Honda Mobil

Pasca Bangun Pabrik Baru Honda Bakal Produksi Mobil Murah di Indonesia

Sebagaimana digembar-gemborkan ramai didunia maya beberapa hari ini bahwa PT Honda Prospect Motor (HPM) membangun pabrik berkapasitas 120 ribu mobil per tahun senilai Rp 3,1 triliun di Kawasan Industri Mitrakarawang, Jawa Barat dengan ini maka kapasitas produksi HPM melonjak 3 kali kipat menjadi 180 ribu unit dari saat ini 60 ribu unit per tahun. Pabrik baru itu dirancang memiliki fasilitas produksi seperti stamping, press, welding, painting, assembling, vehicle quality, road test, car pool, dan engine plant.

Honda Brio
Ternyata Indonesia begitu penting dimata Honda untuk mendukung bisnis Honda di tingkat global karena merupakan pasar otomotif terbesar di Asia Tenggara. Lebih jauh lagi Honda hendak menargetkan, Indonesia akan menjadi basis produksi Honda, bersamaan dengan Thailand dan India.

Hal yang mencolok dari pabrik ini adalah Honda berniat memproduksi mobil murah. Pertama pabrik baru itu akan memproduksi Honda Brio kuartal III- 2013. Honda Brio yang berkapasitas 1.200 cc boleh jadi lebih murah karena memenuhi tingkat kandungan komponen lokal sekitar 80 persen. Lebih jauh ternyata Honda berminat ikut serta dalam program mobil murah yang masih dirancang pemerintah. Honda di Indonesia ditargetkan bisa menyentuh 210 ribu unit di tahun 2015. Adapun tahun ini, HPM menargetkan penjualan 70 ribu unit dengan proyeksi pasar nasional mencapai 950 ribu unit. Kabarnya Honda akan menarik investasi baru sekitar 45 perusahaan komponen dan suku cadang. Serapan tenaga kerja di industri komponen tersebut diprediksi mencapai 30 ribu orang. Dengan tambahan itu, jumlah pemasok komponen Honda menjadi 145 industri. HPM juga akan menambah 62 jaringan dealer baru untuk mendukung ekspansi tersebut. Penambahan itu diproyeksikan menyerap 6.200 orang tenaga kerja baru.
Ow kok gak mobil nasional ya yang prioritaskan pemeritah untuk mobil murah!

14 komentar pada “Pasca Bangun Pabrik Baru Honda Bakal Produksi Mobil Murah di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.