolution VI edisi spesial yakni Tommi Makinen Edition yang diciptakan sesaat setelah pembalap Tommi Makinen memenangkan kejuaraan reli dunia dengan mobil tangguh ini.

Lancer Evolution VII (2001- 2003) Generasi ketujuh Lancer Evo ini lahir dan hidup antara bulan Maret 2001 sampai Januari 2003. Seluruh bagian mobil ini berubah dari generasi sebelumnya. Bahkan di generasi ini pula Mitsubishi mulai memperkenalkan Evolution dengan transmisi otomatis.

Lancer Evolution VIII ( 2003 – 2005)Sedan sporty milik perusahaan Jepang ini pada tahun 2003 kembali mendapat penyempurnaan. Mobil ini mengusung model GSR dan RS dengan atap baja dan transmisi 5 percepatan. Selain itu ada pula Lancer Evoluiton MR yang memiliki kemampuan lebih baik dengan aplikasi atap aluminium agar bobot berkurang. Lancer Evolution VIII ini juga merupakan Evolution pertama yang dijual di Amerika Serikat yang dipicu oleh keberhasilan Subaru Impreza WRX yang telah dirilis sebelumnya. Ada tambahan transmisi enam percepatan di generasi ini.

Lancer Evolution IX (2005 – 2007)

Mitsubishi memperkenalkan Lancer Evolution IX di Jepang pada 3 Maret 2005 dan memamerkan mobil ini di ajang Geneva Motor Show di hari yang sama untuk dilihat masyarakat Eropa.Mobil ini menggunakan mesin 2.0 liter berkode 4G63 dengan teknologi MIVEC (variable valve timing) dan sudah menggunakan turbocharger terbaru yang pada akhirnya membuat kekuatan mobil ini menjadi cukup kuat. Beragam versi diciptakan Mitsubishi pada generasi ini dengan tenaga yang juga bervariasi antara 276 hp sampai 287 hp.

Lancer Evolution X (2007 – sekarang)Di tahun 2005 Mitsubishi memperkenalkan sebuah konsep baru baru Lancer Evolution di ajang Tokyo Motor Show. Mobil konsep ini diberi nama Concept-X yang di desain oleh Omer Halilhodzic perusahaan desain di Eropa. Lalu Mitsubishi kembali memperlihatkan konsep kedua yang diberi nama Prototype-X di North American International Auto Show (NAIAS) pada tahun 2007. Di generasi kesepuluh ini Lancer Evolution X mengusung mesin baru 4B11T 2.0L turbocharged, all-aluminium inline-4 engine. Tenaga mobil ini sangat bervariasi tergantung pasar yang dituju, tapi tenaga minimal untuk Lancer Evolution X ini adalah 280 hp. Di Inggris generasi ini bahkan bertenaga antara 300 hp sampai 360 hp.

Di Amerika Serikat mobil ini ditawarkan dalam dua versi yakni Lancer Evolution MR dengan 6-speed Twin Clutch Sportronic Shift Transmission (TC-SST) dan GSR yang memiliki sistem transmisi manual 5-speed. Mobil ini juga sudah mengusung sistem four wheel drive terbaru bernama S-AWC (Super All Control Wheel), versi lanjutan dari sistem AWC Mitsubishi digunakan dalam generasi sebelumnya.
Lancer Evolution XI Generasi terbaru Lancer Evo ini sudah lama dibicarakan namun tidak juga kunjung hadir. Malah sebelum melihat dunia, nasib mobil ini terkatung-katung setelah Gayu Eusegi yang merupakan Direktur Produk Mitsubishi mengatakan akan menghentikan produksi Lancer Evolution. Sebelumnya ramai diberitakan kalau ruang bakar di Lancer Evolution terbaru tidak akan lagi dipersenjatai dengan bahan bakar bensin, tapi akan beralih pada mesin diesel hybrid yang dirancang agar mobil ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun meski lebih ramah lingkungan, tenaga mobil ini tetap tidak akan ramah. Karena gabungan mesin diesel dan motor listrik pada Lancer Evolution terbaru nantinya bisa mencatatkan akselerasi 0-100 km per jam dengan waktu di bawah 5 detik.Teknologi lain yang akan disematkan diadopsi dari generasi Evolution sebelumnya yakni four-wheel-drive S-AWC serta integrated steering, sistem pengereman dan traksi kontrol.

Sumber utama
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=1830

http://seksi-girls.blogspot.com/2011/06/sejarah-lancer-evolution.html

http://forumjualbeli.net/jual-beli-mobil/78311-wts-lancer-evo-iii-glxi-1996-manual.html

 Kalau ada yang kurang monggo ditambah, yang salah monggo dikoreksi!

Tentang iklan-iklan ini

Komentar»

1. ipanase - 9 Maret 2012

TURBO, kencengggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg
mau beli?

http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/09/new-kawasaki-ninja-150-rr-pakai-radiator-air/

2. gaplek mania - 9 Maret 2012

lancer glx i kan kaya supra fit.versi down grade

3. Yudakuzuma - 9 Maret 2012

wew josss lengkap mzbroow…!!!

bisa dibilang lan evo ini supercarnya orang jepang punya. soalnya akselerasinya 0-100 bisa 4 detik klo ga salah. Bejaban lah sama ferarri 458 italia yang buat belinya aja harus jual gunung dulu :lol:

tapi selain mesin emang gak macth kalau dibanding dengan ferrari, bodinya aja sederhana banget kok. Mungkin bakal ada Esemka Rajawali Evolution kali yaa biar semua orang indo bisa ngerasain kecepatan ferrari wkwkwkwk…. :lol:

Bonsai Biker - 9 Maret 2012

wakakaka esemka Evo wassem

4. Dr.Feelgood - 9 Maret 2012

serupa tapi tak sama, itulah uniknya trik marketing yang dilakukan oleh pabrikan, yang bikin pamor dan penjualan mobil ini laris.
mitsubishi lancer emang ajib tenan……… :D

nitip jemuran pak bons… :mrgreen:

https://enginebrakes.wordpress.com/2012/03/09/blog-ditangan-yang-baik-jahat/

Bonsai Biker - 9 Maret 2012

monggo mas bro

5. xsal - 9 Maret 2012

gambarnya kurang banyak om…..

Bonsai Biker - 9 Maret 2012

heheh iya sih,tapi dah puanjang mas bro

6. kudalumping - 9 Maret 2012

boil seksi :D

7. hohe - 10 Maret 2012

mantep bgt infonya mas bro, kalo evo 1-8 yg masuk indonesia horse powernya apa sama dgn spek yg di atas, 270’an hp?
??

8. ryo - 10 Maret 2012

sekarang yang pantes disebut evo x (padahal bukan) ya lancer ex (mesin sama tanpa turbo)… :)

9. YinDanYang - 10 Maret 2012

Tambahan om, ada juga sekarang lancer ex yg versi downgrade langsung dari lancer evo x. Sebenarnya ada 3 tipe dasar, yaitu : lancer evo x pake mesin MIVEC turbo 300 hp, terus lancer ex ralliart edition yg ada di filipina pake mesin MIVEC turbo 240 hp (yg ini turunan langsung evo x), yg terakhir lancer ex (versinya sebenernya banyak) yg pake mesin MIVEC 155 hp. Secara dasar, tipe mesin bahkan bore x stroke sama, cuma beda turbo dan power yg dihasilkan. CMIIW

Bonsai Biker - 11 Maret 2012

thanks tambahannya mas bro!

10. shan andreass - 16 Maret 2012

like thiss,,,,

11. bara - 31 Maret 2012

Wah,aku punya evo 6 tp glx I
Wadduuuuhhhh,kena jebakan betmen nih.

Yang pnting larinya jg kencang masbro
Haha

12. Rhesa Adiputra - 5 April 2012

Bos dari beberapa info yang saya cari tentang evo memang mayoritas Lancer di Indonesia banyak yang tidak original “Evolution”… seperti yang bos bilang “status” “evo” pada Lancer hanyalah sebagai modal untuk mendongkrak penjualan lancer yang diserupakan dengan evo… alhasil banyak fans yang terpedaya dan akhirnya mengakali mesinnya sedemikian rupa hingga bisa disetarakan dengan Evo yang aslinya…
nah disini saya ingin bertanya…
1. apa hal yang patut diperhatikan untuk mencari the True Lancer Evo dari segi body, interior, mesin ataupun hal lain yang bos tau…
2. berapa perkiraan harga pasaran “Evolution” jika dibandingkan “Sub Evolution” karena saya sudah lama mencari dan banyak yang mengakali dengan modifikasi di tiap aspek. bahkan jika dibandingkan dengan “Evolution” Luar Negeri dan sports car yang setara nya pun banyak yang masih tinggi harga jualnya diatas 500jt dengan kondisi yang baik dan fakta yang bisa dipertanggungjawabkan…
terima kasih mohon pencerahannya karena saya sudah hampir putus asa mencari evolution di Indonesia… thank you…

Bonsai Biker - 11 September 2013

masuk grup fb bakal ada pencerahan karena unitnya juga cuman sedikit

13. joni - 5 Mei 2012

boss numpang tanya…kkl evo 2 yg pake karburator 1ltr bs sampe brp kilometer ???

14. Mr Fahrie - 10 Juli 2012

Menarik, tp disertai dg gambar dong gan, biar lebih ngerti n mudah bgbedain ny

15. Donma - 19 Agustus 2012

sperpat mahal dan boros

16. wira - 22 September 2012

aduh,,
malah bingung yg family sedan(lancer)
sama yg sport(evo)

17. ekorote - 30 September 2012

mitsu? speed………

18. Nama - 1 Oktober 2012

ane jadi rada bingung nih. ini yg tdk termasuk “EVO” itu semua varian lancer yg keluar di indo atau cuman GLXi doang? terus sama gak ya lancer DOHC indo keluaran tahun sama dengan lancer nya om jackie chan?

19. joko - 3 Desember 2012

kebiasaan mitsubishi memang begitu, seperti Real Pajero vs Pajero wannabe (Pajero Sport), dari harganya saja beda bisa 4x lipat

20. mas mio - 21 Desember 2012

biarpun cuma evo-evoan, tapi tenaga dan akselerasi jauh lebih unggul dibanding merk lain yang sekelas.

21. Tom Rams - 20 Maret 2013

Gw pengen jadiin Evo X gw ke 750 hp, apa kuat ya?
masalahnya kayanya gw ketipu ntu bukan Evo yg real.

22. bergis - 30 April 2013

ada yg tau ga dmna jual evo 4++ di Bdg ane hampir keliling” cuma nemu lancer GLXi ama galant 90 ann :hammer

23. ryzal - 26 Agustus 2013

ntu nyang di pake pak polis glxi bukan nya epoh 8 yak?????

24. Gara-gara Kecelakaan si Dul, Bener-bener Mobil Mitsubishi KaLancer EX 2.0 Diekspos Habis Oleh Media | Bonsai Biker - 11 September 2013
25. farid - 19 November 2013

trus klw mau memiliki lancer evo yg asli gimana dund gan??, dan harganya brp yahh yg evo 8

26. google.ca - 21 Juli 2014

My brother suggested I might like this website. He was
entirely right. This post actually made my day. You can not imagine just how much time I
had spent for this information! Thanks!

27. aksa - 5 Agustus 2014

Iya memang banyak beredar glxi di swap k evo, hati2 ketipu,,,,, tpi sbenernya bodynya sih sama kwalitasny, yg bedain bodykit,kaki2 4wd pastinya,,lampu ama interior

28. www.youtube.com - 21 Agustus 2014

Hello there! Would you mind if I share your blog with my myspace group?
There’s a lot of folks that I think would really enjoy your
content. Please let me know. Cheers

29. rubber roof material - 23 Agustus 2014

I do not know if it’s just me or if everybody else encountering problems with your blog.
It appears as though some of the written text in your content are running off the
screen. Can someone else please comment and let me know if this
is happening to them as well? This could be a problem with my web browser
because I’ve had this happen previously. Many thanks

30. brendonstxj.bravesites.com - 5 September 2014

Sweet blog! I found it while surfing around on Yahoo News.
Do you have any tips on how to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
Cheers

31. oswaldorkfs.blog.com - 7 September 2014

Hey there! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new
to me. Anyhow, I’m definitely happy I found it and I’ll be book-marking and checking back frequently!

32. single ply membrane roof cost - 12 September 2014

Nice blog! Is your theme custom made or did you download it
from somewhere? A design like yours with a few
simple tweeks would really make my blog shine. Please let me know where you got your
theme. Cheers

33. material for roof - 12 September 2014

We stumbled over here different web address and thought
I might check things out. I like what I see so i am just following you.
Look forward to looking into your web page again.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 8.336 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: